[REVIEW] NOVEL XOXO - AXIE OH

Semua review disini murni pendapat pribadi dan tidak berniat menjelekkan atau mengagungkan karya orang lain. Setiap orang memiliki selera bacaan masing-masing. Terima kasih.

novel, xoxo, axie, oh, romance
sumber: Goodreads

Judul: XOXO

Penulis: Axie Oh

Tanggal Terbit: 13 Juli 2021

Jumlah Halaman: 352 halaman

ISBN: 9780063025011

Bahasa: Inggris


BLURB

Seorang pemain Cello, Jenny, memiliki satu impian: masuk ke sekolah music bergengsi. Ketika ia bertemu dengan Jae Woo yang tampan dan misterius di karaoke bar milik Pamannya di Los Angeles, jelas terlihat bahwa ia adalah laki-laki yang bisa menyingkirkan rencana Jenny. Tapi dalam spontanitas itu, Jenny mengizinkan Jae Woo untuk menariknya keluar dari zona nyamannya dalam sebuah petualangan tak terlupakan dalam semalam…. sebelum Jae Woo menghilang tanpa kabar.

3 bulan kemudian, ketika Jenny dan ibunya tiba di Korea Selatan untuk mengurus neneknya yang sakit, ia terkejut bahwa ternyata Jae Woo menjadi murid di sekolah music elit yang sama dengannya. Dan bukan sembarang murid. Jae Woo adalah salah satu anggota dari grup K-Pop terbesar di dunia dan ia sangat dilarang untuk berpacaran.

Ketika menjalin hubungan berarti harus membuang jalur rencana karir yang sudah Jenny rencanakan sejak lama, kini ia harus memilih apakah ia bisa merelakan semuanya demi cinta.

BACA JUGA: [REVIEW] NOVEL JOSH AND HAZEL'S GUIDE TO NOT DATING - CHRISTINA LAUREN


REVIEW

Gimana? Gimana? Baca blurbnya udah kayak nonton drama Korea belom? 🤣 Buku XOXO ini udah lama banget sih aku tau, bahkan saat terbit pun buku ini heboh banget ya dan di Indonesia juga bisa dibilang buku ini hype-nya tinggi banget lho! Dan untuk kali ini juga tidak ada synopsis singkat yak arena blurb-nya udah jelas banget kasih tau alur ceritanya.

Sedikit cerita, buku XOXO ini menjadi buku pertama yang aku “dengar” sampai habis. Yap, aku mencoba untuk baca buku ini via audiobook. Bukan buku pertama yang aku coba tapi menjadi buku pertama yang berhasil sampai selesai. Alasan utamanya sih karena bahasa yang digunakan di buku ini tuh mudah banget untuk dicerna, penulis menggunakan kata-kata yang mudah jadi pas didengar juga enak dan gak bikin pikir panjang. Alasan kedua karena aku familiar dengan latar belakangnya, karena latar budayanya di Korea jadi gak sulit sama sekali untuk membayangkan dan menangkap maksudnya.

Dari segi alur cerita menurutku ini termasuk cepat ya, apa-apa yang di buku ini menurutku cepat banget. Bahkan proses ada perasaan antar tokoh utama juga bisa dibilang super kilat. Bukan hal yang mustahil memang apalagi ini sebenernya lebih ke ada “spark” antara kedua tokoh utama dan bukan yang langsung jatuh cinta pada pandangan pertama gitu. Jadi, buku ini bisa banget untuk dibaca dalam waktu singkat karena emang to the point dan gak akan bikin bosen sih.

Untuk cerita aku suka sih tentang Kpop Idol yang berusaha untuk berpacaran tanpa diketahui orang-orang. Disini sih setidaknya kita jadi dapat gambaran juga ya sesulit apa sih kalau idol Kpop itu ingin menjalin hubungan, apa aja yang mereka pertaruhkan dan bagaimana cara mereka supaya bisa tetap berhubungan dengan sang kekasihnya itu. Tapi, kita juga bisa lihat gimana bebannya jadi pacar seorang idol Kpop. Apa aja yang harus dipertaruhkan, apa aja yang harus direlakan dan apa aja yang harus diikhlaskan. Apalagi disini salah satu yang jadi pertaruhan yaitu masa depan mereka berdua yang sama-sama seorang musisi. Jadi, kita bisa liat nih kalo yang “tertekan” itu gak cuma si idol-nya aja tapi sang pacar juga (bisa jadi pelajaran nih buat yang fans-fans berlebih para idol).

