TODAY'S CHOICE EP. 1 : BUKU POPULER YANG GAK AKAN AKU BACA


Episode pertama dari Today’s Choice akhirnya tayang! Yeayyy awalan yang baik untuk konsisten hahaha. Episode pertama ini udah dimulai dengan topik yang mungkin bisa mengundang amarah beberapa orang. Jadi alasan utama aku milih topik ini  untuk dibahas ya karena bagiku ini paling mudah untuk dibuat dan ditentukan oleh aku sendiri.

Karena ini pribadi pendapat aku jadi udah pasti akan ada beberapa orang yang suka banget sama buku-buku ini dan aku tidak bermaksud menyinggung sama sekali ya. Pemilihan bukunya gimana sih? Kok bisa belom dibaca tapi udah memutuskan untuk dibaca? Aku sebelum baca sebuah buku biasaya akan cari review dan spoiler yang bereda, yap I LOVE SPOILER! Nah karena aku membaca untuk senang-senang aku emang menghindari bacaan yang bisa bikin aku stress banget, apalagi kalo bukunya ternyata series populer, biasanya aku tunggu bukunya agak banyak baru memutuskan baca atau tidak berdasarkan cerita orang-orang, apalagi aku udah kayak punya patokan reviewer yang sejalan banget sama yang biasanya aku rasakan.

Untuk kategori populer, ini aku ambil dari buku yang selalu muncul ntah di twitter, tiktok, instagram, goodreads atau dimanapun. Intinya ini populer bagiku karena orang-orang gak berhenti omongin di social media aku dan tentunya pembaca di goodreads juga banyak ya.

Ada sekitar 8 buku untuk saat ini dan apa aja kah bukunya?

Blood and Ash series by Jennifer L. Armentrout

goodreads

Sebagai salah satu pecinta genre fantasy-romance kayaknya ini tuh salah satu series yang ruame banget dibicarakan. Bukunya tuh ada banyak banget, 6 buku kalo gak salah dan yang baru terbit itu 4 buku. Dengan 4 buku kira-kira ada 700ribu orang yang sudah baca buku ini, rating-rating bukunya pun tinggi dan beberapa kali juga masuk ke Goodreads Choice Awards. Semakin semangat lah aku untuk baca buku ini, tapi emang sengaja untuk nunggu banyak dulu yang terbit baru memutuskan untuk baca.

Sayangnya, waktu buku kesekian terbit dan aku baca-baca reviewnya ada banyak banget yang kecewa dengan jalur yang diambil oleh penulis dalam mengolah tokoh-tokohnya. Kebetulan itu cukup mengganggu buat aku dan aku sedikit kecewa sih karena aku sempet baca dikit buku pertama dan cocok, tapi kenyataan yang mengganggu ini membuat aku malah jadi kehilangan minat sama sekali waktu baca. Apa yang mengganggu aku yaa silahkan baca review buku terakhir aja deh supaya paham juga.

 

The Infernal Device series by Cassandra Clare

goodreads

Salah satu penulis fantasy yang udah lama banget berkiprah dan buku-bukunya juga populer semua. Awalnya pengen juga untuk terjun ke dunia Cassandra Clare ini karena bukunya tuh udah banyak banget dan kayak saling berhubungan gitu. Awalnya aku mau coba mulai baca dari The Infernal Device series yang timeline nya itu paling awal katanya sih dari dunia Shadowhunters.

Series pembuka ini ada 3 buku, ketiganya punya rating yang bagus banget dengan diatas 4 semua apalagi total pembaca buku ini di Goodreads hampir 2 juta orang. Tapi buku ini tuh punya trope yang paling aku benci dari seluruh trope di buku, love triangle. Buku-buku dengan trope ini tuh berujung tidak menyenangkan dan bikin aku tuh males baca. Ada 2 series lain yang punya trope ini berakhir bikin aku slump dan gak menikmati sama sekali dan akhirnya DNF. Daripada menyiksa diri akhirnya aku memutuskan untuk gak ikutan menyelam ke dunia ini.

 

The Twilight Saga by Stephenie Meyer

goodreads

Buku fenomenal dengan adaptasi film lengkap satu ini sama sekali gak berhasil untuk bikin aku melirik buku ini. Dengan pembaca hampir 10 juta orang untuk ke-5 bukunya udah cukup menggambarkan betapa populer series ini kan. Waktu bukunya keluar saat itu aku belum tertarik untuk baca buku fantasy romance, nonton film pertamanya malah membosankan buat aku. Aku yakin buku dan film pasti berbeda tapi sampai buku terbarunya terbit tahun 2020 lalu aku juga udah gak berminat sama sekali ikutin. Mungkin karena first impression yang kurang baik dari buku ini makanya aku juga jadi agak malas untuk ikutin selanjutnya.

