[REVIEW] NOVEL NEVERMOOR#2: WUNDERSMITH. THE CALLING OF MORRIGAN CROW - JESSICA TOWNSEND

 Semua review disini murni pendapat pribadi dan tidak berniat menjelekkan atau mengagungkan karya orang lain. Setiap orang memiliki selera bacaan masing-masing. Terima kasih.

nevermoor, wundersmith, morrigan crow, jessica,  townsend
Wundersmith (sumber: Goodreads)

Judul: Nevermoor#2: Wundersmith. The Calling of Morrigan Crow

Penulis: Jessica Townsend

Tanggal Terbit: 19 Februari 2019

Jumlah Halaman: 496 halaman

ISBN: 9786023857432

Bahasa: Indonesia (Asli Bahasa Inggris)

BLURB


Saudara-saudari sehidup semati? Saling setia, siap bahu-membahu? Morrigan mulai merasa ikrar Wundrous Society itu hanya omong kosong. Tidak ada yang menyukainya di sekolah—yah, kecuali Hawthorne, sahabatnya. Unit mereka terus dikirimi surat kaleng berisi ancaman untuk menguak rahasia Morrigan dan gurunya di Society hanya mengajarkan satu hal: semua Wundersmith itu jahat dan Morrigan bukanlah pengecualian. Yang terburuk, satu per satu orang mulai menghilang dan teror mulai bermunculan. Nevermoor, kota fantastis yang magis dan menawarkan perlindungan, kini dilingkupi ketakutan dan kecurigaan…. Dan, besar kemungkinan, Morrigan penyebabnya.


SINOPSIS SINGKAT


Setelah melalui ujian panjang untuk memasuki Wundrous Society, akhirnya Morrigan akan memulai tahun pertamanya sebagai anggota Wundrous Society! Bukan Wunsoc namanya kalau tidak penuh dengan misteri dan kejutan. Ketika mereka tidur tiba-tiba mereka berada di Wunsoc dan langsung melaksanakan penyambutan atas keberhasilan mereka menjadi anggota Wunsoc di Unit 919.


Tepat setelah penyambutan Unit 919 yang meriah, rupanya ketenangan tidak mau bersahabat dengan Morrigan. Disaat itu pula, informasi tentang dirinya seorang Wundersmith menyebar di Unit 919 serta pengayomnya. Membuat anggota unitnya menginginkan Morrigan dikeluarkan karena ia dianggap terlalu membahayakan. Para Tetua memutuskan bahwa Morrigan akan tetap menjadi anggota Wunsoc dan anggota Unit 919 serta pengayomnya harus merahasiakan ini karena jika rahasia ini bocor maka mereka akan dikeluarkan semuanya!


Bisa ditebak hidup Morrigan tidak bisa mulus di Wunsoc ini belum lagi para teman-temannya di Unit 919 juga seakan-akan memusuhinya kecuali Hawthorne. Tidak hanya itu, kehidupannya semakin berat karena ia hanya diizinkan untuk ikut 1 jenis pelajaran saja mengenai keburukan-keburukan Wundersmith sebelum dirinya. Morrigan sangat iri mendengar cerita-cerita seru teman-teman Unitnya tentang pelajaran yang mereka ikuti.


Tidak hanya itu, tiba-tiba tahun ini ada banyak orang yang menghilang. Dicari kemanapun tak terlihat jejaknya. Seluruh orang sudah mencari namun tak ditemukan dimanapun. Morrigan curiga bahwa penculikan ini ada hubungan dengan dirinya yang seorang Wundersmith.


Unit 919 juga diancam oleh orang tak dikenal, mengenai rahasia besar yang dimiliki oleh unit ini. Mengajukan berbagai permintaan aneh dan mengancam akan membeberkan rahasia besar unit ini ke seluruh orang jika permintaan mereka tidak dipenuhi atau mereka laporkan pada orang lain.


BACA JUGA: [REVIEW] NOVEL STRANGE THE DREAMER - LAINI TAYLOR


REVIEW


Buku pertama dari series Nevermoor ini memang bagus banget dan secara rating personal aku juga beri rating tinggi. Tapi, aku tidak merasakan keterikatan khusus untuk kenapa aku mau melanjutkan seriesnya. Tapi, karena mood-ku sedang ingin membaca buku middle grade yaudah aku coba deh lanjutkan dan wow aku langsung berubah pikiran! Dibandingkan buku pertamanya, aku jauh lebih cinta buku kedua ini. Semua yang ada di buku ini terasa beda banget feel-nya jika dibandingkan ketika aku membaca buku pertamanya. Buku kedua ini yang bikin aku jadi memutuskan untuk ikutin seluruh series yang masih ongoing panjang ini.


