REKAM JEJAK UMROH 9 HARI DI TANAH SUCI - PART 2

Melanjutkan cerita perjalanan Umroh yang lalu, sebelumnya aku bercerita tentang kegiatan aku selama 3 hari di Madinah kini aku akan melanjutkan cerita di Mekkah. Jauh lebih capek dan jauh lebih padat kegiatan yang kami lakuin.

1 Januari 2023 - 2 Januari 2023

Kalo orang bilang “enak banget ngerayain tahun baru di Arab”. Aku enggak merasakan maupun ngerayain apapun gaesss. Tanggal 31 Desember 2022 aku tidur cepet dan sibuk packing, kenapa? Karena 1 Januari itu aku bakalan berangkat ke Mekkah dan langsung melanjutkan umroh. Beruntungnya aku mendarat di Bandara Madinah aku tidak harus langsung umroh dan bisa istirahat dulu beberapa hari, tapi kalo yang mendarat di Jeddah harus banget langsung melaksanakan umroh.

Beribadah seperti biasanya di subuh, sebelum sholat Zuhur kami rombongan tour mengunjungi Makam Rosul, emang gak masuk (gak akan bisa) tapi cuma dari luar dan berpamitan kepada Rosul. Mengucapkan salam dan doa, berharap semoga suatu hari bisa berkunjung lagi kesini.

Siap-siap dengan ihrom kami menuju ke Bir Ali untuk mengambil Miqat dan berniat umroh. Setelah mengambil Miqat maka semua larangan umroh telah berlaku dan harus dijaga sebaik-baiknya supaya tidak perlu kena Dam. Sedikit info, sebaiknya kalo kalian juga ambil Miqat di Bir Ali dari Madinah, sebaiknya sudah wudhu dari hotel karena itu tempatnya deket banget. Gak ada 1 jam, daripada harus antri lama lagi untuk wudhu (ruame banget) apalagi kita ngejer waktu untuk ke Mekkah supaya bisa sampe sebelum jam 10 malam di Mekkah. Segera sholat sunnah dan berangkat lagi ke Mekkah.

Bir Ali

Perjalanan 6 jam lamanya, dengan istirahat 1x di rest area, kami sampai hotel jam 10 kurang dikit. Langsung makan malam dan pembagian kamar. Itupun enggak sempat nata koper atau yang lain, bener-bener cuma masuk kamar, tarok ransel dan gantian untuk wudhu. Jam 12an malam baru kami menuju ke Masjidil Haram untuk melakukan umroh.

Aku gak tau apakah pintu lain ada yang bisa langsung menuju ke Ka’Bah tapi kami kemarin diarahkan ke pintu 79. Lewat pintu ini lah kami bisa langsung menuju Ka’Bah. Pertama kali liat Ka’Bah beneran gak bisa percaya, kayak masih mimpi dan aku terharu banget bisa liat langsung Ka’Bah dari dekat dan ada di depan mata. Untuk umroh wajib pertama ini kami gak bisa deket-deket Ka’Bah karena Kiswah nya wangi takut malah melanggar larangan akhirnya cuma bisa dari jauh saja.

Umroh jam 12 lewat jangan harap itu sepi ya, ruame banget. 24 jam tuh kayaknya gak akan berhenti deh yang umroh kecuali pas sholat wajib. Mulai dari Thawaf, Sai dan Tahalul semuanya selesai jam setengah 4 pagi. Lumayan lama memang dan capek, apalagi Sai, paling capek menurutku karena ya namanya juga lari antar bukit beneran kita naik turun juga kayak di bukit.

Setelah selesai itu sudah tanggal 2 Januari dong dan kami dapat sedikit hari bebas untuk istirahat. Sayangnya kaki ini gak kuat untuk bolak balik dari hotel ke Masjidil Haram jadi Subuh cuma di kamar aja. Abis Subuh langsung tidur sampe agak siangan. Sarapan aja telat saking capeknya badan. Tapi, sorenya kami langsung ke Masjidil Haram untuk solat dan jalan-jalan sedikit disana melihat ada apa di Mekkah alias nuker uang juga dulu karena uang Riyal udah mulai menipis.

