[REVIEW] NOVEL THE SPANISH LOVE DECEPTION - ELENA ARMAS

Semua review disini murni pendapat pribadi dan tidak berniat menjelekkan atau mengagungkan karya orang lain. Setiap orang memiliki selera bacaan masing-masing. Terima kasih.

The Spanish Love Deception (sumber: goodreads)

Judul: The Spanish Love Deception

Penulis: Elena Armas

Tanggal Terbit: 23 Februari 2021

Jumlah Halaman: 487 halaman

ISBN: 9798705893843

Bahasa: Inggris

BLURB

“Catalina Martin, akhirnya, tidak single. Keluarganya sangat Bahagia untuk mengumumkan bahwa ia akan membawa pacar Amerika-nya ke pernikahan kakaknya. Semua orang diundang untuk datang dan menjadi saksi sebuah event yang paling menakjubkan tahun ini”

Ini sudah pasti akan menjadi headline koran lokal di kota kecil Spanyol dimana aku berasal. Atau menjadi kata-kata di batu nisanku, sebuah masa depan yang akan merubah hidupku akibat sebuah telepon.

4 minggu bukan waktu yang banyak untuk mencari seseorang yang rela untuk menyebrang melewati Atlantik – dari New York ke Spanyol – untuk sebuah pernikahan. Apalagi seseorang yang mau mengikuti sandiwaraku. Tapi, bukan berarti aku sangat desperate untuk mengajak seorang pria menyebalkan dengan mata biru setinggi 190cm!

Aaron Blackford. Seorang laki-laki yang pekerjaan utamanya adalah membuat darahku mendidih baru saja menawarkan dirinya untuk menjadi teman kencanku. Setelah ikut campur dalam urusanku, memanggilku delusional dan menyebut dirinya sebagai pilihan terbaik. Lihat? Menghina, menjengkelkan dan membuat darah mendidih. Tapi ada benarnya yang membuatku makin kesal. Membuatku sangat dilema akan hal ini. Apakah sepadan penderitaan ini untuk membawa kolega ku dan menjadi pacar bohonganku ke pernikahan kakakku? Atau lebih baik saya terus terang dan menghadapi konsekuensi kebohonganku ini?

BACA JUGA: [REVIEW] NOVEL LOVE FROM A TO Z - S.K. ALI

SINOPSIS

Catalina terpaksa membohongi keluarga besarnya dengan mengatakan akan membawa pacar Amerika-nya ke pernikahan Isabel, kakaknya. Hal ini ia lakukan karena tidak ingin dicap “menyedihkan” oleh keluarga besar dan juga tetangganya yang ada di Spanyol. Tinggal di sebuah kota kecil membuat semua orang tau cerita apa yang terjadi di hidupmu.

Semua ini terjadi karena Daniel, mantan Lina, telah bertunangan sedangkan ia masih saja sendiri. Lina yang setelah putus dari Daniel harus kabur ke New York demi mendapat ketenangan hidup. Banyak orang berpikir Lina pergi ke New York karena ia putus dengan Daniel, padahal yang sesungguhnya terjadi adalah ia kabur dari orang-orang yang bersimpati berlebihan dengannya dan ia tak kuat untuk menanggung tersebut.

Kini, setelah kebohongan besar yang ia buat mengenai pacar Amerikanya ia juga masih harus berhadapan dengan Aaron yang tiba-tiba menawarkan dirinya sebagai fake-date Lina. Tawaran yang menggiurkan asalkan bukan datang dari Aaron karena Lina sangat membenci Aaron yang sejak datang ke kantor ini membenci dirinya. Ia tidak ingin berhadapan dengan Aaron apalagi harus membawanya ke Spanyol ke keluarganya sebagai pacarnya.

Waktu yang semakin tipis dan belum menemukan orang yang bisa dijadikan pacar bohongan Lina, Aaron kembali menawarkan kesempatan ini kepada Lina. Lina masih mencurigai Aaron dan sangat keberatan untuk menerima tawarannya tapi ia sangat membutuhkan tawaran ini karena ia benar-benar tidak ingin datang sendirian ke pernikahan Isabel.

Lina yang akhirnya menerima tawaran Aaron, membawa Aaron ke Spanyol untuk menemui keluarga besarnya. Memantapkan hati untuk bekerja sama dengan Aaron selama 3 hari layaknya sepasang kekasih sungguhan. Tidak boleh ada celah karena semua saudara Lina nantinya akan melihat tingkah laku mereka berdua.

Aaron yang memang berbadan tinggi dan juga tampan dalam sekejap saja sudah menjadi pembicaraan keluarganya. Baik Ibunya, Isabel bahkan sepupu yang sangat ia benci pun tiada henti menaruh perhatian berlebih dengan “pacar” Lina ini. Aaron pun sangat bisa menunjukkan sikap layaknya pacar Lina yang sesungguhnya dengan sempurna bahkan disaat Daniel menemui Lina. Sikap yang ia terima dari Aaron ini membuat Lina bertanya-tanya apakah ini semua nyata atau memang Aaron memiliki kemampuan akting yang luar biasa?

REVIEW

Enemies to Lover Fake dating Office romance Slow burn romance

Kalo kalian mencari atau suka dengan sebuah novel dengan rangkuman cerita seperti diata maka mungkin buku ini akan cocok dengan kalian!

Karena dalam 2 bulan ini aku lagi dalam mood untuk membaca buku yang ada romance-nya akhirnya aku baca novel ini yang disaranin oleh salah satu temen Goodreads-ku yang emang udah hatam banget di dunia contemporary romance dan biasanya buku yang ia suka akan cocok juga denganku makanya aku pun memutuskan untuk baca buku ini. Lelah juga soalnya baca buku series berturut-turut tuh 🤣 maka buku ini adalah pelarian terbaik karena dia standalone.

