[REVIEW] NOVEL THINGS WE NEVER GOT OVER - LUCY SCORE

 Semua review disini murni pendapat pribadi dan tidak berniat menjelekkan atau mengagungkan karya orang lain. Setiap orang memiliki selera bacaan masing-masing. Terima kasih.

Judul: Things We Never Got Over

Penulis: Lucy Score

Tanggal Terbit:12 January  2022

Jumlah Halaman: 572 halaman

ISBN: 9781945631832

Bahasa: Inggris

 

BLURB

Tukang cukur berjenggot dan nakal, Knox, lebih suka menjalani hidupnya seperti cara dia meminum kopinya: Sendirian. Kecuali jika Anda menghitung basset hound-nya, Waylon. Knox tidak menolerir drama, bahkan jika itu seorang pengantin yang melarikan diri.

Naomi tidak hanya melarikan diri dari pernikahannya. Dia sedang berkendara untuk menyelamatkan saudara kembarnya yang terasing ke Knockemout, Virginia, sebuah kota yang sulit di mana perselisihan diselesaikan dengan cara kuno… dengan tinju dan bir. Biasanya dalam urutan itu.

Sayang sekali bagi Naomi kembarannya yang jahat tidak berubah sama sekali. Setelah mengambil mobil dan uang Naomi, Tina meninggalkannya dengan sesuatu yang tidak terduga. Seorang keponakan yang Naomi tidak tahu dia punya. Sekarang dia terjebak di kota tanpa mobil, tanpa pekerjaan, tanpa rencana, dan tanpa rumah dengan seorang anak berusia 11 tahun untuk diurus.

Ada alasan Knox tidak bersama wanita yang rumit dan dengan pemeliharaan tinggi, terutama yang romantis. Tapi karena kehidupan Naomi meledak tepat di depannya, paling tidak yang bisa dia lakukan adalah membantunya keluar dari kekacauannya. Dan segera setelah Naomi berhenti mendapat masalah baru, dia dapat meninggalkannya sendirian dan kembali ke kehidupannya yang damai dan menyendiri.

Setidaknya, begitulah rencananya sampai masalah berubah menjadi bahaya nyata.


REVIEW

Buku yang rame banget dibicarakan dan bahkan masuk ke Goodreads Choice Awards 2022 untuk kategori romance dengan rating 4.24untuk pembaca lebih 400ribu. Gak di Tiktok, instagram banyak banget yang mengagungkan buku ini dan suka segitunya dengan buku ini. Akhirnya penasaran dong dan memutuskan baca juga deh buku ini. Sebenarnya gak mau pasang ekspektasi yang tinggi karena buku yang viral gini malah cenderung bikin aku kecewa saat bacanya. 

Buku ini menceritakan tentang Naomi yang berusaha untuk hidup bersama dengan keponakannya yang ditinggal oleh ibunya sekaligus kembarannya, Tina. Gak berhenti disitu aja Naomi juga masih harus berjuang memenuhi kehidupannya karena Tina ini dengan “hebatnya” mencuri semua harta Naomi. Jobless, money-less, with one niece. Belum lagi Naomi harus berurusan dengan Knox yang “mengganggu” dirinya terus menerus.

Bukunya cukup tebal, banyak juga konflik yang diangkat kayak permasalahan Naomi dengan Tina, Naomi dengan mantan tunangannya dan juga hubungan Naomi dan Knox. Yap, namanya buku romance udah pasti ini juga bakal jadi masalah utama dong. Naomi digambarkan sebagai orang yang selalu berusaha untuk menyelematkan orang lain. Aku cukup simpati sih dengan tokoh Naomi ini, masalahnya itu bisa dibilang berat juga loh punya kembaran yang kriminal, belom lagi keponakannya belom terlalu terbuka dengannya, mantan yang juga kurang aja dan Knox.

There’s a difference between taking care of someone because you love them and taking care of someone because you want them to love you

Perlahan tapi pasti kita ngeliat perkembangan hubungan antara Naomi dan Waylay, keponakannya. Aku suka dengan Waylay yang masih muda tapi udah cool dan dewasa banget. Mungkin pengaruh Tina membuat Waylay jadi dewasa sebelum waktunya. Tapi usaha Naomi buat Waylay tuh gede banget apalagi dia berusaha untuk ambil alih wali Waylay dari Tina. Makin lama kita liat gimana deketnya Naomi dengan Waylay dan pastinya Waylay yang selalu ada di sisi Naomi.

