[REVIEW] NOVEL WONDER - R.J. PALACIO

Semua review disini murni pendapat pribadi dan tidak berniat menjelekkan atau mengagungkan karya orang lain. Setiap orang memiliki selera bacaan masing-masing. Terima kasih.

wonder r.j palacio
Wonder (sumber: goodreads)

Judul: Wonder

Penulis: R.J. Palacio

Tanggal Terbit: 14 Februari 2012

Jumlah Halaman: 314 halaman

ISBN: 9780375899881

Bahasa: Inggris

BLURB

Aku tidak akan mendeskripsikan seperti apa aku terlihat. Apapun yang kamu pikirkan, itu lebih buruk.

August Pullman terlahir dengan kondisi wajah yang berbeda, sampai sekarang, ia tidak pernah pergi ke sekolah yang normal. Memulai di kelas 5 di Beecher Prep, ia hanya ingin diperlakukan layaknya anak kecil yang normal. Tapi, temannya di sekolah tidak bisa melewatkan begitu saja wajah August yang “special”.

When given the coice between being right or being kind, choose kind.

SINOPSIS SINGKAT

- August –

Secara tiba-tiba, ibu memintaku untuk masuk ke sekolah umum, padahal selama ini aku baik-baik saja dengan home-schooling. Ibu berdalih bahwa ada pelajaran yang tak bisa ia ajarkan sendiri selama home-schooling dan aku harus belajar di sekolah dan bertemu dengan anak-anak lainnya. Aku bertanya apakah aku akan sekolah di tempat yang sama dengan Via, kakakku. Ternyata tidak, aku akan sekolah di dekat rumahku.

Aku senang ayah tidak memaksaku untuk pergi ke sekolah. Tapi, ternyata mereka sudah merencanakan ini selama setahun bahkan aku pun sudah mengikuti tes tanpa aku sadari. Kini Mr. Tushman ingin aku datang dan melihat sekolah.

Aku terus berada di belakang Ibuku bahkan ketika di sekolah, aku takut mereka melihat wajahku. Hingga akhirnya Mr. Tushman memperkenalkanku dengan Charlotte, Jack Will dan Julian. Tiga orang yang akan menemaniku mengajak berkeliling sekolah ini. Aku selalu menunduk dan berusaha menutupi wajahku dengan rambut. Hingga Charlotte terbuka denganku dan mengajakku berbicara bahkan Jack Will pun membelaku, Julian bukan orang yang baik. Ia bertanya apakah aku adalah korban kebakaran saat kecil.

Meskipun aku takut, tapi ternyata sekolah menyenangkan. Meskipun sulit karena semua orang melihat dan membicarakanku secara bisik-bisik. Mereka pikir aku tidak tau tapi aku tau segalanya. Aku sudah terbiasa dengan orang yang terus membicarakanku di belakang tapi untungnya selalu ada Jack Will yang menjadi temanku.

Julian tetaplah Julian. Ia selalu berusaha menyindirku bahkan memberikan nama ejekan untukku. Aku berusaha diam dan acuh. Untung ada Summer, yang dengan baik hati kini menjadi teman makan siangku. Aku senang Summer tidak bertanya-tanya tentang wajah anehku ini.

Halloween datang dan ini adalah momen favoritku. Aku bisa menjadi diriku sendiri karena semua orang menggunakan topeng dan tidak akan ada yang melihat diriku dengan tatapan aneh. Semua orang akan aneh dengan kostumnya masing-masing. Ketika di kelas aku melihat seseorang dengan kostum Darth Sidious datang dan aku langsung tau itu Julian. Ia mendekati anak-anak yang berpakaian mummy. Mereka membicarakanku.

