[REVIEW] SERIAL NETFLIX KOREA SQUID GAME - PERMAINAN DAN NYAWA

poster, squid, game, korea, netflix

Squid Game sekarang bener-bener jadi pembicaraan banyak orang. Gak cuma di Korea tapi di Indonesia juga sudah ramai banget yang ngomongin Serial Netflix Korea satu ini. Kalo buka tiktok semuanya bahas ini sampe bosen juga liatnya hahaha tapi untungnya karena aku langsung nonton jadi gak takut deh liat spoiler yang bener-bener bertebaran ini.

Di Agustus Wrap Up aku juga membahas kalo aku nunggu banget serial ini makanya waktu tayang di Netflix aku langsung nonton serial ini dan berhasil namatin dalam 2 hari aja! Jadi serial ini menceritakan tentang sebuah tawaran untuk ikut dalam sebuah permainan, tidak mengetahui apa permainan yang dimainkan tapi mereka ditawari uang yang amat sangat besar jika berhasil memenangkan permainan ini meskipun mereka juga tidak tau berapa besar nilai hadiah yang bisa mereka terima.

Ada spoiler! Bisa langsung loncat ke review jika tidak ingin baca!


YANG PUTUS ASA

Seong Gi Hun menjalani hidup yang bisa dibilang tidak Bahagia, hal ini disebabkan karena telah lama sejak ia dipecat dari pekerjaannya dan kin ia hanya hidup berdua dengan ibunya secara pas-pasan. Ia bahkan tidak bisa dengan bangga hati bertemu dengan anaknya, hidupnya dipenuhi dengan hutang dan perjudian.

Hingga suatu hari, ia bertemu dengan lak-laki misterius yang mengajaknya bermain dengan tawaran hadiah uang jika menang dan ia akan dipukul jika ia kalah. Setelah “pertarungan” yang panjang akhirnya ia berhasil mendapatkan hadiah uang itu. Tapi, tak hanya uang ia diberi kesempatan untuk ikut ke permainan yang lebih besar dengan hadiah yang leebih besar pula.

Memutuskan ikut, Song Gi Hun menemukan dirinya terbangun di ruangan super besar tak sendirian tapi bersama dengan 455 orang lainnya yang memiliki nasib dan kemalangan seperi dirinya.


PERMAINAN MASA KECIL

sumber: Twitter Netflix

Tak seorang pun tau apa permainan yang akan mereka mainkan. Hingga saatnya mereka harus menghadapi permainan pertama mereka. 456 orang ini dibawa ke lapangan super besar dengan ada boneka besar dihadapan mereka. Permainan pertama mereka adalah Lampu Merah, Lampu Hijau. Permainan masa kecil di Korea yang pasti setiap orang familiar dengan ini. Aturannya sederhana dimana mereka tidak boleh bergerak saat boneka menoleh dan harus menyelesaikan dalam batas waktu yag ditentukan.

Tanpa mengetahui ternyata yang melanggar aturan atau gagal dalam batas waktu yang ditentukan akan langsung ditembak di tempat. Permainan pertama amat sangat kacau karena ketakutan dan berakibat banyak korban yang berjatuhan.

Setelah permainan yang tragis ini banyak yang memint untuk menghentikan game dan dipulangkan ke rumah meskipun pada akhirnya mereka sudah putus asa dan tidak memiliki kesempatan lain selin di Squid Game ini.


TEMAN, KESETIAAN, KHIANAT

Ada total 6 permainan yang dimainkan. Tak seluruhnya bisa bisa dimainkan sendirian. Ada juga permainan yang membutuhkan tim atau rekan lagi ketika bermain. Sehingga mau tak mau mereka harus mencari dan membuat tim mereka sendiri. Selain itu mereka juga membentuk tim sendiri ketika berada di markas karena bahkan di markas pun kehidupan mereka terancam.

Pihak penyelenggara dengan sengaja memprovokasi antar pemain sehingga menimbulkan hasrat untuk membunuh antar pemain tinggi. Tak hanya permainan ekstrem yang mengancam mereka namun pemain lain juga mulai memburu pemain lain yang mereka anggap lemah atau musuh.

Tapi, dibalik semua pertemanan dan permusuhan yang ada, tiap pemain hanya bisa bertahan sendiri dan jika lengah maka siapa saja bisa berkhianat dengan diri mereka.


KEBENARAN DIBALIK PERMAINAN

Pada saat Gi Hun dan pemain lain menghentikan permainan, ia melaporkan kekejaman permainan ini pada polisi meskipun pada akhirnya diacuhkan. Namun, ada 1 polisi muda yang percaya karena ia yakin kakaknya ikut dalam permainan yang sama. Hingga akhirnya ia berhasil menyusup sebagai salh satu pekerja disana.