Knox adalah tokoh yang aku benci setelah Tina. Yap, tokoh utama tapi nyebelin banget. Disini dia dideskripsikan sebagai “grumpy” tapi dari banyak tokoh grumpy yang aku baca kayaknya Knox paling parah sih. Kayak gak ada alasan gitu loh tapi marah mulu ke Naomi, sampe emosi banget bacanya. Oke aku tau grumpy emang pemarah tapi dia yang parah banget tuh cuma ke Naomi yang lain tuh enggak. Emang salah Naomi kalo Knox sampe tertarik ke Naomi? Kesel pake bangetlah. Dan kali ini aku gak bisa menolerir alasan “trauma” yang dipegang oleh Knox karena menurutku enggak banget apa yang dilakuin Knox ke Naomi di akhir-akhir buku. EMOSI TINGKAT JIWA!

There were things a person never got over. We both just wanted someone to love us enough to make up for all the times we hadn’t been enough. It felt like such a waste that we could feel the way we did, but neither of us could be that person for the other.

Untungnya buku ini masih tertolong karena tokoh-tokoh lain di buku ini lovable banget (kecuali TINA dan KNOX!!). Namanya juga small town romance, jadi vibes gosip ala tetangga tuh disini dapet banget. Apa yang baru terjadi udah langsung bisa nyebar ke seluruh wilayah. Tapi aku suka sih karena meskipun terkesan ikut campur tapi warga Knockemout tuh peduli banget dengan pendatangnya kayak Naomi dan keluarganya. Aku suka banget ketika warga Knockemmout memilih untuk ada di sisi Naomi waktu Knox melancarkan aksi “jahat”nya ke Naomi, karena bener-bener gak masuk akal juga alasannya tuh.

Yang paling aku suka disini adalah tokoh Waylay dan Stef. Waylay si adik kecil yang punya beban orang tua gak bermoral tapi pinter banget dan kuat banget. Aku suka dengan hubungan dia yang terbentuk sama Naomi. Dan Stef adalah sahabat Naomi terbaik!!! Melihat Stef yang langsung dateng ke Naomi dalam keadaan apapun, blak-blakan dan ngelindungin Naomi banget tuh kayak real banget.

At some point, you have got to stop worrying so much about what everyone else needs and start thinking about what you need.

Aku kasih buku ini rating 3.5/5 meskipun gak suka dengan Knox tapi menurutku masih okelah dan ya terbukti buat aku pribadi ternyata ya gak sebagus yang orang-orang bilang. Meskipun ending-nya ya bisa dibilang okelah. Buku ini juga ternyata interconnected series ya karena ada buku ke-2 dan ke-3. Buku ke-2 nya bakal ceritain Nash, kakanya Knox yang baik hati. Mungkin aku bakal baca sih tentang Nash tapi belum tentu dalam waktu dekat ini. 

BACA JUGA: [REVIEW] NOVEL TWISTED LOVE - ANA HUANG

Post a Comment

4 Comments

  1. kirain latar belakang nya bakalan di asia. karena tokoh nya ada yg bernama naomi, kemudian tina. kemudian knox. nama nya ga asing, seperti sistem keamanan yg ada di handphone samsung kayak nya wkwk.

    skrg sedang berusaha buat baca novel lgi. mimpi jd seorang penulis yg dipunya trnyata msh belum hilang. saat ini lg baca buku nya ika natasha yg architecture itu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. latarnya malah ada di Amerika Serikat nih wkwkwk. Eh kok ngeh ajaaa Knox itu sistemnya Samsung, aku pemakai Samsung malah gak ngeh pas baca.

      Wahh semoga tetep rajin untuk terus baca ya! Dan bisa jadi penulis juga. Aku belum nih baca buku Ika Natasha yang The Architecture of Love itu, kayaknya buku-buku Ika Natasha bagus-bagus sih, tertarik buat baca nantinya

      Delete
  2. Buku yang menarik ya Kak, sayangnya pakai bahasa Inggris pula. Bahasa Inggris Teddy nggak fasih amat, masih belajar soalnya 😂.

    Terima Kasih Kak ulasannya, Alhamdulillah dapat wawasan baru soal Novel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang harus banyak-banyak berlatih sih kalo mau fasih baca buku bahasa inggris tuh.

      Makasih juga udah mampir!

      Delete