[REVIEW] NOVEL SUDUT MATI - TSUGAEDA (#JanexLiaRC)

Semua review disini murni pendapat pribadi dan tidak berniat menjelekkan atau mengagungkan karya orang lain. Setiap orang memiliki selera bacaan masing-masing. Terima kasih.

review, buku, sudut mati, tsugaeda, thriller, lokal, indonesia
sumber: Goodreads

Judul: Sudut Mati

Penulis: Tsugaeda

Tanggal Terbit: September 2015

Jumlah Halaman:  344 halaman

ISBN: 9786022910374

Bahasa: Indonesia

 

BLURB

Titan kembali dari Amerika Serikat setelah delapan tahun, tepat ketika Grup Prayogo milik ayahnya sedang krisis dan membutuhkan bantuannya. Selain kesulitan dalam urusan bisnis, ada ancaman dari kompetitor jahat, Ares Inco, yang memiliki keinginan menghancurkan keluarga Prayogo untuk selamanya.

Namun Titan tak hanya menghadapi itu. Kakaknya, Titok, tak suka tersaingi olehnya di dalam Grup. Adiknya, Tiara, justru menikah dengan putra mahkota musuh. Dan mungkin ia juga telah membawa kekasih yang dicintainya ke dalam bahaya.

Titan harus menghadapi itu semua. Sementara tanpa ia ketahui, seorang pembunuh dengan kode 'Si Dokter' mengintai dan menunggu saat tepat untuk ikut campur ke dalam urusan mereka.

BACA JUGA: [REVIEW] NOVEL PASUKAN BUZZER - CHANG KANG-MYOUNG


REVIEW

Sudut mati ini jadi buku pertama yang aku baca dari Tsugaeda meskipun ini bukan pertama kalinya aku dengar tentang beliau. Aku tau nama Tsugaeda dari Kak Kanaya Sophia, waktu itu Kak Aya merekomendasikan salah satu buku beliau waktu aku iseng-iseng cek iPusnas ternyata ada beberapa bukunya tersedia namun waktu itu sedang habis jadi harus antri. Saat kemarin aku iseng-iseng cek ternyata ada banyak banget tersedia copy-annya dan langsung aku pinjam, karena gak lama dari itu bukunya langsung ludes.

Baca buku ini karena pengen baca buku thriller/misteri dari penulis Indonesia, kebetulan ada yang rekomendasikan makanya aku memutuskan baca buku ini deh sekalian buat disetor jadi buku reading challenge Lia dan Mba Jane, mumpung temanya bebas 😆

Kalau kalian baca blurb-nya itu terlihat sederhana banget gak sih? Semacam “perang” antar grup kompetitor gitu. Tapi, jangan sampe ketipu sama blurb karena apa yang ada di dalam buku ini jauh lebih kompleks daripada itu. Buku ini memang sebagian besar berputar pada konflik permusuhan antara grup Prayogo dan Ares Inco, tapi sebenarnya buku ini lebih berpusat pada keluarga Prayogo itu sendiri. Selain konflik dengan Ares Inco ada konflik internal sendiri yang jauh lebih berat daripada itu.

Di blurb, ada sedikit clue tentang akan munculnya pembunuh dalam cerita ini. Memang kompetisi antar grup ini tuh keras banget jadi menggunakan pembunuh memang sangat mungkin tapi ternyata ada misteri sendiri tentang salah satu saudara Titan yang disebut-sebut sebagai pembunuh ibunya itu. Jadi, dengan kenyataan ini sendiri itu bakal buat banyak spekulasi banget.

Konfliknya yang campur-campur ini membuat aku agak susah fokus sih. Disatu sisi memang kita mengikuti konflik antar grup, tapi ada juga konflik pribadi keluarga Prayogo nantinya ada juga konflik-konflik yang melibatkan hanya para pembunuh. Jadi, konflik yang ada disini itu tumpeng tindih banget.

Buku yang terlihat tidak terlalu tebal ini ternyata mampu menjadi sebuah buku dengan paket komplit banget. Jadi, ada banyak tokoh yang akan disebutkan dalam buku ini. Ajaibnya, kita akan tau sejarah / cerita masa lalu dari tokoh-tokoh ini. Baik dari keluarga Prayogo, mulai dari ayah sampai ke-4 anaknya kita tau cerita mereka. Sejarah Ares Inco, bahkan sampai kisah para pembunuh itu disampaikan disini. Menurutku ini nilai plus banget sih, jadi kita bisa tau dengan pasti alasan-alasan dari setiap tindakan yang mereka lakukan itu kenapa.