Alur cerita pada buku Wundersmith jadi jauh lebih seru. Kisah petualangan Morrigan dengan sekolah barunya di Wundrous Society itu seru banget diikutin. Paling menarik itu memang ketika Morrigan harus menggunakan atau secara tidak sengaja menggunakan wunder. Sisi Morrigan yang jadi lebih “nakal”, berani, membangkang dan ingin menggunakan wunder disaat yang lain malah melarang-larang Morrigan menggunakannya itu menarik banget diikuti. Semakin membaca kita jadi semakin paham deh kerja wunder itu seperti apa, karena aku awalnya juga bingung wunder tuh kayak apa dan kenapa bisa bahaya dan di buku ini akhirnya semakin di perjelas deh.


Tokoh-tokohnya juga semakin luas dan ramai. Kita bisa melihat lebih banyak tokoh-tokoh baru disekitar Morrigan yang sekarang udah lebih mudah untuk aku pahami karakternya. Di buku pertama aku masih agak sulit membayangkan dunia Morrigan beserta orang-orangnya, setelah baca yang kedua jadi semakin mudah! Berkembang luasnya dunia Morrigan ini membuat unsur magical-nya itu jadi kerasa banget. Aku bener-bener berharap buku ini bakal segera dibikin filmnya deh. Aku baca di beberapa artikel sih katanya bakal di produksi jadi film tapi gak tau deh kelanjutannya. Karena kalo buku ini bisa diwujudin dalam film kayaknya bakal epic banget deh!


Morrigan sendiri juga sudah semakin paham tentang kekuatan yang dia punya jadi bikin aku secara khusus penasaran gimana nantinya kalau Morrigan udah bener-bener paham dengan wunder yang ia punya. Akan sekeren apa nih Morrigan, karena sekarang aja dia udah keren banget lho. Meskipun belom keliatan banget kekuatan yang dipunya Morrigan, tapi Morrigan secara kepribadian aja udah keliatan banget sifat heroiknya.


Aku juga penasaran banget sama Ezra Squall, sang wundersmith jahat yang terus-terusan berusaha merekrut Morrigan. Ketika membaca ini aku belum merasakan aura jahat yang dikeluarkan oleh Squall, malah aku merasa dia peduli banget sama Morrigan dan orang disekitarnya. Bingung sih apakah emang penulis sengaja memanipulasi tingkah laku si Squall ini karena sampai sekarang aku belum bisa melihat jahatnya seperti apa ya meskipun sedikit-sedikit dia tunjukkan.


Gak bisa berkata-kata lebih panjang lagi untuk buku ini karena udahlah sekarang aku udah fix banget berada di alirannya series Nevermoor ini. Perkembangan bukunya luar biasa! Dan pastinya gak sedikitpun aku merasa bosan ketika baca buku ini. Aku beri rating 5/5 untuk buku keduanya! Sudah tidak sabar nih untuk nunggu buku ketiganya ‘Hollowpox’ yang akan terbit di 2021 nanti!


Jadi apakah teman-teman ada yang udah pernah baca buku ini juga? Atau ada yang sedang dan berencana untuk baca? Boleh banget ya share-share cerita kalian 😊


BACA JUGA: [REVIEW] MAGNUS CHASE THE SERIES - RICK RIORDAN

Post a Comment

8 Comments

  1. Buku ini bercerita tentang fantasi kah atau tentang misteri?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buku ini tentang fantasi :) dunia magis kayak harry potter tapi beda banget kok alur ceritanya

      Delete
  2. penasaran dengan filmya, salam kenal kawan

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ini sayangnya belum ada kabar kelanjutan filmnya :(
      Salam kenal juga ya 😃

      Delete
  3. Wih, jarang-jarang ini Kak Tika memberi rating sempurna untuk sebuah buku 😱. Berarti Nevermoor seri ini beneran semenarik itu ya.
    Aku ingin baca sih tapi mungkin masih agak lama, berhubung tamatnya juga masih agak lama, masih bisa lah ya dibaca nanti-nanti? Wkwkwk
    Btw, Kak Tika baca ini di iPusnas atau Gramdig atau buku fisik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Lia, seri Nevermoor bagus banget ternyata! Sayang kalo dilewatin. Gapapa kok bacanya masih nanti2 juga, ini baru buku ke-2 hahaha masih lama lah tamatnya
      Aku baca buku ini di GooglePlay Lia, kayaknya belum ada kalo di iPusnas untuk no.2 nya.

      Delete
  4. kalo aku amati dari sinopsinya sepertinya memang cocok buat bacaan biasa

    wajar kalo mba admin tidak mau lanjut baca series berikutnya hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi! Terima kasih sudah berkunjung

      Wah, ini antara salah kaprah dengan tulisanku atau typo nih hehehe soalnya aku malah pengen banget lanjut baca buku ini :)

      Delete