 

Bumi Series by Tere Liye

goodreads

Oke fans Tere Liye jangan serang aku. Aku gak mau baca buku ini bukan karena penulisnya kok (eh) tapi karena emang bukunya udah kebanyakan dan aku gak sanggup ngikutin. Sampe tulisan ini di posting di blog, buku Bumi series ini udah ada 14 buku dan aku gak tau akan sejauh apalagi buku ini melangkah. Udah banyak banget pembaca-pembaca yang bilang betapa bagusnya buku ini, secinta apa mereka sama series ini, se-excited apa mereka setiap ada pengumuman buku barunya tiap tahun. Sayangnya aku merasa sudah cukup tertinggal dan terintimidasi dengan jumlah bukunya yang membuat aku memutuskan gak usah ikutin sama sekali deh dari awal. Padahal ini tuh buku fantasy dan dari Indonesia, aku udah pasti bakal suka tapi ya kali ini aku memutuskan untuk skip dulu.

 

It End With Us by Colleen Hoover 

goodreads

Gak usah ditanya se populer apa buku ini, gak di tiktok, instagram, twitter banyak banget yang nyaranin untuk baca buku ini. Buku-buku Hoover tuh udah terkenal angst-nya ya dan berat. Aku baru baca 1 buku emang dan aku akuin itu emang agak mental breakdown tapi aku lumayan suka bukunya. Sejujurnya emang berat banget untuk baca buku dengan topic toxic relationship di dalamnya. Buku ini udah dibaca oleh lebih dari 2 juta orang, rating diatas 4 dan jadi pemenang di Goodreads Choice Award tahun 2016. Akhirnya aku juga memutuskan untuk baca dong tapi emang buku yang rame banget diomongin orang tuh justru bikin aku makin ragu untuk baca akhirnya aku malah sibuk bacain spoiler dan review orang-orang yang berakhir bikin aku memutuskan untuk gak baca.

Sebenernya yang paling bikin aku males baca itu karena disini ceritanya berputar di tiga tokoh, jadi aku yakin ini adalah love triangle yang bikin aku udah makin males untuk baca. Belom lagi ini ternyata lumayan punya trigger warning yang berat ya kayak abuse, domestic violance yang bikin aku mikir kayaknya gak dulu deh baca buku ini, aku takut stress duluan meskipun yaa endingnya mau bahagia atau gimana pun.

 

The Song of Achilles by Madeline Miller

goodreads

Sebenernya aku udah coba baca buku ini sampe 2 bab karena banyak banget yang nyaranin untuk baca buku ini.  Tapi aku gak bisa connect dengan cerita di buku ini. Akhirnya memutuskan untuk baca-baca review dulu sembari mencari alasan untuk melanjutkan buku ini eh ternyata buku ini tuh ada unsur LGBT untuk tokoh utamanya. Aku gak pro dan kontra tentang hal ini sebenarnya, tapi karena tidak cocok dengan keyakinan aku dan aku juga gak bisa baca akhirnya memutuskan untuk tidak melanjutkan sama sekali. Ini sih salah aku juga ya yang gak riset terlebih dahulu dan langsung baca-baca aja ikutin orang yang emang lagi ramai diomongin.

 

Throne of Glass series by Sarah J. Maas

goodreads

Satu-satunya alasan aku gak akan baca buku ini sih karena seriesnya yang cukup panjang. Aku sudah baca buku Sarah J. Maas yang ACOTAR series dan suka sama series itu meskipun aku gak lanjutin sih dan berhenti di buku ke-3 yang sebenernya juga udah tamat disitu. Nah series kali ini tuh ada 7 buku yang bikin aku tuh udah capek duluan dengernya apalagi buku-bukunya Sarah tuh tebel banget, nyita waktu pastinya. Lagi-lagi terintimidasi dengan panjangnya buku aku akhirnya berhenti sebelum memulai deh.


A Little Life by Hanya Yanagihara

goodreads

Yang paling mengintimidasi dari buku ini sih udah pasti tebelnya ya. 700++ halaman! Oke lah kalo bukunya itu tipe-tipe fantasy atau action pack gitu mungkin aku akan sanggup bacanya. Tapi dari trigger warningnya aja udah tau kalo buku ini tuh berat banget. Bermain di sisi mental health kayaknya aku gak akan cocok baca buku ini. Bukunya yang bikin depresi banget kayaknya juga menjadi faktor utama aku menghindari buku ini. Sampe sekarang aku cuma liat-liat aja kalo ada yang review atau share video tentang buku ini karena aku tau aku gak akan baca tapi se enggaknya aku bisa tau lah apa yang dibahas di buku ini.

Fyuhh akhirnya selesai juga cerita panjang tentang buku-buku yang gak akan pernah aku baca. Buat penggemar buku ini, ini bukan berarti aku benci atau bilang buku ini engga bagus ya. Semua alasan yang aku paparkan itu cuma pure dari aku aja dan gak ada pengaruh darimana-mana. Kalo temen-temen ada gak sih buku yang gak akan atau gak mau dibaca sama sekali?

