[REVIEW] NOVEL PENAKA - ALTAMI N.D.

Semua review disini murni pendapat pribadi dan tidak berniat menjelekkan atau mengagungkan karya orang lain. Setiap orang memiliki selera bacaan masing-masing. Terima kasih.

goodreads

Judul: Penaka

Penulis: Altami N.D.

Tanggal Terbit: 28 September 2022

Jumlah Halaman: 216  halaman

ISBN: 9786020664118

Bahasa: Indonesia

BLURB

Pernikahannya memang baru berumur dua tahun, tapi Sofia sudah mau menyerah saja. Suaminya tidak hanya kecanduan game online, tapi juga super berantakan. Laksana bahkan beberapa kali membahayakan anak mereka tanpa sadar. Ngawur!

Karena tidak mau terjebak lebih lama, Sofia minta cerai. Ia bertekad mewujudkan impiannya agar tidak lagi merasa ketinggalan dari orang-orang di sekelilingnya. Namun, sehari setelah berikrar siap menjadi single parent, Sofia terbangun dan menyadari dirinya berubah menjadi... botol minum!

Sofia panik. Ia tiba-tiba berubah menjadi kucing, anjing, atau orang asing. Situasi ini membingungkan! Apalagi ketika ia menemukan rahasia-rahasia tak terduga dari orang-orang terdekatnya.

Lalu, bagaimana dengan rencana-rencana hidupnya? Bagaimana nasib anak semata wayangnya yang masih balita? Sofia harus segera menemukan cara untuk bisa kembali ke wujud asalnya.


REVIEW (bisa mengandung spoiler!)

Buku ini tuh punya blurb yang menarik banget yang bikin aku tertarik banget untuk bisa segera baca. Konflik tentang rumah tangga gini biasanya bukan termasuk buku yang aku pilih untuk baca sih. Tapi karena ada unsur fantasy-nya ini nih yang bikin aku malah jadi penasaran.

Sofia yang sudah lelah dengan pernikahannya dan memutuskan untuk cerai dari Laksana tiba-tiba berubah menjadi berbagai wujud! Mulai dari botol, hewan sampai ke manusia lain. Yang uniknya, Sofia dengan wujud Sofia tetap ada dan menjalankan aktivitas biasanya dan Sofia sesungguhnya harus berusaha keras untuk bisa kembali ke dalam dirinya. Bedanya Sofia dalam wujud manusia ini menjalani kehidupan yang selama ini Sofia inginkan, alias ia melihat Sofia lain menjalani hidup ideal yang dia kira dia inginkan.

Perubahan wujud ini membuka perspektif baru sih untuk Sofia. Dia jadi tau apa-apa yang terjadi di sekitarnya, apa yang terjadi dengan Laksana dan jadi tau kehidupan ideal teman-temannya yang tidak sesempurna ia bayangkan. Yang uniknya adalah ternyata gak cuma Sofia aja yang berubah-ubah bentuk setiap hari tapi Laksana juga. Kini mereka berjuang untuk melindungi keluarga kecil mereka.

Waktu baca awal-awal mungkin kita akan kesel sih melihat sikap Sofia dan Laksana ini, karena kita sebagai pembaca pasti grergetan melihat mereka yang minim komunikasi dan banyak berantemnya. Tapi justru emang buku ini tuh kayak mau memberikan banyak banget pelajaran yang bagus. Aku mungkin emang belom berkeluarga tapi aku rasa komunikasi emang hal yang paling penting untuk segala bentuk hubungan. Sedikit terbukalah bagi aku yang masih single gini, meskipun mungkin emang tidak menggambarkan real kehidupan pernikahan gitu ya.

Konfliknya emang terlihat tidak terlalu kompleks, tentang bagaimana Sofia dan Laksana bisa kembali ke diri mereka dan akan bagaimana kehidupan pernikahan mereka. Aku suka dengan konflik yang diangkat, simple dan dieksekusi dengan baik banget. Semuanya konflik terselesaikan dengan baik dan kita juga jadi tau juga tentang orang-orang disekitar Sofia dari perspektif Sofia yang berubah-ubah terus.

Bukunya bikin penasaran karena gak tertebak mereka akan berubah jadi apa dan bagaimana caranya mereka bisa balik lagi. Apalagi hubungan Sofia dan Laksana ini tetep aja berat karena dalam bentuk apapun mereka sama-sama masih keras kepala. Buku ini juga banyak quotes bagus yang juga bisa jadi pembelajaran buat kita.

Hanya manusia bodoh yang menyadari betapa berharga miliknya setelah kehilangan

 

Duit memang bukan segalanya, tapi bisa menentukan banyak hal. Kekuatan finansial itu berbanding lurus dengan terbukanya kesempatan dan pilihan masa depan, apalagi bagi perempuan 

Aku rekomendasiin banget buku ini! Bukunya bagus, bisa selesai dalam waktu singkat dan banyak quotes bagus juga! Aku kasih rating 4/5 ⭐! 

Bukunya bisa didapatkan disini Gramedia !

BACA JUGA: [REVIEW] NOVEL SEMANGAT, TANTE SASA! - THESSALIVIA

Post a Comment

4 Comments

  1. Komunikasi antar pasangan di dalam pernikahan memang penting. Tetapi lebih mudah dikatakan daripada dilaksanakan, apalagi kalau sudah sebel banget dan pasangan kita susah banget diajak komunikasi, bawaannya pengen ngambek aja, wkwkwkwk, jadi curcol XD
    Btw banyak yang bilang buku ini bagus ya. Jadi penasaran. Auto masukin ke TBR.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwk yang pengalaman emang bedaaa yaaaa 😂
      ayo baca juga Mbaaa, gak kerasa banget emang baca buku ini mah

      Delete
  2. aku setuju banget! konflik di Penaka itu simple, tapi eksekusinya baik dan unik banget. kok bisa-bisa kepikiran untuk bikin cerita dari POV beragam seperti ini. POV botol minum sih paling dabest banget! lain dari yang lain wkwk
    agak kaget juga karena Laksana ikut berubah, awalnya aku pikir hanya Sofia aja yang bakal berubah-ubah sampai akhir cerita.
    masalah mereka tuh simple, tapi beneran bikin kesal banget waktu mereka miskom. kayak dibikin gregetan banget akutu sebagai pembaca 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa Li, kepikiran banget ya buat bikin banyak POV tapi jadi macem-macem bentuk...
      Dari POV botol minum juga kan Sofia jadi banyak tau tentang Laksana...
      Iyaaa aku gak nyangka sih Laksana bakal gitu juga, bikin seru sih karena mereka ada di posisi yang sama kan ya....
      Laksana dan Sofia mah dikit-dikit berantem emang tuh 😅

      Delete