Julian bilang Darth Sidious memiliki wajah yang mirip denganku bahkan mereka bilang wajahku seperti orc. Yang membuatku panas adalah kenyataan bahwa Jack disana dan ia membicarakanku. “Aku berteman dengannya karena Mr. Tushman memintaku dan ia pun selalu mengikutiku, aku bisa apa?”. Perkataan Jack membuatku sakit hati dan aku kabur tanpa mereka tau bahwa aku mendengar pembicaraan mereka. Aku pulang sebelum air mat aini tumpah dan aku melewatkan hari favoritku ini.

BACA JUGA: [REVIEW] NOVEL BANYU BIRU - AYU DEWI

REVIEW

Buku ini udah banyak banget disarankan oleh booktuber yang akhir-akhir ini selalu jadi tontonanku setiap pagi sebelum kerja. Apalagi buku ini udah cukup lama ya sejak tahun 2012! Saat lagi bingung mau baca buku apa karena tumpukan TBR dimana-mana iseng deh scrolling play book siapa tau menemukan buku yang menarik aku baca. Diantara semua jenis buku fantasi dan misteri, buku ini nyempil tanpa aku ingat kapan belinya.

Buku ini agak beda dengan novel biasanya yang aku baca bahkan kalau aku boleh bilang it’s not my cup of tea alias genre nya bukan yang biasa akan aku baca atau tertarik baca. Liat-liat rating-nya di Goodreads ternyata gede lho, sekitar 4,43! Bahkan reviewnya juga bagus-bagus banget makanya aku cobalah untuk baca buku ini.

Seperti yang sudah aku paparkan super singkat di sinopsis, buku ini menceritakan tentang kehidupan August Pullman yang sangat berbeda dari anak-anak lainnya. Aku secara spesifik tidak bisa membayangkan se “kacau” apa sih wajah dari August sampai ia harus menjalani hidup yang tak adil bagi seorang anak-anak. Kita tidak akan melihat secara penuh apa aja yang dialami Auggie, panggilan akrabnya, tapi secara spesifik cerita ini berpusat ketika ia mulai masuk sekolah di kelas 5 dan selama setahun perjalanannya. Auggie yang tidak pernah sekolah tentu akan menjalani sekolah pertama yang berat di hidupnya.

Terlihat simple banget ya ceritanya? Tapi, ketika membaca buku ini aku bisa larut dengan apa yang terjadi alias apa yang dialamin Auggie. Perasaan kesel, sedih, seneng nyampur banget jadi 1 ketika baca buku ini.

Tokoh Auggie disini sangat kuat. Aku seneng banget sama penjabaran penulis tentang Auggie. Kita bisa melihat sosok dewasa Auggie yang harus menahan semua beban di masa muda dan bener-bener bikin aku salut banget, gak bayangin kalau aku yang diposisi Auggie apa bisa sekuat itu. Disisi lain kita masih bisa melihat Auggie dengan sifat kekanakannya. Auggie yang masih cengeng, yang masih egois dengan keinginannya dan sifat anak-anak normal lainnya.

Hubungan keluarga Auggie pun hangat banget. Layaknya keluarga pasti ada yang namanya selisih dan itu wajar. Itupun digambarkan di buku ini, membuat buku ini makin terlihat real. Salut banget sama orang tua Auggie yang bener-bener sayang dan menerima Auggie apa adanya. Mereka berkorban banyak demi Auggie tapi tetap sayang dengan tulus. Apalagi Via, kakaknya Auggie, best sister!

Meskipun ada kalanya ia tak suka atau malu dengan Auggie tapi disisi lain Via menunjukkan rasa sayangnya itu tulus banget. Bener-bener susah menurutku untuk bisa jadi se-dewasa itu. Apalagi tentu Via harus banyak mengalah dengan Auggie kan, perhatian orang tuanya tentu akan lebih besar ke Auggie daripada Via tapi Via tetep sayang unconditionally dengan Auggie. Salut 👏👏👏

Ada beberapa POV di buku ini dimulai dari Auggie sendiri, kakaknya Auggie, dan teman-temannya Auggie. Kita jadi bisa melihat dari berbagai sudut pandang. Awalnya yang kita bisa kesal dengan satu tokoh bisa jadi setelah membaca cerita versinya kita jadi tau yang sesungguhnya dan itu benar-benar fresh banget.

