[REVIEW] NOVEL GHOST: A MURDER MYSTERY - LUBOV LEONOVA

 Semua review disini murni pendapat pribadi dan tidak berniat menjelekkan atau mengagungkan karya orang lain. Setiap orang memiliki selera bacaan masing-masing. Terima kasih.

Ghost: A Murder Mystery (sumber: goodreads)

Judul: Ghost: A Murder Mystery

Penulis: Lubov Leonova

Tanggal Terbit: 5 Februari 2021

Jumlah Halaman: 318 halaman

ISBN: 9781525588501

Bahasa: Inggris

BLURB


Lana Morris selalu bermimpi untuk menjadi seorang Penjaga. Dengan mata penyelidik dan kemampuannya membaca pikira, ia sangat cocok untuk menghentikan kejahatan. Tapi, dengan dunia yang dipimpin oleh laki-laki, ia dipaksa untuk menemukan  kegunaan lain untuk Gift membaca pikiran miliknya. Namun, ketika teman dekatnya, Rebecca, meninggal atas keadaan yang mencurigakan, semuanya berubah.

3 tahun setelah tragedy ini, Lana kembali ke desanya untuk mencri kebenarannya. Ayahnya sekarang adalah seorang Pemimpin Penjaga, dan Lana menjadi sekretarisnya untuk mendapatkan akses kes kasus Rebecca. Namun, ketika Lana memulai investigasi rahasianya, pembunuhan baru terjadi, dan kali ini korbannya adalah seorang siswi. Lana melihat adanya hubungan antara kematian ini dengan Rebecca, kedua perempuan ini berumur sama dan memiliki “destructive Gift”. Lana akhirnya mengetahui tentang laki-laki yang disebut sebagai Ghost yang telah membunuh gadis remaja.

Sementara itu, seorang Penjaga bernama Richard Liane, ikut serta dengan kasus ini karena adanya pembunuhan baru, ia memiliki koneksi kuat dengan kasus Ghost ini. Lana dan Richard sangat membenci satu sama lain, Richard berpikir tidak seharusnya seorang wanita ikut serta dalam pekerjaan detektif dan Lana tidak lagi percaya dengan para Penjaga. Namun, seiring semakin dekatnya Ghost, investigasi ini semakin berbahaya. Jika Richard dan Lana tidak bisa menyampingkan perbedaan mereka, Ghost akan membunuh lebih banyak orang dan bahkan Lana bisa menjadi targetnya!

BACA JUGA: [REVIEW] NOVEL LEGENDBORN #1 - TRACY DEONN

SINOPSIS

Lana masih tidak bisa menerima kematian sahabatnya, Rebecca, setelah ia susah payah untuk mengeluarkan Becca dari Mercy House. Mercy House adalah tempat bagi orang-orang dengan “destructive Gift” atau kemampuan menghancurkan. Disini mereka akan dikurung dan diambil Gift yang mereka miliki. Tak hanya Gift-nya saja namun kekuatan magis orang itu pun akan diambil dan mereka akan menjadi Incapable.

Ia kembali ke desanya untuk menyelidiki secara diam-diam kasus ini. Ia tidak percaya bahwa Rebecca bunuh diri setelah semua yang ia alami. Namun, ditengah-tengah investigasinya, muncul kasus pembunuhan baru. Bella telah hilang sehari dan tak ada yang melihatnya dimana pun. Para Penjaga pun mencari Bella dan menemukan tubuhnya bersimbah darah di tengah pada rumput.

Kasus pembunuhan ini dianggap dilakukan oleh Ghost. Dia adalah seorang laki-laki yang tidak diketahui wujudnya dan telah membunuh banyak orang. Ciri khasnya adalah ia mengincar perempuan muda yang memiliki Destructive Gift. Untuk menangkap Ghost, dipanggillah Richard ke desa Lana untuk membantu penyelidikan karena ia adalah salah satu orang yang sangat paham dengan kasus Ghost ini.

Elise, Rose dan Julia adalah 3 orang terakhir yang bertemu dengan Bella. Namun karena ada perselisihan antar mereka membuat mereka terpisah dan Bella masuk ke hutan. Saat berita Bella ditemukan telah tewas dibunuh. Mereka yakin bahwa pembunuhan ini terjadi karena Bella memiliki Destructive Gift.

