CERITA MUDIK 2022: PULANG SETELAH ABSEN 2 TAHUN

Yeayy akhirnya nulis blog lagi! Jujur aja aku kangen banget buat nulis ini dan sejak akhir April aku udah gak ngepost apapun di blog padahal baca buku jalan terus tapi ntah kenapa gak ada niat untuk nulis reviewnya kayak biasa ke blog. Untuk memulai lagi setelah liburan panjang dan libur ngeblog, aku mau sedikit membagikan memori libur lebaran tahun ini yang akhirnya bisa pulang ke rumah. Semoga gak basi ya karena udah lewat 2 mingguan 🤣

Seperti sebagian besar orang di Indonesia, momen lebaran udah pasti jadi momen untuk ngumpul dengan keluarga apalagi yang anak-anak rantau biasanya akan balik nih ke rumahnya di momen ini. Tapi sejak tahun 2020 itu kita gak bisa sama sekali melakukan yang biasanya ini. Terpaksalah aku sebagai anak kos cuma bisa mendep aja di kosan. Untungnya punya temen-temen kos yang seru banget jadi kita masak-masak tuh sehari sebelom lebaran jadi masih bisa makan lebaran dengan “proper”.

Setelah diizinkan untuk mudik dari pemerintah aku tinggal nunggu pengumuman dari kantor sebelum beli tiket takut ada sesuatu yang beda dan bener aja, kantorku liburnya 1 hari lebih cepat dari pemerintah (tanggal 28) dan masuk lebih lama 1 hari (tanggal 10), beruntung belum beli tiket jadi enggak salah tanggal. Saat itu aku ingat langsung beli tiketnya karena gak lama dari itu tiketnya jadi mahal banget dan tiba-tiba habis. Baru kali ini aku liat tiket pesawat ke rumahku habis, selama ini pasti ada yang nyisa.

Karena tahun ini pertama kalinya adikku pulang dari rantauan dan masih belum jelas tanggal kuliahnya akhirnya kami memutuskan enggak mudik. Yap, kami kalau mudik lagi itu ke Medan. Jadi aku mudik 2 kali, ke rumahku (orang tua) baru ngikut ke rumah kakek nenek. Meskipun liburnya cukup panjang tapi ya akhirnya kami memutuskan untuk liburan aja daripada mudik.

1 hal yang paling aku suka saat lebarannya di rumah adalah aku bisa nentuin makanan apa yang bakal dihidangkan saat lebaran, mulai dari makanan berat sampai kue lebarannya. Karena kami perantau jadi sudah pasti tidak punya keluarga sama sekali disini dan rekan-rekan kerja orang tuaku juga taunya kami biasa mudik jadi ya tamu yang berkunjung itu dikit banget jadi emang gak pernah menyiapkan kue lebaran yang banyak yang penting cocok untuk kami makan sendiri.

Tahun ini masih seperti biasa, kalau di rumah pasti akan masak rendang dan dendeng + sayur daun papaya. Bedanya kalau biasanya makan pake ketupat tahun ini kami makan pake lemang. Lemang itu kayak beras ketan tapi masaknya didalam bambu dan dibakar jadi akan ada bagian yang keras dan agak kayak kerak tapi malah itu yang paling aku suka, cocok banget dipakein dendeng dan rendang. Biasanya aku makan ini kalo mudik ke Medan aja karena orang sana pasti masakin tau kami sekeluarga suka banget tapi udah hampir 3 tahun gak mudik, kangen juga sih dan untungnya di Palembang ada yang jual (kalo masak sendiri susah euy apalagi cuma 1 doang).

Terlihat sedikit banget ya? hahaha karena emang cuma ber-4 di rumah dan aku juga minta untuk banyak makan diluar sih makanya enggak masak banyak. Karena tahun ini kemungkinan besar tahun terakhir kami disini sebelum pindah akhirnya aku memutuskan untuk puas-puasin cicip kuliner yang bakalan dikangenin. Palembang emang lebih cocok untuk wisata kulinernya daripada wisata alam, makanya aku pasti bakalan kangen banget makan-makanan disini yang susah dicari diluaran.

