[REVIEW] NOVEL MISTERI DI STYLES - AGATHA CHRISTIE

 Semua review disini murni pendapat pribadi dan tidak berniat menjelekkan atau mengagungkan karya orang lain. Setiap orang memiliki selera bacaan masing-masing. Terima kasih.

misteri di styles, review, novel, agatha christie
Misteri di Styles (sumber: Goodreads)

Judul: Misteri di Styles (The Mysterious Affair at Styles)

Penulis: Agatha Christie

Tanggal Terbit: April 2019 (Cetakan ke-9)

Jumlah Halaman: 272 halaman

ISBN: 9786020395739

Bahasa: Indonesia (Terjemahan)

BLURB

Siapa yang meracuni Emily Inglethorp yang kaya, dan bagaimana si pembunuh masuk serta melarikan diri dari kamar yang terkunci? Kasus ini diperumit banyaknya orang yang punya motif untuk membunuh korban – mulai dari suami baru korban hingga ke dua anak tirinya, pelayannya yang temperamental, serta gadis cantik yang bekerja di apotek rumah sakit.

Novel ini menjadi debut yang brillian bagi Detektid Belgia Hercule Poirot dan jadi titik awal Agatha Christie sebagai Ratu Misteri.

BACA JUGA: [REVIEW] THE CUCKOO'S CALLING - ROBERT GALBRAITH

SINOPSIS

Hastings kembali dari perang dan berencana akan menginap di Styles, rumah mewah milik keluarga temannya John Cavendish. Disana ia tinggal bersama ibu tirinya; Emily Inglethorp, suami baru ibunya; Alfred Inglethorp, istri John; Mary Cavendish, adiknya; Lawrence Cavendish, Cynthia; anak asuh Emily, dan Evelyn Howard; asisten Emily.

Ayah John telah meninggal dan mewariskan kekayannya pada sang istri, Emily. Meskipun Ibu tiri tapi Emily sangat sayang dan memperhatikan semua kebutuhan anak-anaknya. Namun, semua itu berubah saat Emily bertemu dengan Alfred yang merupakan sepupu dari Evie-Evelyn. Apalagi sejak mengumumkan pernikahan secara tiba-tiba antara Emily dan Alfred, membuat ketenangan keluarga ini terganggu. Apalagi Alfred jauh lebih muda dibandingkan Emily dan semua orang berpikir bahwa Alfred hanya mengincar uang Emily.

Belum lama tinggal disini sudah ada keributan yang muncul yaitu Evie ingin berhenti bekerja dan pergi dari Styles. Semua ini karena ia bertengkar dengan Emily berkaitan dengan Alfred yang memang sangat dibencinya. Di hari ia pergi dari Styles, Evie berpesan pada Hasting untuk menjaga Emily karena ia yakin Alfred akan membunuh Emily di tempat tidurnya.

Ketenangan tidak pernah lama singgah di rumah ini, disaat menjelang pagi hari Hasting dibangunkan karena Emily terdengar kesakitan namun kamarnya terkunci dari dalam tak seorang pun bisa membuka kamar Emily. Pintu sambung dari kamar Cynthia maupun Alfred yang tepat ada disamping kamar Emily juga terkunci. Para lelaki yang ada pun mendobrak masuk menuju kamar Emily.

Di tempat tidurnya, Emily dalam keadaan yang sangat tidak wajar. Ia melengkungkan badannya dengan tumpuan hanya pada tumit dan kepalanya. Sesaat kemudian ia normal lalu tak lama berselang ia kesakitan lagi. Semua orang hanya bisa melihat Emily tanpa tau apa yang harus dilakukan hingga akhirnya Emily tak lagi sadarkan diri dan meninggal.

Dokter Bauerstein, tetangga mereka, tanpa sengaja sedang berada di Styles, ia melihat kejadian Emily dan sangat yakin bahwa Emily diracun. Dokter Emily yang datang hanya mengatakan bahwa Emily terkena serangan jantung, namun Dokter Bauerstein yakin bahwa Emily diracun dan akhirnya mengusulkan untuk melakukan autopsy atas Emily.