Next week Ep.2: Film dan Drama Korea yang bikin banjir air mata

Post a Comment

14 Comments

  1. Ini mah lebih ke males baca kayaknya wkwk
    Padahal review kadang bener kadang berlebihan memberi penilaiannya, sama kaya pas aku mau nonton movie, kadang suka terpengaruh sama review, tapi seringnya tetep aku tonton dan ya hasilnya gak buruk" amat kaya review orang"

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk yaa males baca kan pasti ada alasannya juga makanya bikin males
      yap betul emang review itu subjektif sih tapi kalo aku pribadi sih melihat review tentang konten yang terjadi di buku alias spoilernya makanya bisa memutuskan lebih baik menghindari daripada yaaa ikutan stress atau gimana itu 😂

      Delete
  2. Makasih banget nih insight nya kak. Membantu banget soalnya hampir mau baca yang it ends with us.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini insight yang aku dapat setelah baca baca dan nonton review. Mungkin bisa coba kepoin review atau spoiler lain supaya dapet insight yang berbeda juga :)

      Delete
  3. salam kenal kak,
    liat blog ini dari 1m1c, tertarik karena sama nichenya. :-)
    kalo saya sih setuju, ga bakalan baca semua buku di daftar itu... kecuali Bumi, mungkin.
    tapi alasannya cuma satu, karena pake bahasa inggris. saya suka sedih bacanya, sedih karena ga ngerti. T-T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo salam kenal juga ya 😊
      Hahahaha bisa kok mulai belajar buat baca buku bahasa Inggris, lumayan loh nambah skill Bahasa Inggrisnya

      Delete
  4. saya cuman tau yang twilight doang ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang paling populer sih yaaa dan udah lama banget juga soalnya kan buku ini

      Delete
  5. MbaTika iniii seru banget segmen barunya...kayaknya aku mau ikutan juga deh wkwkkw (mentok gak punya ide tulisan lain).

    anyway, mengenai Twilight, dulu aku pertama kali nonton film nya duluan baru baca novelnya Mba....tapi aku malah udh lupa novelnya kayak apa hahaha, seingetku memang ada perbedaan; ada beberapa bagian yg gak dimasukkin dalam film. Dulu sebelum suka fantasy, biasanya baca novel genre apa Mba?

    aku justru penasaran sama a little life, tapi udah terintimidasi duluan sama jumlah halamannya, dan belum lagi itu berbahasa inggris, gimana kalo udh ada yg versi terjemahannya ya, kemungkinan bisa lebih tebal dari itu ://

    Tulisan yg bagus Mba! aku suka sukaa ;3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yukk Reka bikin jugaaa

      Kayaknya emang problem buku yang difilmkan itu selalu sama ya. sulit untuk masuk semua ke dalam film. Hmmm dulu aku sukanya sih baca genre detective dan mystery gitu Reka, kenyang banget dulu baca buku-bukunya Agatha Christie hahaha

      Asli sih A Little Life itu 700 halaman lebih loh, wah kalo diterjemahin bisa-bisa mendekati 1000 halaman tuh, makin tebel ajaa

      Makasih udah berkunjung lagi Reka 😆

      Delete
  6. Wah aku penasaran sama judulnya Todays Choice tayang eps 1 apa ini mba???? Dari semua buku aku taunya Bumi doang. Aku sebenarnya ngikutin buku ini sampe seri berapa ya lupa aku memutuskan untuk berhenti. Bukan krn ngga bagus tp bersambung terus. Dan aku baru tau kalo seri buku ini akhirnya banyak bgt. Ngga sanggup untuk ngikutin deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini segmen baru di blog aku sih biar bervariasi aja gak melulu review buku atau film hehehe, udah aku jelasin sih di Ep.0 nya tapi intinya sih ini kayak posting rutin tiap minggu dimana aku udah nentuin tema sesuatu dan aku bakal kasih rekomendasi atau semacam list gitu sesuai dengan tema yang aku bawa minggu itu.

      Yap, sebenernya aku juga penasaran banget sama Bumi Series kayak buku ini tuh rame banget dan banyak banget orang2 yang suka... otomoatis penasaran ya... cuma bener bgt terlalu banyak sampe gak sanggup ngikutin kayaknya

      Delete
  7. Sama, Mbak Tik. Aku juga males baca bumi series gara-gara saking banyaknya. Saking banyaknya sampe bingung, ini urutan yang bener setelah bumi lalu judul apa lagi, dan judul apa lagi setelah itu. Kayaknya selain kebanyakan seri juga gara-gara aku udah telat banget deh, mau ngikutinnya. Wkwkwk.

    Kalau yang It Ends With Us. Aku suka banget 🥺. Padahal angst dan ada domestic abuse yang bisa mentrigger sebagian orang lho. Aku curiga kalau aku orangnya suka menyiksa diri sendiri 🙈

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iyaa Mba, timeline nya juga agak kacau yaaa engga sesuai dengan terbit nya buku. Sama sih karena aku juga udah telat ngikutin, kalo dari awal udah ngikutin mungkin sekarang mah udah terima-terima aja yaa

      Nah itu dia mbaaa, banyak banget yang suka tapi angst nya yang bikin aku ragu karena aku ga terlalu suka yang angst parah, mana buku CoHo kan yaaa terkenal angstnya parah wkwkwk. Hahaha suka menyiksa diri dengan bacaan yang bikin kesel sendiri yakk 🤣

      Delete