3 Januari 2023

Dapet kabar kalo kami akan melakukan Umroh ke-2 hari ini! Padahal rencanya hari ini itu untuk mencium Ka’Bah dan umroh ke-2 masih akan besok tapi, lagi-lagi jadwal padat menghantam kami. Kami hari ini akan City Tour di Mekkah yang akan dilanjutkan langsung Umroh ke-2. Biasanya Umroh ke-2 ini untuk Umroh Badal untuk keluarga atau orang tua yang sudah meninggal. Tidak wajib tapi sayang aja udah kesini gak umroh lagi kan (meskipun fisik belom pulih-pulih amat).

Paginya kami jalan-jalan dulu ke Jabal Tsur, sayangnya kami gak bisa turun karena rame banget dan tidak diizinkan lagi untuk turun akhirnya kami melanjutkan aja perjalanan ke Arafah dan Jabal Rahma, Arafah biasanya jadi tempat menunggu orang-orang haji jadi ketika kami datang ya gak ada apa-apa tapi di Jabal Rahma katanya jadi tempat ketemunya Nabi Adam dan Hawa, sayangnya kami gak bisa naik karena cuaca mendung banget dan gerimis akhirnya cuma bisa melihat dari jauh aja.

Jabal Tsur

Jabal Nur

Jabal Rahma

Melanjutkan perjalanan kami melihat Mina, Jabal Nur (tempat Gua Hira berada) dan berkeliling melihat kota Mekkah melewati Masjid Jin, Maqam Ma’la dan sebelum Zuhur kami ke Ji’ronah untuk mengambil Miqat umroh yang ke-2 ini. Sesampai di hotel kami tidak langsung umroh tapi makan dulu karena butuh energi yang besar untuk umroh lagi.

Masjid Jin

Mekkah

Sekitar jam 2 kami baru berjalan ke Masjidil Haram dan melaksanakan umroh yang ke-2. Hari yang padat karena dari pagi sampai isya kami full berada di kawasan Masjidil Haram. Bahkan kami sempat berkunjung ke rumah Nabi Muhammad dan Wudhu di sumur zam-zam dekat rumah Rosul.

4 Januari 2023

Jam 1 pagi para jemaah kumpul lagi. Tidak semuanya ikut dan ini bukan kegiatan wajib tapi yang ingin mencium Ka’Bah ini lah saatnya. Aku tentu tidak ingin melewatkan kesempatan ini dong dan membujuk sekeluarga ku untuk ikut. Disini perang ke-2 terjadi.

Untuk mencapai Ka’Bah tentu kami harus melawan arus orang-orang yang sedang umroh. Ada 2 tujuan kami yaitu Rukun Yamani dan Hajar Aswad. Melawan orang-orang yang memiliki tujuan sama, berdempet-dempetan, dorong mendorong sambil nyelip kami berhasil mencium Rukun Yamani. Tapi, Hajar Aswad jauh lebih sulit 100x. Menuju Hajar Aswad itu sulit banget, didorong, digencet, sama sekali gak bisa. Melihat wujudnya aja aku gak bisa. Bayangkan orang-orang yang badannya gede itu semua mau mencium Hajar Aswad. Daripada terjadi hal-hal yang tidak diinginkan akhirnya kami menuju pintu Ka’Bah saja. Berdoa dan mencium pintu Ka’Bah lalu melihat Makam Ibrahim yang ada telapak kakinya di dekat Ka’Bah. Diajak untuk sholat di Hijr Ismail tapi yang antri panjang banget dan rebutannya mirip di Rhaudoh. Lebih parah karena pria dan wanita campur. Akhirnya memutuskan untuk tidak ikut solat disana. Memang Hijr Ismail dikatakan sebagai tempat yang mustajab untuk berdoa.