Polisi ini menggali-gali kebenaran apa yang ada disana sekalian mencari keberadaan kakaknya. Tak lupa juga ia merekam kejadian disana untuk dijadikan bahan laporannya. Tapi, perjuangan polisi ini tidaklah mudah sama sekali, ia terjebak dan beberapa kali ketahuan ketika menyamar membuat ia menjadi buronan para penjaga yang lainnya.

BACA JUGA: [REVIEW] KINGDOM - KOREAN SERIES


REVIEW

Akhirnya bisa nulis setelah seminggu engga nulis. Padahal di draft udah ada yang nunggu buat tinggal terbit tapi ntah kenapa aku pengen review Squid Game ini untuk tayang duluan. Sebenarnya aku enggak nonton trailer series ini sama sekali jadi aku tidak punya bayangan akan seperti apa gambaran ceritanya. Aku cuma tau synopsis singkatnya dan melihat poster-posternya bertebaran. Bahkan aku sempat pikir ini Money Heist-nya Korea padahal bukan dan beda banget.

Sebelumnya buat yang ingin nonton ini pastikan nonton sendiri aja ya apalagi sama anak-anak, amat sangat tidak aku sarankan. Meskipun temanya permainan anak-anak tapi itu kejam banget dan bener-bener gak baik buat ditonton oleh anak-anak.

Adegannya penuh darah karena setiap episode kita akan melihat ada pemain yang ditembak dan itu dalam jumlah banyak banget. Belum lagi ada permainan yang bener-bener sadis jadi dimana kita akan benar-benar mempertaruhkan nyawa, kalo orang lain gak mati maka kita yang akan mati. Kekerasan juga tampak banget di series ini, baku hantam, adegan pisau dan benda tajam lain bukan hal yang aneh di dalam series ini. Jadi, buat yang kurang suka lihat darah-darah ini sangat tidak disarankan ya.

Mungkin ada yang bingung ya kenapa tiba-tiba series ini bisa meledak banget di Korea sana dan di Indonesia juga meledak banget. Padahal, series dengan survival game ini bukan yang pertama. Contoh yang aku tau sama-sama tentang permainan yaitu Alice in Borderland (yang sudah lama ingin aku tonton tapi mager terus). Mungkin di Korea ini sesuatu yang unik makanya banyak yang penasaran apalagi pemain-pemainnya top banget.

Pas nonton ini aku beneran langsung ingat Hunger Games, meskipun cukup berbeda karena di Hunger Games emang bener-bener bertarung dengan menggunakan alat satu sama lain dengan pemain lain, tapi disini mereka harus cerdas untuk menyelesaikan dan memenangkan permainan mereka. Tapi, pas adegan dimana mereka juga harus saling bunuh dan bikin kubu saat berada di markas bener-bener bikin vibes Hunger Games keluar banget.

Pemilihan permainannya juga cerdas-cerdas banget ya. Meskipun gak semuanya ada di Indonesia sih permainannya. Permainan yang dipilih adalah permainan anak-anak jadi pasti semua orang setidaknya familiar dengan permainan sehingga ini adil untuk semua pemain meskipun ada juga yang enggak ya kayak Tarik tambang, harus bener-bener pintar pilih pemain tapi, semua yang ada disana tidak tau permainan apa yang akan mereka mainkan jadi faktor keberuntungan juga berperan besar disini.

Gak semua isi dari series ini tuh kejam atau adegan kasar dan pembunuhan tapi ada juga momen-momen megharukan dan menyedihkan. Misalnya pas permainan kelereng. Pasti semua yang nonton setuju kalo ini permainan yang sedih banget. Disini mereka disuruh berpasangan tanpa tau kalo pasangan mereka adalah lawan mereka yng artinya hanya ada 1 diantara mereka yang hidup. Apalagi mereka memilih pasangan yang benar-benar dekat dengan mereka wah kebayang betapa miris dan sedihnya episode ini karena ada banyak oang baik yang harus pergi permaiinan ini.

