[REVIEW] NOVEL THE UNHONEYMOONERS - CHRISTINA LAUREN

Semua review disini murni pendapat pribadi dan tidak berniat menjelekkan atau mengagungkan karya orang lain. Setiap orang memiliki selera bacaan masing-masing. Terima kasih.

sumber: Goodreads

Judul: The Unhoneymooners

Penulis: Christina Lauren

Tanggal Terbit: 14 Mei 2019

Jumlah Halaman: 400 halaman

ISBN: 9780349417608

Bahasa: Inggris 

BLURB

Olive selalu tidak beruntung: di karirnya, cinta dan ya semuanya. Sedangkan kembar identiknya, Ami, mungkin adalah orang paling beruntung di dunia. Ia bertemu dengan tunangannya dengan cara yang mungkin bisa dilihat di sebuah romantic komedi dan ia berhasil membiayai seluruh pernikahannya dengan memenangkan beberapa kontes di internet. Yang lebih buruk lagi, Ami memaksa Olive untuk menghabiskan hari dengan musuhnya, Ethan, yang juga adalah penggiring laki-lakinya.

Olive memberanikan dirinya untuk bisa melalui 24 jam pernikahan Ami ini sebelum ia kembali ke kehidupannya yang nyaman, tidak beruntung. Tapi, ketika seluruh peserta pernikahan keracunan makanan karena memakan kerrang-kerangan yang buruk, orang yang tidak terkena sama sekali hanyalah Olive dan Ethan. Dan keduanya diminta untuk menggantikan honeymoon Ami yang sudah dibayarkan secara penuh di Hawaii.

Menyingkirkan rasa kebencian keduanya demi liburan gratis, Olive dan Ethan menuju ke Hawaii, dengan niat saling menghindari satu sama lain apapun caranya. Tapi, ketika Olive bertemu dengan bos barunya, kebohongan yang ia sebutkan kini menjadi resiko yang berbahaya. Olive dan Ethan sekarang harus berpura-pura menjadi sepasang pengantin baru yang saling mencintai dan sepertinya keberuntungan Olive semakin buruk. Tapi, hal yang anehnya ia malah tidak keberatan untuk berpura-pura. Dan malah sepertinya ia cukup beruntung.

BACS JUGA: [REVIEW] METROPOP: BLUE MORPHO - SEKAR AYU ASMARA

SINOPSIS

Menghadapi kehidupan yang berat, kehilangan pekerjaan dan teman satu rumah, kini Olive dipaksa harus mengurusi pernikahan Ami yang membutuhkan banyak persiapan karena ia tidak menggunakan jasa wedding organizer sama sekali. Lebih buruknya lagi ia harus bekerja sama dengan Ethan, kakak dari Dane, calon suami Ami.

Sejak mereka kenal, melalui Ami dan Dane tentunya, Ethan seakan-akan sangat membenci Olive. Bagaimanapun Olive berusaha untuk bersikap ramah dengannya tapi Ethan tak sedikit pun menanggapi dengan baik niatnya dan ini telah berjalan selama 2 tahun!

Olive hanya berharap bahwa hari bahagia Ami akan berjalan dengan lancar. Namun, seperti tak didengar doanya sedikitpun, peristiwa pahit terjadi. Seluruh tamu dan keluarga yang datang ke pernikahan Ami dan makan di buffet keracunan makanan! Semuanya muntah dan mengalami diare hebat, kecuali Olive yang alergi seafood dan Ethan yang dari awal tidak mau menyentuh makanan buffet sedikit pun.

Bagaikan bencana alam tiada henti, Ami bahkan meminta Olive untuk menggunakan kesempatan honeymoon gratis miliknya di Hawaii dan pergi liburan meskipun harus bersama Ethan. Awalnya Olive tidak ingin meninggalkan Ami dalam kondisi yang menyedihkan ini dan bersenang-senang dengan menggunakan kesempatan honeymoon miliknya apalagi bersama Ethan. Namun, ketika Ethan setuju untuk pergi ia tidak bisa menyerahkan begitu saja kerja keras Ami demi mendapatkan honeymoon gratis ini ke Ethan. Olive pun setuju untuk menjalani honeymoon ini dan berpura-pura sebagai Ami.

Belum cukup menyiksa dirinya dengan ia harus berbohong menjadi Ami, dimana Olive sangat buruk dalam berbohong, kini ia harus bertemu dengan bos barunya di Hawaii. Tak tanggung-tanggung bos yang ia temui adalah bos tertinggi dan ia harus melalui makan malam mesra bersama Ethan dan bosnya. Berpikir tidak akan ada yang lebih buruk lagi, Olive dan Ethan bertemu dengan matan pacar Ethan yang tengah berlibur dengan tunangannya. Tunangannya!

