[REVIEW] FILM THE SECRET GARDEN - TAMAN AJAIB YANG SEMPAT HILANG

 

poster, film, the, secret, garden
Poster Film The Secret Garden (www.imdb.com)

Film The Secret Garden ini rilis secara resmi pada tanggal 7 Agustus 2020 yang lalu di STXfilms. Sebuah film fantasi yang disutradarai oleh Marc Munden. Film ini dibintangi oleh Dixie Egerickx, Colin Firth, dan Julie Walters.


Bercerita tentang seorang perempuang muda bernama Mary yang akan tinggal bersama pamannya. Ia terpaksa tinggal bersama pamannya karena kedua orang tuanya telah meninggal. Ia tak memiliki teman selama di rumah pamannya dan memutuskan untuk menghabiskan waktu di hutan dekat rumah pamannya. Disana ia bertemu seekor anjing yang ia beri nama Jemima dan mereka menghabiskan waktu bersama setiap harinya. Hingga akhirnya ia menemukan sebuah taman ajaib di dalam hutan.


BACA JUGA: [REVIEW] FILM ARTEMIS FOWL - KISAH MAGIS ANTARA MANUSIA DAN PERI


Diangkat dari novel berjudul sama


Film The Secret Garden ini diadaptasi dari novel berjudul sama ‘The Secret Garden’ yang terbit tahun 1911 karangan Frances Hodgson Burnett. Biasanya film yang diangkat dari novel fantasi jarang yang mengecewakan penonton. Apalagi ini premisnya menarik. Bagi pecinta film fantasi harusnya film-film seperti ini pasti akan masuk list yang ditonton. Produser dari film ini pun adalah produsernya Harry Potter. Sudah pasti segala sesuatu di film ini akan tampak nyata dan bagus.


Alur cerita terkesan flat


Seperti yang aku sampaikan sebelumnya bahwa film ini sebenarnya memiliki alur cerita yang menjanjikan. Aku memang belum membaca novelnya, tapi aku merasa flat dan bosan ketika menonton film ini. Aku kurang bisa merasakan feeling magical yang harusnya hadir di film fantasi ini. Bayanganku jika itu sebuah “Secret Garden” maka akan sangat luar biasa dan terasa seperti di dunia berbeda.


“Secret Garden” yang disampaikan di cerita ini memang pada beberapa sisi menunjukkan nilai magisnya. Tapi, selain itu juga tidak terlalu terlihat. Layaknya taman biasa. Aku sejujurnya penasaran seperti apa taman yang dideskripsikan di dalam novel karena aku kurang mendapatkan keajaiban taman ini. Kalau kita menonton “Charlie and Chocolate Factory” kita bisa melihat keajaiban dari pabrik itu kan? Nah, ini yang aku tidak dapati di film ini. Meskipun tamannya memang indah di beberapa bagian.


Masih ada misteri yang belum terkuak


Aku sejujurnya penasaran dengan apa yang terjadi pada Ibunya Mary, karena diceritakan ia sempat menolak bertemu Mary. Hanya diperlihatkan bahwa ia “sakit” tapi tidak dijelaskan mengapa hingga Mary pun berpikir bahwa ibunya benci pada dirinya dan ia yang membunuh ibunya. Cerita tentang taman ajaib ini dan hubungan dengan Ibu Mary dan saudaranya juga terlalu singkat. Aku merasa kurang menangkap makna “Secret Garden” ini bagi Ibu Mary dan juga yang mendatang bagi Mary dan sepupunya, Collin.


Penyakit Collin pun hanya diceritakan sedikit dan samar-samar. Tidak diberi kepastian apa yang terjadi padanya. Yah, aku mengharapkan bahwa setidaknya film ini akan memberi cerita yang cukup jelas.


Sebenarnya film ini adalah film yang tipe kesukaanku banget. Tapi, tidak tau mengapa aku tidak bisa menikmatinya. Mungkin karena alurnya yang flat dan tampilan ceritanya yang masih kurang menangkap perhatianku jadi aku kurang menikmati film ini. Sungguh sayang sekali. Film ini akan aku beri rating 2/5! Selamat menikmati filmnya 😊


BACA JUGA: [REVIEW] THE HOUSE WITH A CLOCK IN ITS WALL

Post a Comment

3 Comments

  1. Waaahh saya udah berkali-kali melirik film ini, pengen nonton, tapi masih membayangkan film-film fantasy gini biasanya alurnya datar hahaha.

    Jadinya belum sempat-sempat, malah baca reviewnya di sini :D
    Dan hebat banget dah, itu novel tahun 1911, uwowwwww :D

    Jadi ingat film Little Woman deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sayang banget alurnya kurang menarik film ini padahal biasanya menjanjikan sih.
      Bener, sama kayak Little Woman yang novelnya juga udah tua hehe

      Delete
  2. Thank you for sharing this wonderful post keep your awesome work
    I have many hobbies. I love to travel and read. But my favorite hobby is cooking. Let me tell you why! First, I'll tell you a little bit about why I started cooking. Secondly, I'll give you some information about what I like to cook. Third, I will say how I use the Fooddy Blog for cooking.

    When I started cooking, I was 10 years old. My mom wants me to be a chef. She has always believed that girls have to make different types of food, because one day they will get married. In my country, it is normal for girls not to cook. I feel lucky because I can cook many dishes. Now that I cook some of the dishes my children and husband love, I become happy and proud of my mother and myself. Foody

    ReplyDelete