Alurnya ngalir banget dan gak buat bosen karena meskipun cuma cerita tentang keseharian Auggie dan orang-orang disekitarnya tapi tetep ada konflik yang diangkat. Aku udah bingung mau bilang apalagi atau tepatnya gimana gambarin perasaanku ketika baca buku yang sederhana tapi menyentuh ini. Buat yang mungkin sedang merasa dunia tidak adil bagi dirinya mungkin cocok untuk baca buku ini dan liat dari sisi Auggie bagaimana ia menjalani kehidupan.

Anyway, buku ini dalam Bahasa Inggris ya. Tapi, menurutku Bahasa yang digunakan itu mudah banget jadi gak akan kesulitan buat orang-orang yang gak biasa baca Bahasa Inggris. Ataupun yang baru mau mulai coba-coba baca buku berbahasa Inggris ini sih cocok banget!

Okey, aku akan beri rating 5/5 untuk buku ini! Simple tapi menyentuh. Suka banget lah sama buku ini!

Nah, apakah teman-teman ada yang udah pernah baca buku ini juga? Atau ada yang sedang dan berencana untuk baca? Boleh banget ya share-share cerita kalian 😊

BACA JUGA: [REVIEW] NOVEL DUNIA ANNA - JOSTEIN GAARDER

Post a Comment

22 Comments

  1. Bagus nih novelnya harus di baca bagi yang belum baca

    ReplyDelete
  2. Belum pernah baca novel ini karena memang jarang baca novel apalagi novel luar yang berbahasa Inggris bingung bacanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahasanya mudah kok ini. Tapi, memang kalo gak biasa baca buku mending yang bahasa indonesia dulu aja... masih banyak yang bagus juga kok 🙂

      Delete
  3. Pernah nonton film-nya, dan emang bagus banget..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya nih Mba, aku bahkan baru tau ada filmnya lho. Nanti kalo sempet mau tonton juga deh

      Delete
  4. Temanku udah lama banget rekomendasiin aku untuk membaca buku ini, katanya cocok untuk yang ingin belajar Bahasa Inggris karena kata-kata yang digunakan mudah dimengerti juga jalan ceritanya bagus. Hanya sampai sekarang aku belum pernah baca 😂 setiap mau baca ragu-ragu takut aku nggak suka padahal aku sering banget lihat buku ini dimana-mana 😂
    Pas lihat Kak Tika mengulas buku ini, aku excited banget baca ulasannya karena aku jadi lebih tahu isi ceritanya dibanding sebelumnya yang hanya baca sinopsis 🤣
    Sepertinya ini masuk ke heartwarming story gitu ya, Kak? 🤭.
    Kalau baca ulasan Kak Tika, rasanya buku ini bukan my cup of tea too 😂 maybe kapan-kapan aku baru akan coba baca 😂
    Thank you for the review, Kak Tika 🥰

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Lia, bahasa yang dipake ga susah jadi mudah banget buat kita pahamin tanpa buka2 kamus.
      Yap, ceritanya emang lebih ke heartwarming gitu Lia kalo buku ini. Makasih udah berkunjung juga Lia 😊 semoga ada kesempatan buat segera baca ini yaaa 😆

      Delete
  5. Aku baru nonton film adaptasinya untuk buku ini. Ceritanya lumayan heartwarming ya. Ngomong-ngomong, Tika sedang suka nonton booktuber siapa sekarang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, aku juga mau nonton nih filmnya, bakal dapet feel kayak pas baca bukunya gak ya 🤔

      Kalo booktuber lokal aku paling ngikutin itu Kak Kanaya Shopia baru Kak Retri. Kalo dari luar aku suka ngikutin A Clockwork Reader, Hailey in Bookland,sama thisstoryaintover.