Setelah puas lebaran di Palembang sekalian berkunjung ke beberapa teman dekat keluarga sekalian pamit, kami memutuskan untuk liburan mulai Jumat, 6 Mei. Awalnya kami memutuskan untuk liburan ke Lampung tapi rasanya sudah terlalu sering sampai bingung pantai mana lagi yang ingin dikunjungi. Akhirnya memutuskan untuk nyebrang ke Anyer sekalian “mengantar” aku dan adikku ke rantauan. Memutuskan untuk naik mobil sendiri kami berangkat dari pagi-pagi sekali.

Salah satu cerita saat kami harusnya nyebrang adalah ketika kami kehabisan tiket kapal ferry yang express. Selama ini orang tua ku kalau nyebrang pasti beli yang express, tapi ternyata karena sudah dekat dengan puncak arus balik mudik tiket sudah ludes ntah sampai kapan. Untungnya kami masih dapat tiket yang reguler tapi dengan jam yang mepet, akhirnya ayahku ngebut bawa mobilnya. Tiket jam 11 dan kami sampai jam 10.30 di Bakauheni, entah beruntung atau gimana tapi ternyata salah satu kapal yang harusnya berangkat jam 10 butuh 3 mobil lagi sebelum kapal bisa berangkat, ambil kesempatan langsung aja ayahku ikut kapal yang jam 10 itu, toh yang penting tiket sudah dibayar dan emang diminta.

Apa sih bedanya kapal express dan reguler? Sepemahamanku kalau kapal express itu hanya mengangkut mobil pribadi dan orang sedangkan yang reguler akan bergabung dengan bis dan motor. Dari segi isi juga tentu lebih nyaman yang express karena ruang tunggunya banyak yang ber AC dibandingkan reguler yang harus bayar lagi kalau mau di ruang ber AC. Selain itu express juga punya dermaga sendiri jadi tidak perlu antri ketika menepi. Tapi, kalau reguler harus antri, kemarin aku ada kali menunggu hampir 1 jam lebih sepertinya bahkan kapalnya pun sampai diam tidak berjalan karena harus antri. Padahal kalau lama perjalanan ya sama saja, 1 jam.

Selama di Anyer kami memutuskan untuk menginap di Marbella Hotel, Convention & Spa Anyer. Salah satu alasan kami memilih ini sih karena harga, foto-foto sekilas yang terlihat di Instagram dan pantai. Harganya ya memang harga lebaran jadi udah pasti jauh lebih mahal dari biasa tapi namanya juga mau liburan ya pasti ada “harga” lah yang dikorbankan.

Sekilas info dan review tipis-tipis ya tentang hotel ini. Hotel ini tuh gede banget dan punya banyak banget kamar (tapi sepertinya beberapa udah dijadikan apartment) cuma sayang memang tidak terawat. Diceritain salah satu saudaraku kalo hotel ini tuh dulunya hotel megah dan langganan artis nginep atau acara, gak salah sih melihat lokasi yang luas banget. Tapi sepertinya sejak pandemi kualitas di hotel ini tuh turun jauh sekali.

Kami sekeluarga memilih kamar suite seharga Rp 2.200.000 per malam dan sudah include breakfast untuk 4 orang dan dapet diskon karena pesen langsung lewat WA bukan apps. Kamar suite ini terdiri dari 2 kamar, dapur (lengkap dengan kulkas dan microwave), 2 kamar mandi, ruang tamu, 2 balkon. Kamarnya sih gede banget jadi bisa lebih dari 4 orang malahan (karena kami malah ber-6) dan enak ada balkon bisa duduk-duduk nikmatin matahari terbit sampe tenggelam. Cuma karena memang seperti yang aku bilang diatas, ada banyak banget kekurangannya mulai dari kamar mandi, kasur, telepon, dll. Mungkin akan sedikit kecewa sih kalau melihat kamarnya dan dibandingkan dengan harganya.

Aku juga berpikir kalau pantai yang ada di hotel ini itu private beach jadi cuma pengunjung hotel saja yang bisa masuk tapi ternyata aku salah karena ini tuh pantainya nyatu alias panjang banget dari ujung ke ujung cuma memang pintu masuknya lewat hotel jadi kalau orang luar mau bermain / mandi-mandi air di wilayah hotel ini akan susah karena gak ada kamar mandi umum untuk bilas dan bersih-bersih sedangkan para tamu hotel otomatis akan mandi di kamar (jangan heran kalau lantai dan lift sering basah) paling hanya disediakan shower untuk membersihkan pasir diluar.

