[REVIEW] DOKUMENTER SECRETS OF THE SAQQARA TOMB

dokumenter secrets of the saqqara tomb
sumber: IMDB


Kali ini aku akan membahas sesuatu yang cukup berbeda yaitu documenter! Beberapa waktu ini aku tiba-tiba suka nonton documenter. Dan ada yang menarik perhatian aku banget jadi rasanya cukup disayangkan kalo enggak di share dengan para pembaca blog ini, siapa tau ada yang juga suka nonton documenter. Meskipun judulnya review tapi sebenernya ini lebih ke cerita apa aja yang aku dapatkan dan rasakan selama menonton documenter ini.

Kali ini aku akan membahas documenter Secret tomb of Saqqara yang tayang di Netflix dengan durasi 1 jam 53 menit. Tentu aku enggak menghabiskan ini dalam sekali duduk, karena nonton documenter itu emang tantangan buat yang belum biasa, apalagi kalo bosan udah menyerang tentu harus di pending dulu kan.

Aku tau documenter ini dari twitter dan sepertinya salah satu blogger yang aku lupa siapa karena udah lama juga tapi baru sempet aku tonton sekarang. Awal ketertarikannya emang karena aku suka sih tentang sejarah-sejarah gini, apalagi di buku Ulysses Moore dan Rick Riordan juga pernah membahas tentang Mesir dan Mesir kuno jadi udah lumayan paham dengan sedikit kisah, nonton film Mummy juga udah berapa kali juga tuh jadi ya anggap lah dikit-dikit paham hahahaha 🤣

APA YANG DITEMUKAN?

Dokumenter ini menceritakan tentang penemuan baru sebuah makam di Mesir. Sebuah makam yang dipercaya adalah makam dari Wahtye, seorang pelayan dari Raja Mesir yang usia makamnya itu sendiri sudah 4400 tahun. Makam ini menjadi penemuan besar dalam satu dekade terakhir.

Di documenter ini ada banyak banget ilmu dan pengetahuan baru yang aku dapet selama nonton. Selain menguak rahasia makam ini sendiri tentunya. Setiap melihat mereka menemukan sesuatu dari makam itu rasanya aku juga ikut deg-degan pas nonton, ngeliat mumi asli beneran asli bukan dari film doang rasanya juga ikutan takut dan takjub. Takut tiba-tiba idup lagi kayak di film 🤣. Ngeliat tulang belulang berserakan, bahkan ngeliat mumi hewan aja rasanya merinding karena ini bener-bener baru buat aku dan asli bukan settingan.

sumber: egyptindependent.com

DI BALIK PENEMUAN BESAR

Selain tentunya penemuan-penemuan fantastis mereka, di documenter ini aku jadi bisa melihat seperti apa kinerjanya seorang arkeolog itu. Ada banyak banget ternyata orang-orang yang terlibat dalam sebuah penggalian situs.  Pertama aku paling kagum sama orang-orang yang bisa membaca Hieroglif Mesir. Pasti udah gak asing kalo di Mesir itu banyak gambar-gambar yang sebenarnya mengisahkan tentang orang-orang Mesir itu. Melihat mereka dengan lancar membaca, mengartikan dan menyusun arti dari masing-masing gambar itu menakjubkan banget. Karena emang sepengetahuan aku juga kita gak bisa mengartikannya secara serta merta. Apalagi ternyata arah kita membaca gambar itu aja artinya bisa jadi beda.

sumber: memphisflyer.com

Ada juga ahli yang mempelajari tulang-tulang yang ditemukan. Beliau bisa langsung tau umur, jenis kelamin bahkan sampai kondisi terakhir sebelum meninggal. Selama menonton ini aku cuma bisa bilang, “ya ampun ini orang-orang kok pinter banget ya”. Ada ahli mumi binatang, siapa yang nyangka kan kalo ternyata mumi binatang aja tuh ada ahlinya loh! Karena emang kan di Mesir binatang-binatang itu banyak banget yang dianggap suci.

sumber: memphisflyer.com

Tapi, tetep yang paling menakjubkan itu adalah para penggali, bayangkan di kondisi super terik dan panas penuh pasir dan debu, para penggali ini tiada henti banget terus menggali dan kerennya mereka enggak pake masker atau pelindung wajah lho! (bukan karena covid ya tapi dari debu maksudnya). Para pekerjanya juga puluhan kali ya, menggali di pasir dimana-mana yang belum tentu ada hasilnya. Syukur kalo dapet sebuah temuan.

sumber: inews.co.uk

Lalu saat baru mulai menonton aku langsung kepikiran, project seperti ini siapa yang biayain ya. Melihat para pekerja yang super duper banyak, belum lagi kebutuhan ahli juga banyak, alat-alat modern demi mendapatkan hasil yang memuaskan. Dan ternyata mereka dapat dari pemerintah, sepertinya pemerintah Mesir sih ya namun ada batas waktunya juga. Lupa berapa lama tepatnya tapi saat aku tonton ini tinggal beberapa minggu dan dalam waktu itu mereka harus menemukan sesuatu yang luar biasa dan mendebrak dunia, baru bisa mendapatkan kembali kucuran dana. Bener-bener all or nothing banget sih proyek ini.

Seperti aku bilang diawal dokumenter ini bisa jadi membosankan atau menyenangkan, buat aku setengah-setengah sih. Ada saatnya yang seru ada saat yang bosen, mungkin diawal sempet bosen karena masih intro tapi makin banyak temuan dan makin banyak ahli-ahli yang muncul yang sebelumnya aku gatau jadi makin seru buat diikutin!

Buat yang suka banget sama sejarah atau mitologi khususnya Mesir, kayaknya sih documenter ini cocok banget deh buat kamu!

Post a Comment

4 Comments

  1. Wahh makasih review nya Mbak. Nanti aku cek di netflix kelihatannya menarikk.

    Btw aku suka suka banget nonton dokumenter-dokumenter random di Netflix lumayan buat memaksimalkan subscription yang udah bayar :") Kalau mbak belum nonton dokumenter Fyre Festival, coba deh itu asikk soal festival musik yang gagal dan chaos banget wkwk. Terus (un)well tentang wellness industry juga menurutku menarik meskipun agak aneh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama ya Mba 😊

      Seru kan ya Mbaaa nontonin dokumenter random gitu? Aku juga kadang suka random aja hahaha
      Woooo makasih Mba rekomendasinya, langsung aku save dulu buat ditonton nanti-nanti hehehe

      Delete
  2. Aku juga suka dokumenter kak. Bahkan suka cari-cari yang bagus.Terakhir nonton tentang tiny house nation. Terima kasih sharingnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurutku emang dokumenter itu ada charming-nya sendiri, asalkan sesuai dengan yang kita suka atau dapet yang emang seru banget.
      Makasih juga udah berkunjung ya :)

      Delete