Ketiga sahabat ini mendengar adanya desas desus tentang Gift Hunter yang memang akan menangkap anak-anak yang memiliki Destructive Gift. Setiap anak-anak mulai mendapatkan Gift-nya pada umur yang tak bisa ditebak tapi biasanya jika sudah berumur belasan tahun. Takut akan bernasib sama dengan Bella karena memiliki Destructive Gift. Ketiga sahabat ini berencana untuk mematai Kyle yang merupakan anak dari Pemimpin Penjaga. Mereka menyusup ke kamar Kyle untuk mencari petunjuk soal Gift Hunter.

Mereka menyelinap ke kamar Kyle untuk mencari catatan ataupun dokumen tentang Gift Hunter. Sialnya baru sebentar berada disana, mereka merasakan ada orang yang datang ke kamar Kyle. Rose dan Elise yang bertugas sebagai pencari bukti harus segera kabur namun, Rose berusaha bertahan dan menyuruh Elise untuk kabur duluan.

Di heningnya malam, terdengar teriakan perempuan yang diduga itu adalah Rose. Saat kembali ke kamar Kyle, Rose tidak ditemukan dimana-mana. Para Penjaga pun dikerahkan untuk mencari Rose dan akhirnya ia ditemukan dalam keadaan tak bernyawa di padang rumput.

REVIEW

Buku ini aku dapatkan ketika ada tawaran masuk untuk kerjasama review buku, jadi aku akan rutin me-review buku-buku yang mereka berikan. Awalnya aku ragu sih karena aku moody dan ada tenggat waktu takut tidak akan bisa diselesaikan, karena sebelumnya aku pernah dapat tawaran tapi aku agak keberatan dengan sistem yang seperti ini. Untungnya kali ini aku bisa memilih sendiri buku yang ingin aku baca jadi pihak penyedia membebaskan aku akan baca apa meskipun list-nya dari mereka.

Nah, dari sekian buku yang ditawarkan aku tertarik untuk baca buku ini karena genrenya yang campuran antara fantasy dan crime. Sejujurnya aku belom pernah baca nih yang seperti ini dan akhirnya aku memutuskan untuk membaca buku ini.

Sebelumnya aku harap teman-teman engga bingung ya saat baca sinopsisnya, karena aku jujur juga agak susah untuk menyusun ceritanya karena buku ini ada 3 sudut pandang yaitu dari Lana, Richard dan juga Elise. Kisahnya juga akan berputar di 3 orang ini, dimana Lana yang ingin mengungkap misteri kematian sahabatnya, Rebecca, sedangkan Richard dengan keteguhannya ingin menangkap pembunuh berantai yang dikenal sebagai Ghost dan Elise yang ingin membongkar Gift Hunter untuk melindungi dirinya dan sahabatnya dengan harapan jika ia mendapatkan Destructive Gift maka ia tidak akan dibunuh.

Tapi, ketiga sudut pandang mereka ini jadi 1 kesatuan cerita kok. Jadi tidak akan ada tumpang tindih antar ceritanya. Meskipun aku sih berharapnya ada judulnya untuk kasih tau dari POV siapa yang sedang dibaca, karena bisa jadi kebingungan nantinya kalo gak ada penjelasan gitu.

Untuk alurnya, buku ini termasuk fast paced menurutku. Dari awal langsung dijelaskan tentang cerita apa yang diangkat dan meskipun gitu semuanya juga tetap dijelaskan se-jelas-jelanya. Jadi, hingga akhir aku membaca buku ini, semua permasalahan yang diangkat clear dan gak akan menimbulkan pertanyaan sama sekali.

Sayangnya, meskipun mengangkat tema crime-mystery di dalamnya, tapi feel investigasi ataupun misteri yang ada di dalamnya masih kurang terasa. Aku tidak bisa menemukan bagian ketika mereka berusaha mencari pelakunya, ataupun investigasi apa saja yang mereka lakukan. Sangat berbeda dibandingkan dengan buku yang memang 100% memiliki genre ini. Cukup disayangkan kalo bagiku. Tapi, sisi fantasi atau magic nya cukup kerasa dan lumayan juga sebagai penyegar di cerita ini.

Sepertinya penulis cukup kesulitan untuk menonjolkan kedua genre ini yang mungkin cukup sulit juga untuk disatukan apalagi memang sub-genre nya berbau magis. Kedua genre-nya menjadi kurang terangkat dengan full disini. Ohya, ada sedikit bumbu romance juga tapi aku malah lebih suka ikutin kisah romance-nya meskipun tidak terlalu banyak dan hanya muncul di akhir-akhir saja.