Aku mengusulkan pada John apabila memang diracun kasus ini sebaiknya diselidiki oleh Poirot, seorang Detektif Belgia yang kebetulan sedang berada disini dan John pun menyetujui usulanku. Poirot datang ke Styles dan mulai menyelidiki kasus keracunan ini. Cukup sulit karena minim bukti dan terlalu banyak orang yang memiliki motif untuk membunuh Emily apalagi kalau bukan warisan dari Emily.

Beberapa anggota keluarganya bahkan menuduh Alfred yang membunuh Emily, namun malam itu ternyata Alfred bahkan tidak berada di rumah! Poirot menyelidiki asal usul dari racun yang diduga diberikan pada Emily, ia mencurigai kopi yang tumpah dengan gelas yang pecah berkeping-keping, namun ternyata Emily tidak minum kopi malam itu. Ia mencurigai coklat yang selalu diminumnya namun tak ditemukan tanda-tanda racun. Obat tonik yang diminum Emily pun tidak memiliki tanda-tanda bahwa racun dimasukkan kedalamnya. Kasus ini semakin rumit karena banyak variable yang hilang dan sulit ditemukan oleh Poirot.

SPOILER ENDING!:
Penasaran siapa yang membunuh? Yap, ternyata Alfred dan Evie yang saling bekerja sama untuk membunuh Emily! Apalagi motifnya kalau bukan harta warisan dari Emily untuk Alfred. Lalu bagaimana cara membunuhnya padahal Alfred dan Evie tidak berada di rumah saat itu? Mereka memanfaatkan tonik Emily yang memang sudah mengandung racun jumlah kecil namun dikumpulkan jadi banyak di dasar botolnya sehingga Emily dengan sadar meminum racunnya sendiri. Full penjelasan silahkan baca novelnya

Kedepannya aku akan selalu menyertakan spoiler ending ya. Mengingat banyak teman-teman yang ingin ada spoiler dan ada juga yang gamau jadi sebagai jalan tengah aku buat seperti ini aja. Bagi teman-teman yang ingin baca silahkan klik 'buka' jika tidak silahkan lewati saja 😊

REVIEW

Aku membaca lagi novel ini karena sedang mengikuti Reading Challenge yang diadakan oleh Gramedia. Tajuknya adalah Read Christie 2021, selama 12 bulan akan diberikan beragam tema dan kita harus membaca novel karya Agatha Christie yang berhubungan dengan tema tersebut. Sebagai contoh untuk bulan Januari ini tema yang dibawa yaitu ‘Cerita yang berlatar di rumah megah’. Jangan takut bingung mencari judulnya karena pihak Gramedia sudah menyediakan beberapa judul yang akan di update tiap bulan dan kita tinggal pilih deh mau baca yang mana. Nah buat pecinta misteri wajib banget lho ikutan challeng ini!

Hercule Poirot adalah detektif yang paling aku sukai dari seluruh dunia detektif yang dimiliki oleh Agatha Christie. Oleh karena itu, waktu memilih bacaan aku sengaja cari kasus yang ditangani oleh Poirot dan kebetulan ini adalah kisah pertamanya dan aku rasa cocok untuk memulai reading challenge ini. Kenapa aku secara spesifik suka dengan Poirot? Mungkin dari gaya Poirot itu sendiri serta cara menyelidikinya itu cocok denganku apalagi Poirot ini jadi detektif pertama yang aku baca di sebuah novel dan akhirnya tanpa sadar terpatri bahwa Poirot saja yang cocok untuk aku ikuti.