Aku menikmati banget sih lika-liku cinta antara Jenny dan Jae Woo disini. Gimana cara mereka ingin mencoba berhasil dalam hubungan ini dan gimana juga ditunjukkan kesulitan mereka berdua disini. Apa-apa aja yang bikin mereka galau. 

People do strange things to protect their hearts. But when you're afraid, your heart is closed, and it's never the right time, but when your heart is open, and you're willing to be brave enough to take a chance, the time is always right.

Tokoh-tokohnya juga menggemaskan banget disini. Aku suka banget sama Jenny yang berani dan kuat banget jadi seorang cewek, meskipun dia sempet ya goyah dikit-dikit kalo udah berhubungan dengan Jae Woo tapi sepanjang cerita ini Jenny juga berkembang jadi karakter yang lebih baik. Bacain kedekatan Jenny dengan Jae Woo juga mengundang senyum banget! Gak nyangka aku akan gemes baca buku romance yang tokohnya masih sekolah gini karena udah cukup lama juga aku gak baca yang tokoh utamanya masih sekolah.

Salah satu yang aku juga suka banget yaitu kisah persahabatan disini. Jenny beruntung banget bisa ketemu temen-temen super baik waktu ia baru datang ke Korea. Jenny, Sori, Gi Taek, dan Angela, mereka bener-bener tulus jadi temen Jenny dan mendukung Jenny banget dalam segala keadaan, baik yang berhubungan dengan mimpinya Jenny ataupun yang berhubungan dengan Jae Woo sendiri. Anggota grup Jae Woo juga itu digambarkan jadi tokoh yang lovable banget, meskipun porsinya gak banyak dimunculin tapi keliatan banget gimana mereka sayang sama kedua tokoh utamanya.

Satu yang disayangkan menurutku adalah malah ceritanya jadi kurang kompleks sih, aku suka dengan alur ini cuma tetep merasa ada yang kurang kayak singkat banget apa yang diangkat di buku ini. Ntah karena saking sukanya jadi aku gak pengen buku ini tamat tapi tetep aja aku merasa masih kurang dalam konfliknya. Bahkan aku berharap disinggung juga sedikit tentang teman-temannya Jenny jadi kita bisa tau juga update-an kisah mereka tapi malah gak ada disini. Bahkan sampai ending juga gak terlihat lagi disini.

Secara keseluruhan aku kasih buku ini rating 4,5/5⭐! Gak nyangka aku akan kasih nilai setinggi ini tapi aku suka banget sih dengan kesederhanaan ceritanya makanya aku mau kasih rating yang tinggi. Setidaknya dari buku ini kita bisa melihat kehidupan idol dan juga bagaimana beratnya untuk mengejar mimpi itu. Apa aja sih yang harus mereka korbankan untuk mencapai mimpi mereka.

Aku rekomendasikan banget sih yang mau cari bacaan ringan, romance menggemaskan antar tokohnya dan bisa banget kalian selesaikan dalam sekali duduk! Dan bisa cobain versi audiobooknya di Scribd!

BACA JUGA: [REVIEW] NOVEL LOVE FROM A TO Z - S.K. ALI

Post a Comment

4 Comments

  1. Coba sudah ada terjemahannya mungkin bisa masuk wishlist. Soalnya saya tuh paling nggak bisa baca novel yang bahasa inggris gitu.

    Dari review ini, kayaknya cerita berputar di konflik menyembunyikan hubungan percintaan di kalangan Idol. Tidak ada sisipan konflik lainnya, yang akhirnya bikin kamu merasa konfliknya kayak yang sedikit. Nebak aja saya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahasa inggrisnya mudah kok, bisa sekalian untuk belajar juga 😊

      Tepat sekaliiii 👏 padahal potensi ceritanya banyak tapi cukup disayangkan.

      Delete
  2. Kak Tikaa, aku setuju banget! Ceritanya cepat banget alurnyaaa. XOXO ini bagus karena bikin kita secara nggak langsung jadi ada gambaran betapa susahnya pacaran sama idol 😂. Sayangnya, seperti yang Kakak juga bilang, bukunya kurang kompleks, bisa dibilang ini kayak baru kulit luarnya banget nggak sih? Masih bisa gitu kalau mau dibuat sekuelnya lagi yang lebih kompleks wkwkwk. Overall, XOXO covernya cantik dan bikin sejuta umat menjadi halu bersama ya 🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang paling enak buat halu banget ya Li buku ini 🤣 jadi tau juga gimana aslinya (ya dikit-dikit) tentang sulitnya jadi Idol.
      Betuuul, masih kulit banget dan teman-temannya Jenny juga menarik banget buat diulas gak sih jadi makin komplit deh bukunya

      Delete