Kini Olive dan Ethan harus selalu bersikap romantic dimana pun mereka berada, terlebih jika bertemu dengan mantannya Ethan. Meskipun sering bertengkar dan berdebat dalam setiap kondisi tapi Olive dan Ethan menjalani hari liburan yang menyenangkan. Olive pun merasa kebenciannya dengan Ethan perlahan berkurang, bahkan ia mengetahui alasan dari sikap Ethan terhadapnya selama 2 tahun ini. Tak hanya mendapatkan alasan Ethan, Olive juga mendapatkan cerita tentang Dane yang ternyata bukanlah laki-laki terbaik untuk Ami seperti yang ia ketahui selama ini. Sekarang Olive berada dalam dilemma tentang hubungannya dengan Ethan dan bagaimana ia harus menjelaskan dengan Ami tentang ini dan juga tentang perilaku suaminya.

REVIEW

Romance-comedy Fake relationshipEnemies to lovers

Jangan bingung kalo bacaan ini mirip dengan The Spanish Love Deception ya karena emang dapet rekomendasi buku ini setelah baca buku itu. Karena bulan lalu emang mood baca romance-nya sedang tinggi-tingginya akhirnya aku baca juga deh.

Sebenarnya kalo boleh jujur, enemies to lovers itu bukan trope favoritku sih karena biasanya alur hubungan kedua tokoh utamanya cenderung lambat karena diawali dengan banyak berantemnya tapi kali ini seru banget untuk ngikutin debat tipis-tipis antara Olive dan Ethan. Karena emang keduanya saling benci jadi keliatan banget rasa benci antara keduanya dan kocak banget ngeliat mereka harus berakting jadi pasangan pengantin baru. Aku yang bac aini ngerasa fresh banget dengan perdebatan mereka.

Meskipun bisa dibilang alurnya cukup tertebak tapi aku enggak merasa bosan sama sekali selama baca ini karena konflik yang diangkat jauh lebih kompleks dibandingkan hanya dua orang yang awalnya saling benci jadi jatuh cinta. Yang menjadi penyegar di cerita ini justru kisah Ami dan Dane yang menurutku pelik. Tapi, justru dari kisah Ami dan Dane ini yang tersiksa itu adalah Olive, ketika ia berusaha menyelamatkan saudara kembarnya ia malah kehilangan Ami dan juga Ethan dalam waktu bersamaan. Pas bagian ini sih rasanya sedih banget kalo bayangin apa yang dialami Olive.

Tapi, terlepas dari itu aku malah jadi jatuh cinta banget dengan keluarga besar Olive. Pada awalnya pas abaca tentang keluarga besar Olive tuh menyebalkan banget. Ya sepertinya tipikal keluarga besar yang selalu ikut campur dengan kehidupan kita dan itu yang aku rasakan pas baca. Tapi, waktu Olive dalam keadaan down banget justru mereka kayak penyelamat banget dan pas baca ini tuh langsung mikir “ya ampun beruntung banget masih ada keluarga yang bisa nemenin terus dalam keadaan terpuruk”. Wah, bener-bener juara deh keluarga Olive!

Disini juga Olive mengalami perkembangan yang signifikan banget ya, yang awalnya ia selalu pesimis dan merasa hidupnya tidak ada keberuntungan sama sekali, ia mulai menerima dan menjalani hidup dengan lebih positif sih. Olive juga berani buat ngomongin apa yang ia rasakan dan tau meskipun akhirnya ia kehilangan banyak. Tipe blak-blakan Olive juga yang bikin drama di buku ini enggak terseret-seret jadi panjang dan terasa pas aja. Dari seluruh tokoh yang ada Olive emang paling terasa banget perubahan karakternya!

Secara keseluruhan aku akan kasih rating 4/5 ⭐! Ceritanya yang menarik banget dan aku rasa cocok banget buat yang suka baca buku romance apalagi yang emang suka trope enemies to lovers nih!

BACA JUGA: [REVIEW] NOVEL THE SPANISH LOVE DECEPTION - ELENA ARMAS

Post a Comment

3 Comments

  1. Kak Tika, sehabis baca review ini kok aku jadi pengin baca buku ini juga 😆 bagian pura-pura jadi pasangan yang udah menikah itu menarik perhatianku, kayaknya di part ini bakal banyak kejadian konyol-kocak gitu dibayanganku wkwk. Apakah ini porsi romancenya lebih dominan?
    Aku lagi suka sama cerita-cerita yang kekeluargaan, tapi ada sedikit romancenya dan page turner gitu *banyak mau*
    Sekarang lagi baca Dial A Aunties, udah setengah buku dan ini kocak sih wkwk. Kak Tika udah baca belum?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Li baca! wkwkwkwk emang kocak sih ini main couple-nya. Hmmmm porsi romance-nya emang dominan sih karena ini emang novel romance tapi ada juga disinggung tentang keluarga besarnya si Olive itu jadi ya gak full banget romance

      Lia baca dimana Dial A Aunties?? Aku juga udah masukin TBR kok buku ini hahaha masih belum memutuskan mau baca ebook apa buku fisiknya...

      Delete
    2. Udah aku masukkin ke antrian di Libby 🤣 masih harus menunggu 10 weeks kalau nggak salah karena kayaknya ini lagi hits hahaha.

      Aku baca via Libby juga untuk Dial A Auntiesnya, Kak 😆 Bagus Kak bukunya wkwk semoga bisa segera baca 😆

      Delete