Untuk alur ceritanya sebenarnya kasusnya cukup sederhana ya, hanya sebuah kasus keracunan dan memang dalam keadaan ruang tertutup. Tapi, kalau pembunuhan dengan racun kan tidak akan sulit dilakukan karena bisa disiapkan sebelum-sebelumnya tanpa harus berada disamping korban secara langsung. Makanya aku bilang kasusnya termasuk biasa.

Tapi, tetap saja aku tidak bisa menebak pelakunya siapa hingga akhir 🙈 Karena jujur aku setiap membaca penjabaran dari Poirot tentang kasus ini maka berubah pula pelaku yang aku pikirkan bahkan hingga akhir aku terus berpikiran beda dan ternyata pelakunya bahkan jauh dari radarku. Mungkin bagi teman-teman yang lain bisa mudah menebak nih pelakunya karena semua motif jelas tapi ada beberapa yang ambigu.

Kali ini Agatha Christie tidak banyak basa basi di novel ini. Termasuk fast paced, jadi tidak akan bosan dengan pembuka yang panjang (karena ada tuh novel Agatha Christie yang cukup lambat). Meskipun tokohnya cukup banyak tapi masih dalam tahap bisa dipahami dengan mudah jadi tidak akan sulit ketika tokoh-tokoh ini bermunculan terus.

Novelnya juga bisa dibilang cukup pendek, tidak sampai 300 halaman dan menurutku bagi orang-orang yang baru mau mulai menyelam ke dunia novel misteri, buku ini cocok banget buat dibaca. Kasusnya tidak terlalu rumit, penjabaran kasus pun jelas jadi tidak akan menimbulkan tanda tanya. Dijelaskan juga dengan runtut jadi tidak ada alur maju mundur di novel ini. Aku sendiri bisa menyelesaikan novel ini dalam 2 hari yang sebenarnya bisa hanya dalam 1 hari aja. Tapi, karena aku lembur 😢 terpaksa agak lambat tapi ini beneran page turner lho!

Untuk novel ini aku berikan 4/5 bintang! Awalan yang baik untuk reading challenge kan? Yang suka misteri atau berencana mau baca misteri wajib banget yuk untuk baca novel ini! Bisa dibaca juga secara online melalui Gramedia Digital 😊

Jadi apakah teman-teman ada yang udah pernah baca buku ini juga? Atau ada yang sedang dan berencana untuk baca? Boleh banget ya share-share cerita kalian 😊

BACA JUGA: [REVIEW] NOVEL PEMBUNUHAN ZODIAK TOKYO - SOJI SHIMADA

Post a Comment

26 Comments

  1. Kepengen ikutan ini. Karena suka sama cerita yg agatha christie tulis. Tapi koleksiku nun jauh di sana. Btw yang Gramedia adakan ini mirip kategorinya sama yg di web agathachristie.com. Ganbatte tika. Sukses #readchristie2021 nya. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoo ikutan juga nih challengenya 😆
      Iya sepertinya ini memang sama deh tapi Gramedia buat versi Indonesia-nya juga, soalnya hashtag yang dipakai juga ada yang sama tuh. Makasih ya Rizki 🥰 Semoga gak angin-anginan nih ikutan challenge-nya 🙈

      Delete
  2. Aku ada rencana baca buku ini lho, Kak Tika 🙈. Asiknya baca review buku sebelum membacanya, aku jadi bisa setting ekspetasiku agar nggak ketinggian 😂
    Well, buku ini dapat rating 4/5 dari Kak Tika, aku jadi makin nggak sabar untuk baca 🙈

    Anyway, ide spoiler ending yang bisa dibuka tutup itu keren, Kak! Good job, Kak Tika 👍🏻

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo ayoo baca juga Lia, aku mau liat pendapat yang lain gimana nih. Kan tiap orang beda-beda pendapatnya 😊

      Iya nih Li, demi mengakomodasi keinginan semua pembaca hahaha 🤣 tiba-tiba aja kepikiran bikin begini