Alur di buku ini juga maju mundur jadi emang agak memusingkan sedikit sih buat yang gak terlalu terbiasa. Apalagi alur maju mundur ini tuh dibarengin dengan tokoh yang beda-beda jadi kalo gak fokus malah bingung lagi baca bagian siapa. Tapi, alur di buku ini termasuk cepat sih. Kesannya memang jadi padat tapi seru banget untuk diikuti. Ceritanya juga gak bisa ditebak sih, arah kemana dibawa penulisnya itu aku cuma ngikutin aja jadinya gak berusaha untuk menebak-nebak karena diawal keliatan jelas alurnya eh ternyata ceritanya berkembang luas banget.

Buku ini juga bisa dibilang keras banget sih. Ada banyak banget adegan kekerasan yang terjadi dan digambarkan dengan lumayan lugas juga oleh sang penulis. Belum lagi adu pistol, pisau dan tindak tanduk kekerasan memenuhi buku ini. Apalagi ada para pembunuh disini ya sudah pasti tau deh kerasnya gimana buku ini.

Secara kesuluruhan aku kasih buku ini rating 3.5/5. Ceritanya bagus kok cuma mungkin buat aku pribadi karena punya ekspektasi yang agak tinggi dan pas baca malah jadi kurang sesuai, makanya aku malah biasa aja meskipun tetep bikin penasaran sih. Tapi, buku ini punya rating yang bagus di goodreads dan mungkin akan cocok banget sama kalian!

BACA JUGA: [REVIEW] NOVEL SANG PENYUSUP - ANNA SNOEKSTRA

Post a Comment

8 Comments

  1. Hoo Mba Tika baca Sudut Mati. Kalo Bang Tsugaeda ini beliau memang spesialis fiksi thriller korporasi gitu Mba. Dari segi action menurutku tulisan beliau enak banget untuk dinikmati, pembaca yg suka action thriller kayaknya sih bakalan cocok dengan gaya penulisan beliau 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa ya Reka, aku abis kepoin buku yang lain ternyata emang banyak yang koporasi gitu tapi enak sih jadi ciri khas beliau banget! Aku juga bakal nyoba bukunya yang lain sih setelah ini

      Delete
    2. Waaak aku baru mau bilang kalau buku ini mengingatkanku dengan Kak Rekaa, eh orangnya sudah komen duluan di sini 🤣
      Belum sempat baca semenjak direkomendasikan oleh Kak Reka nih 😂
      Setelah baca review dari Kak Tika, kelihatannya buku ini punya tema yang nggak biasa, jarang aku temui yang konsepnya seperti ini. Ini bisa disebut metropop ala thriller kali ya(?) Konsepnya korporasi tapi thriller wkwk
      Terima kasih atas reviewny, Kak Tikaa! 😍

      Delete
    3. Iya bener, lumayan jarang sih buat baca thriller tapi fokusnya di dunia korporasi. Kayaknya sih banyakan di drama ya kalo yang korporasi gini tuh

      Delete
  2. Wah aku baca juga nih buku Sudut Mati, konfliknya memang agak rumit tapi cocok di aku hehe, kalau yang Rencana Besar konfliknya lebih sederhana kak, kalau mau baca sih, itu karya Tsugaeda juga. Dan ada satu lagi Efek Jera, cuman belum aku baca, jadi belum tau isinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rencana Besar juga udah aku incer buat dibaca sih tapi mungkin masih nanti. Nah, Efek Jera tuh aku penasaran kalo baca2 reviewnya sih bagus juga tuh

      Delete
  3. Kebetulan aku suka banget genre thriller mba. Aku pikir ini tadi orang Jepang mba, ternyata penulis lokal Yaa. Coba ah, ntr cari e-book nya, Krn halaman ga begitu banyak juga. Tapi jangan2 masih antrian pas aku cari ntr 😄.

    Selalu suka dengan cerita thriller yang banyak plot nya. Ga masalah sih maju mundur, aku terbiasa dengan bacaan yang seperti itu. Tapi berharapnya plot twist, Krn kalo terlalu gampang ketebak, ga enak juga 😁. Jadi flat ntr kesanny

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..... awal-awal aku juga pikir itu orang Jepang, ternyata nama penanya unik.... Kalo thriller emang paling dikejer itu plot twistnya sih yaaa.. apakah bener-bener keluar atau enggak elemen kejutannya!

      Delete