      Delete
  6. Mbak Tiiikkkk, kemarin aku lihat filmnyaa dan super bawang dari awal sampe akhir 😭
    tapi bagus banget sih emang

    aku salut banget sama augie yang super sabar. apalagi keluarganya juga selalu support dia
    ibunya, ayahnya, kakaknya. yaampun the best family ever lah!
    ceritanya emang sederhana tapi bener-bener bikin nyeess gtuu

    saking emosionalnya aku sebel banget sama Julian dan kagum sama Jackwill hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku malah belom nonton Mbaaa filmnyaa, ini aku mau cari ah buat ditonton juga
      Iyaaa keluarganya Auggie keren banget deh, bener2 salut banget sama semuany!

      Ihh aku juga Mba! Kesel banget sama Julian dan keluarganya... jahat banget 😥

      Delete
  7. Mba Tikaaa, I love this book so so so much! Sampai aku simpan baik-baik untuk dibaca Josh saat dia beranjak dewasa nanti, karena menurutku isi pesan dalam buku ini sangat baik dan penyampaiannya pun nggak ribet.

    Yang kusuka dari bukunya karena banyak POV bahkan dari teman-temannya Auggie. Yang kita kira beberapa temannya terkesan "jahat" sama Auggie, ternyata mereka punya pandangan mereka sendiri huhu namanya anak-anak mereka hatinya masih polos sekali yaa 😢 aku juga nonton filmnya dan mewek banget dong, Mbaa wkwkwk nggak kebayang jadi ibunya Auggie harus se-strong apa *apus aer mata*

    Maacihh review-nya, Mba Tika! Ah jadi ingin baca ulang novel ini hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah iya Mba Jane, ini bagus banget buat dibaca anak2 apalagi kayak Josh, siapa tau Josh nanti bisa berada diposisi jadi temannya Auggie kan, jadi Josh udah tau harus berlaku seperti apa nih.

      Aahh aku belom nonton filmnya nih Mbaaa, aku mau nonton juga ah biar bisa ikutan mewek hihihi
      Makasih juga udah berkunjung ya Mba Jane 🥰

      Delete
  8. Aku udah lama tau buku n film ini, tp sampe skrng blm punya keberanian masak buat baca 😆😆
    Sejak punya anak, entah knapa aku makin sensitif sama cerita2 mengandung bawang kaya gini. Bawaanny jd kepikiran trus melow sendiri 😭 Padahal ternyata pesan moralnya bagus yaa Mbaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus bangettt Mba ini, sayang deh kalo untuk dilewatkan... Pesan moralnya mantep banget. Mba Thessa bisa kayak Mba Jane tuh yang khusus simpan bukunya buat Josh biar bisa baca di masa depan, siapa tau Mba Thessa juga bisa gitu 😇

      Delete
  9. Aku belum pernah coba baca buku bahasa inggris mba. Kalau buku bahasa inggris tuh diotakku membayangkannya jurnal waktu kuliah dulu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga baru nyobain baca tahun ini Mba. Awal2nya susah bgt dan butuh waktu lama tapi karena banyak buku2 menarik gak diterjemahin ke Indonesia ya terpaksa harus baca deh yang Inggrisnya

      Delete
  10. Wahh langsung ceki ceki online bookstore nih. Fix deh mau baca kalau baca reviewnya bagus kaya gini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagusss Mba, kalo ada waktu harus bangettt baca buku yang ini :)

      Delete
  11. aku penasaran sama Auggie. perjuangan dia mengatasi rasa "takut"nya ketika berangkat ke sekolah, trus bagaimana dia bersikap menghadapi temen temennya yang mungkin ada ngga sukanya sama dia.
    anak kecil udah berpikir yang "berat" di hidupnya
    penasarannnn

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mbaaa.... Auggie emang keren banget! Mba Ainun harus baca deh. Tapi, udah ada juga kok filmnya kalo Mba Ainun males untuk baca bukunya hehehe

      Delete