      Delete
  3. Aku pernah baca novel ini dulu, tapi sudah lupa sama sekali dengan ceritanya 😂 Baca ulasan Tika jadi ingin baca ulang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa ini novel emang udah lama banget dan seingetku pun aku sendiri sudah pernah baca 😁 Ayo-ayo Far baca lagi bukunya 😊

      Delete
  4. Aku blm pernh baca Agatha Christie yg ini. Tp dr bbrapa buku yg lain, aku jg jaraang bs nebak siapa pelakunya. Kalaupun orangnya sesuai tebakan, malah alasanny, atau caranya ternyata beda. Hehehe.. Jd aku selalu seru pas baca2 buku Agatha Christie 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih Mba bener banget, kalo tau pelakunya pasti bingung deh motif atau buktinya apaan. Emang buku-bukunya Agatha Christie tuh selalu seru deh buat diikutin, makanya dikenal sebagai Ratu Misteri 😆

      Delete
  5. Setelah melihat review-nya jadi timbulah rasa penasaran, jadi pengin baca biar gak penasaran hehe

    ReplyDelete
  6. Selamat memenuhi challenge Read Christie2021 ya mba Tika!! Aku sendiri pernah baca 3 novelnya Agatha, memang misteri yang beliau tulis itu punya ciri khasnya sendiri. Aku sudah lama tidak membaca buku beliau 😂 kayaknya udah bertahun-tahun. Mungkin aku akan coba baca lagi karyanya lagi, salah satunya yang dibahas mba Tika ini. Makasih ya mba buat ulasannya! Aku salut mba Tika bisa meluangkan waktu untuk rutin menulis review si blog👍🏻👍🏻

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba Reka 😊 Aku juga udah lama banget nih gak baca-baca bukunya beliau, karena ada tantangan ini aja akhirnya tertarik buat baca lagi. Semoga terealisasi ya mau baca lagi buku2nya Agatha Christie.

      Hahaha ya sekalian menjalankan dua hobby sih Mba, satunya baca satunya nulis jadi sama2 menguntungkan deh 😁

      Delete
  7. aku udah langganan gramedia digital, tapi yang kubaca baru satu buku aja nih, tiap buka GD Nahla langsung pengen ikutan baca juga, apalagi buku anak di sana banyak jugaa. haha

    Serunya kalo cerita kriminal atau detektif itu kita suka berspekulasi, dan berujung pada tebakan kita yang salah haha.. aku mau coba masukin buku agatha di list baca juga deh.. thanks reviewnya mba tik..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang langganan GD tuh malah bikin bingung Mba apa yang mau dibaca, ujung2nya di download doang tapi gak dibaca. Soalnya aku juga gitu sih 😆

      Iya Mba, emang kalo udah berbau detektif itu seru banget deh. Bikin kita mikir dan seneng kalo tebakannya bener! Makasih udah berkunjung juga Mba 😊

      Delete
  8. Senang banget nemuin blog ini.. Sumpah mba... :D Soalnya saya sendiri bukan tipe orang yg bisa nemuin buku kesukaannya sendiri.. Jadi, saya butuh rekomendasi dari orang2.. Dan yah... Disini banyak banget. Karena aliran saya kebetulan romatis, misteri, sci-fi.
    Dan buku ini sepertinya boleh juga. Mengingat rating Mba yg 4. Dan kebetulan juga saya suka sma buku Agatha..
    Terimakasih yah mba.. Oh ya.. Salam kenal yah mba.. Nama Saya Bayu.. heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Welcome to the club Mas Bayu 😁 Semoga makin banyak baca ya setelah berkunjung dan baca-baca rekomendasi dari sini. Wah, genre kita hampir mirip-mirip nih!
      Kalo Agatha Christie sih udah hampir pasti memuaskan sih alur ceritanya.
      Terima kasih juga udah berkunjung ya Mas Bayu, salam kenal 😊

      Delete
  9. Salah satu ketertarikan saya pada setiap orang adalah hal-hal pertama yang ia lakukan. Kalo nonton film, saya cari debut film dari sutradaranya. Kalo baca buku, saya cari debut bukunya dari penulisnya.