Udah semakin terbiasa dengan trope enemies to lover jadi aku memberanikan diri untuk baca karena sebenarnya biasanya kalo dengan trope yang satu ini maka alur romance-nya akan lambat banget karena banyak “berantem”nya di awal. Untungnya di buku ini yang beranggapan musuh itu hanya di satu sisi yaitu Lina, sedangkan Aaron tidak jadi menarik banget diikuti usaha Aaron yang terus-terus menawarkan Lina peranan sebagai pacar boongannya dan tentu Lina keras kepala banget menolak.

Awalnya kesel juga tuh baca bagian Lina yang mati-matian menolak tawaran Aaron. Bisa dipahami ketika ia menolak tawaran pacar boongan dari Aaron tapi ini Lina benar-benar menolak mentah-mentah seluruh bantuan yang ditawarkan Aaron di kantor mereka, sebenci itu Lina dengan Aaron yang menurutku udah ditaraf tidak wajar banget karena Aaron jelas-jelas bersikap professional banget di kantor.

Tapi, setelah baca bagian alasan Lina dan ternyata ada trauma yang terjadi karena si mantan, akhirnya masuk akal juga kenapa sikap Lina seperti it uke Aaron. Malah sebenarnya Lina itu adalah korban yang menyedihkan banget. Wajar kalo dia sampe kabur dari Spanyol karena rumor-rumor jelek yang ia dapat.

Setelah belajar masa lalu Lina yang kelam ceritanya makin membaik, hubungan Aaron dan Lina yang gak gampang juga menarik banget diikuti karena Lina sekali lagi harus menghadapi masa lalu yang menghantuinya selama ini, lebih parah lagi karena ini bersama Aaron dan Lina bisa benar-benar hancur kalo masa lalu berulang. Ngeliat perjuangan mereka berdua untuk mempertahankan cinta itu asik banget untuk diikuti.

Disini juga mengangkat isu gender ya, apalagi Lina sebagai perempuan dan di kantor. Aku yang juga kerja di kantoran merasa relate banget dengan apa yang dialami Lina. Ia yang “diremehkan” cuma karena ia seorang perempuan, wah ikutan emosi banget pas bacanya.

Aku sendiri secara pribadi akan kasih 4/5 ⭐.Ceritanya seru dan menarik untuk diikuti. Kekurangannya mungkin karena aku yang kurang suka dengan slow paced apalagi untuk hubungan Lina dan Aaron dan Aaron yang terlalu sempurna! Hahaha sosok Aaron terlalu sempurna untuk bisa dibilang ada di dunia nyata jadi gimana gitu hahaha tapi ini cuma preference pribadi aja. Overall buat pecinta contemporary romance sih gak boleh lewatin buku ini!

BACA JUGA: [REVIEW] NOVEL FRANKLY IN LOVE - DAVID YOON

Post a Comment

14 Comments

  1. Kalau baca sinopsisnya buku ini seperti sinetron-sinetron yang ada di tv.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha gak salah sih tapi emang namanya juga romance contemporary yak 😅

      Delete
  2. Ternyata gak cuma di sini ya, Mbak Tik, pertanyaan tentang jodoh jadi momok mengerikan buat jomblo. Di luar negeri pun ternyata sama. 🤣

    Ngomong-ngomong kalau baca review nya, novel ini tipe aku banget nih, Mbak. Zona nyaman banget ini pokoknya. Kalau udah gak ada hasrat buat nerusin baca bacaan yang "berat" di aku, biasanya aku baca novel romance kayak gini biar otak lebih fresh dan bisa lanjutin baca bacaan berat lagi. 🤭

    Sepertinya bakal aku masukin ke want to read list di goodreads deh. 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk kayaknya emang di belahan dunia manapun tetep aja sama ya Mba kalo udah menyangkut jodoh tuh 😅

      Tosss aku setuju banget nih Mba, emang kalo baca romance tuh gak pernah salah. Dari yang pusing-pusing baca buku berat, moodnya langsung balik lagi kalo udah baca novel genre romance!

      Cuss Mba kalo ada waktu di baca nih novelnya 😄

      Delete
  3. Walaupun ceritanya sederhana dan udh ketebak endingnya tp sukses bkin aku senyam senyum nh mbak bacanya hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yukk dibaca mbaaa siapa tau cocok juga nih sama Mba :)

      Delete
  4. Tema fake relationship gini banyak bgd di novel2, termasuk movie2 romcom. Tp ttp aja aku suka 🤣🤣 Mba tika kasi rating 4 lg, leh ugha nih pankapan aku baca. Hehehe.. makasi rekomendasinya mbaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha bener banget sih ini Mba, kayaknya ini bukan yang pertama aku baca tema fake relationship tapi tetep aja ngikutin karena seru

      Delete
  5. hi kak klo boleh tau, kakak order di mana ya?

    ReplyDelete
  6. Kak apakah untuk bukunya atau di aplikasi kindle itu sendiri udh ada bahasa Indonesia nya gk? Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo! Setau aku buku ini belum diterjemahkan ke Bahasa Indonesia ya

      Delete
  7. Halo kak, minta rekomendasiin novel luar negeri terjemahan tentang perjodohan tapi tahun rilis 2020-2022 semoga dibales🙏 lagi butuh buat skripsi🙏🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo! Aduh kalo tentang perjodohan harus romance gitu ya? Aku kayaknya belum banyak baca tentang perjodohan gitu. Mungkin bisa langsung cari di goodreads yaaa

      Delete