Tapi, ada untungnya juga sih karena ini pantai umum jadi banyak banget permainan dan semacam warung-warung yang jualan dipinggir pantai (yang gak aku temuin di Lampung kemarin). Jagung bakar, kelapa muda, otak-otak, berbagai mie dan nasi goreng, baju-baju pantai sampai jual seafood. Enak sih kita bisa numpang barang disalah satu warung, dijagain dan kita tinggal beli minum atau makan aja disana semacam tempat mangkal gitu karena gak ada pondok-pondok sewa yang sering ada di pantai. Mungkin salah satu alasannya tuh karena terlalu mepet dengan laut, bahkan pas kami disana warung-warung itu kemasukan air laut dan emang sudah biasa jadi memang deket banget.

Karena sekeluarga ku itu emang pada dasarnya suka banget berenang di pantai jadi emang udah pasti kami langsung main air. Pantainya enak banget! Memang bukan pasir putih seperti yang sering kami jumpai pas di Lampung tapi gak ada karang sama sekali jadi kalo kegulung ombak dan harus bertahan napak di pasir gak akan sakit apalagi ini enggak dalam sama sekali. Jauh dari bibir pantai aja masih seperut palingan, gak akan tenggelam kecuali pas ke gulung kena ombak (ombaknya gede banget jadi enak main seluncur-seluncuran). Aku juga nyobain banyak permainan selama disana, nyobain donat boat, paralayang, seluncur, dan jetski. Disana juga ada banana boat, Motor ATV, sewa ban. Seru banget buat liburan bareng keluarga.

Untuk harga tiap permainan itu dibandrol sekitar Rp350.000 sedangkan untuk sewa seluncur dan ban seharian itu Rp25.000. Kami sengaja memang tidak menawar (dan mungkin harusnya bisa) karena mereka cerita ini pertama kali pantai ramai lagi sejak 2 tahun pandemi jadi tidak tega juga untuk menawar harga. Untuk pembayaran sih kemarin masih cash ya tapi kalo dengan orang yang lain ada juga yang bisa cashless, tapi tetep aja untuk siapin cash agak banyak karena pasti bakal jajan-jajan juga tuh saking banyaknya. Kalo suka permainan-permainan wajib banget sih buat nyobain, aku sendiri juga pertama kali nyobain paralayang dan seru banget! Meskipun deg-degan banget sih pas udah diatas dan talinya bergetar setiap kapal yang narik itu belok.

Buat makanan gak usah khawatir sama sekali, gak perlu makan di hotel kalau gak pengen karena di depan hotel itu banyak banget yang jualan, apalagi seafood. Makanannya enak dan harganya juga murah-murah banget! Sepanjang jalan itu banyak resto yang jualan seafood dan ada juga kok yang jualan makanan lain semacam sop ikan atau juga jualan nasi goreng ada. Tinggal jalan kaki aja bisa dapet resto yang enak. Saat sampai Anyer kami langsung cari makan karena belum makan sama sekali sejak turun dari kapal (untung gak menyerah dan malah makan nasi padang saking lapernya), kami sekeluarga makan dengan menu ikan bakar, cumi, sayur, tempe mendoan dan es-esan itu cuma habis Rp250.000 padahal porsinya tuh gede banget dan sampe kenyang banget untuk 4 orang. Buat kami yang tinggal di Sumatera dan lihat porsi makan seperti itu dan dapet harga segitu udah bahagia banget dan tentunya kaget!

Meskipun sedikit kurang puas dengan penginpan tapi quality time bersama keluarga itu dapet banget. Liburan yang beneran liburan dan nikmatin banget waktu untuk istirahat. Capek pun capek karena senang-senang, bener-bener mengobati liburan 2 tahun yang harus terlewatkan. Semoga kedepannya pun masih bisa liburan dengan bebas dan teman-teman semua selalu jaga kesehatan! Temen-temen sendiri gimana cerita liburannya?

Post a Comment

20 Comments

1. Aduh aku pingin nyobain naik parasut itu🥺 Luaran hotelnya bagus banyak pohon kelapanya, kirain dalamnya bakal modern tapi ternyata agak tradisional ya furniturnya. Akhirnya ya tahun ini bisa mudik dan liburan lagi, alhamdulillah. Semoga semakin membaik. Tahun ini aku liburannya juga ke pantai, mba Tika. 😁

Replies
    1. Seru Mbaaa, kalo ada kesempatan harus banget nyobain!
      Iya Mba ini kayaknya emang masih jadul2 banget isinya mungkin karena hotel lama sih ya makanya mereka sulit untuk upgrade.
      Iya Mba, aamiin semoga bisa lebih baik lagi dari sekarang. Wah liburan kemana nih Mba?