Dari seluuh permainan aku paling berkesan dengan Tarik tambang sih jujur aja. Bayangkan permainan yang emang sebenernya udah bahaya ini dibuat jadi makin bahaya karena tim yang kalah akan langsung terjun ke bawah dan mati, bener-bener gak ada kesempatan lain. Tapi keren juga pas kelompok Gi Hun main, bener-bener make strategi dan tidak mengandalkan kekuatan doang. Lumayan buat dijadikan ilmu pas 17 Agustusan nanti 😆

Selain ide ceritanya yang menurutku seru karena pake permainan anak-anak, series ini dibuat bener-bener niat banget. Kalian bisa ngeliat markasnya yang super gede itu beneran dibuat bukan efek, tangga-tangga saat menuju area permainan, belum lagi lokasi permainannya yang kalo aku lihat di behind the scene banyak yang emang mereka buat sendiri tanpa efek. Salut banget sama tim kreatif dan propertinya sih! Iklannya juga keren banget loh, di Korea mereka bikin duplikasi arena permainannya jadi buat yang lewat serasa lagi main juga, apa gak makin rame yang nonton ini yak.

Meskipun kejam dan mengerikan tapi aku masih dapet pesan sih dari series ini, bahwa orang baik itu pasti bakal ada jalannya. Bukan karena emang si tokoh utama ini emang sengaja dibuat beruntung terus ya tapi kita bisa lihat dia emang baik dengan orang yang tua, cewek, orang asing dan itu tulus jadi wajar aja dia beruntungnya banyak. Tapi, harus hati-hatti dan waspada juga karena banyak banget yang muka dua dan licik persis kayak di series ini juga.

Bukan series Netflix namamnya kalo engga dibuat ada plot twist dan dibuat gantung ya. Plot twistnya keren sih hahaha enggak ketebak apalagi kalo kalian nonton tanpa liat spoiler sama sekali ya. Pas selesai nonton dan liat teori-teori orang di twitter dan tik tok langsung ngeh kalo semua itu udah diliatin dengan jelas cuma kita aja yang gak bener-bener merhatiin hahaha.

Perihal season 2 aku belom denger sih akan ada atau enggak tapi kalo aku pribadi sih gak terlalu mengharapkan ya. Menurutku endingnya udah oke banget dan kalo dilanjutkan bener-bener akan jadi kayak film Hunger Games ke-3 karena motifnya ingin membongkar apa yang sebenarnya terjadi dengan permainan ini dan sejujurnya aku gak penasaran-penasaran amat karena disini kita udah dikasih tau sebenarnya.

Secara pribadi aku akan kasih rating series ini 4/5 ⭐! Seru banget meskipun emang sadis seriesnya! Cocok buat yang lagi bosen dan pengen nonton yang seru-seru!

Jadi, udah ada yang tonton series ini? Gimana menurut kalian? Tertarik untuk nonton juga gak buat yang beum nonton?

BACA JUGA: [REVIEW] SERIAL NETFLIX KOREA 'EXTRACURRICULAR' - SISI GELAP SISWA DI KOREA

Post a Comment

28 Comments

  1. Selain di Indonesia dan negaranya sendiri, Squid Game juga sempet trending nomor satu di Netflix US lho mbak Tikaa, keren banget🥺 Sekarang kabarnya ada di peringkat ketiga mengalahkan Money Heist dari total poin yang didapat, jinjja daebak!!

    Aku juga lagi nulis review ini mbak, dua hari yg lalu selesai nonton seharian banget saking nagih dan penasarannya tiap satu episode beres. Dan sungguh yaa mbak, pas selesai nonton tuh jadi langsung ngeh sama clue2 yg muncul tentang si mastermind sebelumnya😂 Pantesan dari awal aku penasaran, kok tokoh ini nggak diceritain background nya ya kenapa dia bisa tau Squid Game ini, sementara tokoh yg lain story-nya dijelasin, itu aku beneran nunggu-nunggu scenenya tapi nggak ada, haha. Terus yang adegan bunuh-bunuhan, kok bisa langsung berhenti, bukannya mereka gaada belas kasih. Tapi mungkin karena kita masih punya hati, jadi nggak kepikiran sama sekali kesana. Ternyata oh ternyata😅

    Semoga komenku nggak spoiled anything biar yg belum nonton penasaran hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Awl, aku baru liat tuh infonya kalo udah sampe ngalahin Money Heist segala... gila emang keren banget sih...

      Bener banget, aku juga gak nyangka banget sih sama Mastermind nya soalnya yaaa gak ada kecurigaan sama sekali lah ya dengan tokoh itu. Apalagi kita mikirnya kan ini sama-sama susah semua, sama-sama ada resiko mati eh ternyata tak terprediksi sama sekali sih...

      Delete
  2. Bener banget, pas strategi tarik tambang, saya langsung mikir, "wah keren nih buat agustusan."

    Di serial ini saya paham bahwa orang baik bisa jadi licik, kalau udah mepet" banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha harus dicatet biar pas lomba tarik tambang bisa menang!

      Iya, gak nyangka sih yang dari awal dianggap baek eh ternyata malah begitu jadinya...