    Saya belum pernah baca Agatha Christie tapi sudah tau dari SMP. Alasan sederhananya waktu itu, saya tidak tau mesti baca novelnya dari mana. Soalnya pada masa itu (sampai sekarang malah), novel Agatha Christie dengan cover baru sangat banyak di toko buku. Dan tidak seperti komik yang dimana ada chapternya, jadi saya kebingungan mau mulainya dari mana. Karena tulisan kak Tika, saya jadi tau kalo ini debut novelnya Agatha Christie. Iseng browsing "book in order Agatha Christie" dan ternyata benar. Saya aja mungkin yang kelewat malas browsing. Ha ha ha.

    Premisnya sendiri agak mirip dengan film Knives Out arahan Rian Johnson. Ngga tau eksekusinya seperti apa. Tertarik euy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah.... Rahul bener-bener niat ya kalau memulai sesuatu! Aku malah gak pernah tuh kepikiran buat cari-cari karya pertama/debut gitu.

      Agatha Christie emang banyak banget novelnya dan detektifnya juga beda-beda jadi kita bisa cari yang cocok detektif mana untuk diikutin.

      Jadi kepikiran film Knives Out, caranya bisa dibilang mirip2 meskipun memang jauh berbeda sekali sih eksekusinya kalau dibandingkan dengan film itu.

      Delete
    2. Kalo ngga salah, film knives out itu yang dibintangi pemeran James Bond Daniel Craig ya?

      Delete
    3. Iya Mas, bener banget yang ada Daniel Craignya tuh

      Delete
  10. Kayaknya menarik mba. Kalau baca novel gini emang suka berubah-ubah nebak pelakunya, aku merasa labil gitu setiap ada bukti baru yang menguatkan seseorang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, lumayan menarik kok ini. Hahahaha ya itulah charmingnya novel misteri ya, suka susah banget nebak2 pelakunya siapa 🙈

      Delete
  11. Aku belum pernah baca satu pun buku dari Agatha Christie tapi nama besarnya memang sudah sering kubaca terutama novelnya tentang detektif hercule poirot.

    Challenge yang diadakan Gramedia itu kita harus beli bukunya ataukah dikasih link ebook? Sepertinya harus beli bukunya kali ya. Tapi kalo ada ebook gratisnya tertarik baca.😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang nama Agatha Christie tuh hampir mustahil ga dikenalin sama orang2 ya... apalagi yg suka baca tuh.

      Kalo dari Gramedia cuma nyediain tema bulanan dan pilihan judul bukunya aja. Untuk bukunya sendiri kita ya cari sendiri. Tapi tenang Mas, bisa download ipusnas aja banyak banget buku Agatha Christie yang gratis dan stock banyak. Tinggal pinjem deh 😄

      Delete
  12. Setelah review novel Agatha Christie dari Lia, sekarang baca dari Mba Tika dan mudah-mudahan setelah ini aku bisa memasukkan novel Agatha di reading list-ku tahun ini 😂 btw, premisnya malah ngingetin aku sama kasusnya Conan, Mbaa. Keracunan di ruangan tertutup dan ngebayangin Conan mecahin kasusnya 😂

    Eniwei, selamat menyelesaikan challenge-nya, Mba Tikaa! Dan iya lhoo fitur window spoiler-nya kreatif sekali 🤩

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Mba Jane ikutan baca karya Agatha Christie, emang banyak banget sih sampe bingung ntar mau yang mana 😆 Iyaaa mba, Conan kan sering banget ya kasusnya tentang ruang tertutup gitu, bener banget aku malah baru ngeh 🙈

      Makasih Mba Jane semoga bisa ikutan full nih 😇 hahaha iya Mba Jane, demi mengakomodasi keinginan seluruh pembaca blog 😆

      Delete