Delete
  2. Alhamdulillah ya Kak, setelah 2 tahun belum bisa liburan. Akhirnya bisa dibayar tunai saat ini, liburan bersama keluarga.

Quality Time dapat, pengalaman baru juga dapat hehe. Semoga selalu sehat keluarga di sana Kak.

Replies
    1. Iya nih, alhamdulillah tahun ini bisa kumpul lagi. Semoga tahun2 selanjutnya juga nih. Sehat selalu juga untuk keluarganya

Delete
  3. Emang saat liburan tih saatnya quality time bersama keluarga ya Kak. Aku baru lihat orang paralayang aja kaki udah geli, hebat kakj berani bangettt.

Replies
    1. Awalnya aku juga takut, tapi lama2 penasaran dan ternyata seru banget!

Delete
  4. Alhamdulillah. Selamat, ya, Kak, akhirnya bisa mudik lagi. Langsung sambil liburan lagi.
    Sebagai orang rumahan, penasaran banget gimana rasanya nyebrang pulau pakai kapal.

Replies
    1. Iya nih, penantian 2 tahun akhirnya terbayarkan dengan tuntas. Seru kak! Kalo ada kesempatan harus nyoba yaa

Delete
  5. Wahh seru banget keliatannya kak. Lokasi dan tempatnya juga keliatan adem. Jadi pengen ke sana juga hehe

ReplyDelete
  6. Ya Allah jadi pengen mudik juga setelah 4 tahun kagak pulang. Sayang di riau belum masih tempat wisatanya..

Replies
    1. Wah... semoga bisa segera mudik ya... Aku belum pernah nih ke Riau, mungkin kalo mau main bisa main ke kota tetangga

Delete
  7. Waalau sedikit kurang puas untuk penginapannya, tapi sejauh mata memandang di luar penginapan bagus sekali ya itu mba.. Kolam jernih, bisa main paralayang juga, dan permainannya lengkap banget tuh.. Dan memang yg utama bisa family time keluarga ya mba :D

Replies
    1. Iya bener banget, untungnya sih puas banget buat main dan kumpul2 keluarga jadi ya gak zonk-zonk banget deh kesini

8. Seruuuu banget!
    Btw hotelnya keren juga ya, kirain pakai private beach ya :D
    Cuman enaknya kalau pantai buat umum itu, apa-apa masih bisa dibeli dengan harga yang masuk akal, coba kalau milik hotel, uwowwww harga-harga jajanannya hahaha.

Replies
    1. Awalnya aku juga mikir ini ada private beach nya ternyata bukan. Tapi bener sih kalo milik hotel malahan gak ada yang jualan gitu jangan2 ya Mba

Delete
  9. liburan pasca lebaran ini jadi momen yang banyak orang lakukan yaa, tapi malah aku baru keinget kalau di keluargaku liburan ni malah jarang banget. Biasanya lgsg pada bablas giliran ke rumah mertua masing-masing. yang masih single ya di rumah aja jadinyaa. huhu

Itu hotel fasilitasnya kayak udah lama-lama juga ya mbak tik. Sayang banget sih, jadi malah pada berkurang pelanggannya ya..

Replies
    1. Iya Mba, kayaknya udah lama gak kumpul sama keluarga jadi langsung liburan deh abis lebaran.

Bener Mba, sayang banget sih. Mungkin karena biaya operasionalnya yang juga gede banget gak nutup karena pandemi ya

Delete
  10. Hotel semahal itu tp banyak poin minusnya, sayang banget ya kak. Tapi kayaknay seru banget stay di hotel yg deket pantai gini. Tahun in aku belum mudik, tapi Natalan 2021 sempat mudik ke Lampung

Replies
    1. Iya bener banget, cukup disayangkan sekali sih. Tapi, emang nilai plusnya sih puas banget buat ke pantainya.
      Seenggaknya udah sempet ketemu sama keluarga ya Mba meskipun bukan pas libur kemarin