      Delete
  3. Habis baca review Awl, aku mampir juga ke sini. Makasih atas reviewnya mba Tika, dengan ini aku putuskan untuk nggak akan nonton serial ini karena berdarah-darah. 😂😂😂

    Setuju sama mba Tika, intinya jadi orang baik tapi harus tetap hati-hati. 👌

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo gak kuat darah-darah udah deh gak usah Mba cari spoiler ajaaa 😆

      Delete
  4. Yaampun baru aja aku baca di blognya Awl, Mba Tika juga memperingatkan kalau series ini nggak layak ditonton untuk yang takut darah (kayak aku). Tapi aku penasaran banget sama ceritanya. Keliling nyari spoiler full-nya belum nemu 😂

    Setelah baca ulasannya Mba Tika dan Awl, aku juga bisa merasakan sedikit kemiripan antara Squid Game dan Hunger Games, apalagi pas ada adegan VIP yang datang untuk melihat permainan mereka. Jadi inget pas orang-orang penting di Capital nonton langsung latihan peserta Hunger Games, sungguh sebuah kesenjangan sosial yang nyata 😭

    Thank you so much, Mba Tika untuk review-nya! Aku masih mencoba mengumpulkan keberanian untuk nonton 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tonton aja Mba Janee tapi pas adegan sadis tutup mata hihihi daripada nanti penasaran loh tapi siap-siap jantungan sih denger suara tembakan terus

      Ahh iyaa baru ngeh kalo di Hunger Games kan Capitol juga nontonin yaa malah ada kasih sponsor dan bisa kirim barang juga...

      Hayuks lah ditonton Mbaa 😆

      Delete
  5. Kayaknya seru ya mbak filmya. Awalnya aku lihat feed orang2 ttg squide game, aku kira permainan baru lho. Ternyata stlh menelisik ternyata drakor.. hhehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener ini drakor, yok cobain nonton! Seru loh

      Delete
  6. kalo outing kantor, pake model permainan kayak gini kayaknya bakal "berkesan" seumur hidup kali ya..hehe..

    Nice review!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha bener banget asalkan yang sadis-sadisnya dibuang dong 😆

      Delete
  7. jadi game ini termasuk jenis gore ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini drama tentang permainan gitu bisa dibilang gore sih tapi enggak separah Final Destination atau SAW gitu

      Delete
  8. baru nonton beberapa episode aja udah seru ini film

    ReplyDelete
  9. Saya suka sekali dengan serial ini karena yang bikin benar-benar "niat". Scene per scene dan ide cerita dipikirkan dengan sangat matang sehingga setiap detailnya begitu menarik. Penggambaran setiap tokohnya terasa sangat humanis dan mendalam (sampai saya ikutan sedih dan kasihan), saya bakal rewatch lagi kayaknya :) Namun ada 1 aspek yang saya kurang suka yaitu scene bule-bule, cringe banget dialognya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget Mba! Ini beneran niat banget buatnya apalagi katanya ini bukan CG tapi emang beneran dibuat set nya seperti itu, makanya makin salut banget sama tim produksinya

      Delete
  10. Pengen nonton filmnya, tapi belum kesampean terus deh.
    Ada yang mau ngasi link download videonya ga nih. hehe

    ReplyDelete
  11. Saya biasa sebelum nonton film versi aslinya, suka liat2 reviewnya dulu, paling sering sih di youtube, kebetulan ini bahas tentang film dan mirip2 Hunger Games yg udah pernah saya tonton juga, bisa masuk dalam list tontonan saya ni kedepannya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, series ini punya vibesnya yang mirip dengan Hunger Games, kalo suka Hunger Games besar kemungkinan akan suka juga dengan series ini

      Delete
  12. Aku juga awalnyaa gamau nonton ini wkwkw tapii penasaran aslii. Mana katanya ada gong yoo. Eh cuzz deh demi liat awal dan akhir yang ada gongyo nyaa wkwkkw. Tp beneran bagus sih emang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha aku malah gatau ada Gong Yoo, jadi selama nonton ini emang kaget terus karena pemainnya keren-keren banget

      Delete
  13. Keren bat ni film. Anak-anak depan kost saya pada main yang game pertama. Game pertama sepertinya iconic banget dari film ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha saya liat juga tuh videonya ada anak-anak yang mainin game pertama dari series ini

      Delete
  14. Keren banget drakor ini ya kak. Hihii. Berasa diajak main2 lagi di masa kecil😂. Aku suka permainan yg tarik tambang, nih. Trik dan kekompakannya bisa ditiru😗

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya, permainan masa kecil yang disulap jadi sesuatu yang beda banget!

      Delete