Sebenarnya kedua sudut Ka’Bah ini tuh cuma sunnah untuk diusap dan dicium, karena emang Nabi Muhammad melakukannya saat thawaf. Tapi,katanya kalau sudah berdesak-desakan sih tidak dianjurkan. Tapi, namanya manusia ya….. penasaran dan pasti pingin juga apalagi bisa berkunjung ke Ka’Bah tuh mungkin cuma sekali seumur hidupnya, gak ada yang tau umur makanya masih aja dilakuin juga.

Siangnya kami ke Pasar Murah Mekkah disini tujuannya udah pasti untuk memborong oleh-oleh karena besok malam kami sudah harus pulang ke Indonesia.

5 Januari 2023

Hari terakhir di Mekkah. Sedih bukan main karena tiba-tiba sudah harus meninggalkan Tanah Suci aja. Selesai Subuh kami semua melakukan Thawaf Wada atau Thawaf perpisahan. Kalau sudah melakukan Thawaf Wada kami sudah tidak bisa lagi masuk ke Masjidil Haram dan harus langsung pulang. Dulu kata Mamaku seharusnya Thawaf Wada dilakukan sebelum naik ke bus supaya selesai bisa langsung naik bus dan berangkat ke Bandara. Tapi, karena sekarang aturannya lelaki harus pake Ihrom kalo masuk ke Ka’Bah maka diubah waktunya jadi Subuh supaya sempat untuk ganti pakaian lagi.  Dan salah satu yang paling diingat itu saat Thawaf Wada kami kehujanan, yap gak bisa berhenti dan cuma bisa lanjut terus sampe selesai. Kaos kaki banjir, baju basah, sholat sunnah pun basah-basahan. Mulai dari kering-basah-sampe kering lagi di badan. Bener-bener ini yang bikin drop juga nih badan.

Jam 2 kami langsung meninggalkan Mekkah dan menuju Jeddah. Kami angkat berangkat naik pesawat jam 12.30 malam dari Jeddah dan sampai di Indonesia jam 14.30 waktu Indonesia.

Sedikit cerita sebenarnya sejak di Madinah dan Mekkah aku itu udah nyari-nyari banget ayam viral yang katanya enak banget dan cuma bisa dibeli waktu umroh yaitu Al Baik! Sayangnya waktu di Madinah aku gak nemu dan di Mekkah itu antirnya luar biasa panjang, gak ada waktu untuk antri lama karena keburu sholat biasanya. Satu-satunya harapan yaitu di Jeddah. Sebelum ke Bandara kami mampir dulu di Toko Ali Murah, dekat situ aku nonton di Tiktok ada yang “jastip” Al Baik dan akhirnya aku dapat! 25 Riyal atau 100Ribu rupiah untuk dapat ayam, kentang dan roti. Sedikit info kalo Al Baik Madinah ini akan dapat ayam kalo Al Baik Mekkah dapetnya nugget aja tapi yang di Jeddah ini dapatnya ayam.

Sedikit review dari aku, ternyata biasa aja hahahahaha aku gak tau karena udah makannya dalam keadaan dingin atau gimana. Emang pas dibeli masih panas cuma ya sampe bandara dan baru dimakan malem itu udah dingin, kentangnya udah keras dan ayamnya juga gak spesial-spesial amat kalo menurutku. Bumbunya emang beda dan dapet saos Garlic gitu cuma ya gak se-istimewa yang aku bayangkan karena review nya yang heboh banget. Akhirnya ya cuma dimakan aja karena kebetulan sekeluarga laper. Aku malah penasaran yang nugget Al Baik karena kata ustad yang bimbing kami yang spicy enak banget, semoga suatu saat bisa kesana lagi dan nyicip.

