[REVIEW] NOVEL SCHOOL NURSE AHN EUNYOUNG - CHUNG SERANG

 Semua review disini murni pendapat pribadi dan tidak berniat menjelekkan atau mengagungkan karya orang lain. Setiap orang memiliki selera bacaan masing-masing. Terima kasih.

novel school nurse ahn eunyoung oleh chung serang
Novel School Nurse Ahn Eunyoung (sumber: ebooks.gramedia.com)


Judul: School Nurse Ahn Eunyoung

Penulis: Chung Serang

Tanggal Terbit: 24 Agustus 2020 (di Indonesia)

Jumlah Halaman: 276 halaman

ISBN: 9786020643632

Bahasa: Indonesia (buku asli Korea Selatan)


Hidup berarti kita harus terus menghadapi dunia yang mengerikan dan keras, bahwa kadang-kadang kita tidak bisa menghindar dari luka (hal, 179)

BLURB

Ahn Eunyoung adalah perawat sekolah yang ceria, ramah, dan sangat antusias dengan pekerjaannya. Ia juga suka berlarian kesana kemari dengan menggunakan sandal bersol tebal sambil menghunuskan pistol BB dan pedang plastik warna warni. Itu karena Ahn Eunyoung bukan perawat sekolah biasa. Ia adalah pemusnah roh jahat. Dan ia sudah merasakan firasat buruk sejak pertama kali menginjakkan kaki di SMA M.

Hong Inpyo; guru Sastra Klasik di SMA M sekaligus cucu kesayangan almarhum pendiri sekolah, tidak pernah mengerti mengapa kakeknya berkeras agar ia tetap bekerja di sekolah itu dan memastikan tidak ada bangunan baru yang didirikan di atas tanahnya selain bangunan-bangunan yang berhubungan dengan sekolah. Ketika hal-hal aneh mulai terjadi, ia dan Eunyoung harus bekerja sama untuk menguak rahasia-rahasia yang tersembunyi di balik dinding-dinding sekolah.

REVIEW

Aku tau buku ini karena nantinya akan diangkat menjadi Serial Korea Original Netflix yang dibintangi oleh aktor dan aktris ternama Nam Joo Hyuk dan Jung Yu Mi. Kalau liat dari sinopsis Netflix jujur aja bingung karena bawa 'jelly' sebagai musuhnya dari Jung Yu Mi. Apalagi waktu poster dan trailernya dikeluarkan ternyata beneran jelly alias roh jahat yang dimaksud adalah makhluk jelly. Karena aku berniat untuk menonton maka tak ada salahnya untuk baca novelnya dahulu supaya nanti aku bisa bandingkan dengan versi serial nya.

Novel ini baru dirilis secara resmi oleh Gramedia di bulan Agustus, mungkin karena memang untuk menyambut serialnya ya. Ternyata novelnya ini lebih seperti kumpulan cerita pendek dibandingkan novel yang satu kesatuan. Setiap babnya terdiri dari cerita berbeda dan tokoh utamanya tetap Eunyoung dan Inpyo. 

BACA JUGA: [REVIEW] NOVEL MELANGKAH - J.S. KHAIREN

Sejujurnya karena ekspektasiku besar terhadap novel ini aku malah kecewa. Aku kira karena diangkat ke serial Netflix seharusnya ceritanya akan sangat memuaskan tapi ternyata aku tidak terlalu suka. Untuk bab 1 jujur itu bagus dan menarik makanya aku kira untuk bab-bab selanjutnya akan sangat menarik tapi setelah membaca aku malah bosa. 

Di awal sudah dijelaskan bahwa memang Eunyoung itu bukan bisa melihat hantu atau arwah tapi ektoplasma, yaitu suatu energi spiritual jadi tidak hanya dimiliki oleh orang yang sudah mati tapi juga orang yang masih hidup. Eunyoung bisa melihat "energi" ketika seseorang sedang jatuh cinta bahkan sedang berpikiran kotor! Unik dan menurutku ini landasan cerita yang bagus karena aku pikir Eunyoung akan melawan energi-energi jahat yang dimiliki orang atau benda tertentu.

Tapi sayangnya tidak semua ceritanya seperti itu, cerita disini lebih memfokuskan ke kehidupan para masyarakat sekolahnya. Tentang guru atau murid yang bermasalah dan tidak semuanya itu benar-benar berhubungan dengan ektoplasma yang memerlukan aksi keren seperti Eunyoung di bab 1. Paling aneh lagi ketika memasuki bab akhir, tiba-tiba terjadi hal super menegangkan di sekolah dan membuat Eunyoung dan Inpyo beraksi kembali.

Sebenarnya potensi di bab akhir bagus sekali, tapi aku bingung kenapa tiba-tiba ada hal 'besar' yang terjadi tanpa ada pendahuluan. Waktu membaca aku agak bingung sih kenapa kok ada masalah besar muncul tapi tidak ada landasan apapun. Bahkan ketika sepertinya kedua tokoh mengerti permasalahannya tapi tidak ada penjelasan lebih lanjut dan malah membuat aku bertanya-tanya. Kecewa sih karena giliran hal seru malah penyelesaiannya terkesan nanggung. Aku sudah baca di goodreads memang novel ini terdiri dari kumpulan cerita pendek Eunyoung yang nantinya akan menuju puncak di bab akhir, tapi nyatanya bab akhir itu seakan-akan muncul sendiri.

Ya, untuk novel ini aku hanya akan memberi rating 3/5 saja. Aku harap versi serial Netflix nya akan lebih membantu aku memahami cerita-cerita di novel ini karena memang cukup sulit dibayangkan. Siapa kan yang bisa membayangi bentuk ekstoplasma. Kalau kalian mau baca udah bisa dibeli di Gramedia Apps juga kok. 

Kalau kalian udah baca buku ini share pendapat kalian juga ya!

BACA JUGA: [REVIEW] NOVEL LOCKWOOD & CO. SERIES - JONATHAN STROUD

Post a Comment

5 Comments

  1. Saya penasaran sama dramanya ini. sepertinya menarik dan lucu... hehee
    Semoga gak membuat penonton kecewa ya ^^

    Salam!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa mba bener banget. Aku juga nungguin dramanya apalagi yang main jago-jago ya. Semoga jauh lebih baik daripada aku ketika baca bukunya.

      Terima kasih sudah berkunjung mba

      Delete
  2. Aah, aku baru aja mau baca novel ini. Baru baca 3-5 halaman terus lihat review kak Tika ini, aku kok jadi malas lanjutin ya 🤣
    Haruskah aku melanjutkan baca? Soalnya aku juga ekspetasinya agak tinggi mengingat buku ini akan dijadikan serial Netflix tapi kok terlihat kurang wow ya 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo saranku sih kayaknya mending langsung nonton Netflixnya aja ntar akhir September, Lia. Soalnya memang agak kurang sih di novelnya ini. Bakalan lebih seru kalo ada visualisasinya sih emang nanti kalo bingung baru deh baca bukunya hehe

      Delete
    2. Oke, terima kasih sarannya ya kak 😁
      Aku langsung nonton seriesnya aja deh nanti hahaha

      Delete