Tokoh Lana pun jadi favorit di buku ini. Aku suka sifatnya yang cerdas dan berani. Untungnya tokoh-tokoh di buku ini digambarkan dengan tepat dan tidak tanggung. Jadi, cukup mustahil untuk mengurangi nilai buku ini karena tokohnya yang mungkin saja menyebalkan kan.

Meskipun ada beberapa kekurangan seperti yang aku ungkapkan diatas, ide ceritanya menurutku segar dan seru untuk diikuti. Dengan jumlah halaman yang tidak terlalu banyak pun bisa bikin kita cepat untuk membaca buku ini. Secara pribadi aku akan beri rating 3,5/5 untuk buku ini! Siapa tau ada yang tertarik baca, buku ini ada di kindle dan google playbooks!

BACA JUGA: [REVIEW] NOVEL SCHOOL NURSE AHN EUNYOUNG - CHUNG SERANG

Post a Comment

14 Comments

  1. Wah, buku fantasi stand-alone ya. Dikombinasikan dengan mystery/crime pula. Penulis harus berusaha keras sih supaya produk akhir bisa memuaskan pembaca yang tertarik untuk membaca karena 2-3 genre di atas. Sayang sekali ketika membaca bahwa plot mystery/crime-nya kurang greget :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Far, ini ide utamanya udah bagus tapi sayang banget buat aku yang emang ngikutin buku2 mystery/crime gitu pasti gregetan kalo plotnya gak berkembang dengan layak

      Delete
  2. Baru tau ada buku ini.. Walaupun feel misteri crime nya kurang kerasa, sepertinya buat pencinta fantasy cukup ya Mba Tika. Apalagi menceritakan tntng dunia yg ada ada orng2 gifted dg kemampuan super gt.
    Ntr pankapan aku intip di kindle ah. Mau coba sampelnya dulu cocok atau ga, klo cocok baru lanjut 😆😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa Mba, makanya nih idenya oke dan kerasa ada magic-magicnya gitu kan tapi kurang greget lagi ngangkat genre jadi kayak serba nanggung deh~
      yuhuuu silahkan diintip Mba siapa tau bisa cocok 😊

      Delete
  3. Sayang banget genre mysterynya kurang dapet gregetnya, padahal di cover novelnya terpampang tulisan a murder mystery 😂
    Tapi mungkin karena ini gabungan dari fantasy+mystery jadi agak susah nyeimbanginya ya. But overall, 3.5/5 masih oke lah ya hahaha. Aku jadi ingin lihat ulasan di GR-nya gimana 👀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Li, kayaknya emang kombinasi genre-nya yang agak unik jadi eksekusinya kurang total. Tapi, kalo menurutku sih masih lumayan ceritanya. Wah kalo di GR kayaknya bagus2 sih tuh 😆

      Delete
  4. aku yang sampe saat ini gak mau publish ceritaku gabungan fantasy+mystery, bisa ngerasain gimana susahnya gabungin kedua genre tersebut. kayak masih nulis, coret, nulis lagi coret lagi, begitu aja terus hehehe.
    sepertinya aku harus banyak nelusurin lagi gabungan dari dua genre tersebut nih mba tika :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaaa nulis cerita nih? boleh dong kalo udah jadi di share biar bisa baca hehehe
      Iya, karena kedua genre itu emang punya ciri khas masing2 jadi pasti sulit banget tuh untuk disatukan jadi 1 cerita. Semangat yaaaa untuk nulisnya! Ditunggu karyanya 😊

      Delete
  5. Ini fantasy bet yak mba? Aku kayaknya ngga perna membaca buku yang fantasy, kayaknya harus nyobain beberapa deh, biar khayalku maju dan nga gitu-gitu aja :')

    makasi ya mba repiuwnya uwu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo fantasy banget malah kurang sih buku ini. Mending cari buku yang emang genre-nya fantasy banget deh, biar puas pas bacanya 😊

      Delete
  6. Untuk saya sinospsisnya oke kok Mbak Tika, tidak bikin bingung XD

    Wah, kasian ya orang-orang yang punya "destructive gift" harus dihancurkan "gift"-nya terus jadi "incapable". Jadi teringat novel-novel distopia yang punya tema cerita semacam ini juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukuuuur gak ngebingungin sinopsisnyaa hehehe

      Iya Mba, kasian banget jadi kayak kehilangan hidup mereka sama aja kan... ohya? wah novel apa tuh Mba yang gitu juga?

      Delete