Abis ini aku mau share sedikit tips yang siapa tau berguna untuk kalian yang mau umroh!

1. Siapin fisik dan mental karena emang capek yang super capek banget. Di Indo kalo perlu latian jalan sampe 7 km jauhnya! Karena kata ustad aku total perjalanan dari Thawaf dan Sai 7x itu bisa 7 km dan belom lagi perjalanan dari hotel ke Masjid yang bener-bener membutuhkan kaki yang kuat. Setiap hari bisa jalan lebih dari 10.000 langkah malah 20.000 langkah loh

2. Bawa counterpain! Hahahaha sumpah ini penyelamat banget. Setelah umroh tuh kerasa banget betis dan telapak kaki yang sakit dan pegel. Minimal pake counterpain bisa bikin bertahan untuk beraktivitas besoknya.

3. Bawa long john atau jaket! Di Madinah itu dingin banget banget, lebih ke anginnya yang kenceng banget sih. Jadi bisa bikin flu kalo kelamaan kena angin. Pernah sekali aku gak pake dan beneran besoknya langsung gak enak badan. Wajib sih kalo kalian umroh di musim dingin kayak aku.

4Prepare kaus kaki yang lebih, ini lebih ke kondisional sih karena pas aku kemarin tuh musim hujan di Mekkah jadi setiap hari basah banget. Bener-bener jemur kering pake banget kemarin aku.

5. Kalo mau bawa oleh-oleh yang banyak, atur bawaan dari Indonesia. Jangan terlalu banyak bawa baju. Hitung dari awal setiap harinya mau pake baju apa di hari apa. Penyelamat bagasi daripada harus nambah koper.

6. Selanjutnya ini agak pro dan kontra sih, tapi kalo kalian perempuan dan masih haid ada baiknya untuk konsul ke dokter supaya dapat obat penunda haid kalo kalian tanggal tepat pas umroh. Aku kemarin tiba-tiba maju tanggal haid nya sehingga pas umroh bisa-bisa aku halangan, akhirnya aku pun konsumsi obat non stop sampai balik lagi ke Indonesia. Ada yang bilang itu melawan takdir, tapi kalo aku sih lebih ke sayang aja. Udah jauh-jauh ke Tanah Suci dan gak bisa ibadah dengan lengkap disana? Bisa menyesal seumur hidup sih. Gimana kalo aku gak punya umur dan gak bisa balik lagi? Makanya aku pakai obat itu supaya ibadahnya gak keganggu sama sekali. Harus pinter ngitung sih, jangan sampe udah di Tanah Suci dan gak siap. Mau cari obatnya kemana…

7. Tukar uang kalian ke Riyal di Indonesia aja. Emang di beberapa tempat kalian bisa bayar pakai uang rupiah apalagi sebenernya banyak dari mereka juga bisa dikit-dikit bahasa Indonesia. Tapi nilai tukarnya tuh agak mahal. Money Changer pun rame banget dan gak pernah sepi. Daripada habis waktu untuk antri di Money Changer aku saranin banget udah tuker uangnya sejak dari Indonesia tapi tetep bawa uang rupiah ya! Terkadang itu tetep dibutuhkan juga loh!

Begini lah perjalanan 9 hari kami dari Indonesia-Madinah-Mekkah-Indonesia lagi. Perjalanan super capek tapi gak ada beban sama sekali. Setiap hari kerjaannya cuma bangun dan berangkat ke masjid buat sholat. Kalo gak sibuk jalan-jalan disekitar masjid yang sayangnya gak bisa aku lakuin karena gak ada waktu. Salut sama orang-orang yang sempet wisata kuliner disana, badannya kuat sekali! Aku kalo gak dipaksa kemarin gak akan deh bisa kebeli oleh-oleh hahaha mengorbankan istirahat untuk berjalan sedikit aja udah luar biasa effortnya. Semoga ceritanya bisa dinikmati dan tips nya berguna untuk temen-temen semua!