[REVIEW] FILM KOREA SEO BOK - SUKA DUKA SI MANUSIA KLONING


Seo Bok (sumber: IMDB)

Seo Bok jadi salah satu film Korea yang aku tunggu-tunggu banget karena tak lain dan tak bukan ada Pakde Gong Yoo di film ini 🤣 Film ini juga jadi project Park Bo Gum sebelum ia pergi wajib militer. Tapi, selain itu tentu synopsis ceritanya nih yang bikin aku penasaran dengan film ini. Film ini memiliki genre sci-fi karena mengangkat kisah tentang manusia kloning.

Manusia kloning ini diperankan oleh Park Bo Gum itu sendiri dan Gong Yoo diminta untuk menjadi “pengawal” saat manusia kloning ini dipindahkan dari laboratoriumnya. Kisahnya semakin mencekam ketika ada banyak pihak yang berusaha merebut manusia kloning alias Seo Bok ini karena memegang rahasia tentang kehidupan yang abadi.

MANUSIA KLONING PERTAMA

Dikisahkan tentang Ki Hoon, seorang mantan agen intelijen yang memiliki penyakit parah. Kini ia bergantung dengan obat-obatan karena penyakit tumor yang ia miliki tidak bisa disembuhkan dengan pengobatan modern sekarang. Ia ditawari pekerjaan untuk mengawal sang manusia kloning pertama yang akan dipindahkan ke tempat lain dari laboratoriumnya.

Seo Bok adalah nama manusia kloning pertama yang pernah ada. Bayaran yang akan diterima oleh Ki Hoon adalah pengobatan terhadap penyakitnya. Ia dijanjikan bahwa Seo Bok memiliki DNA yang mampu menyembuhkan penyakit dan Ki Hoon  akan mendapatkan pengobatan ini.

INTERUPSI BANYAK PIHAK

Dalam perjalanan Seo Bok dan Ki Hoon menuju tempat yang telah diatur, mereka dihadang oleh orang-orang bersenjata yang berusaha merebut Seo Bok. Membunuh segala pekerja yang bersama dengan Seo Bok hingga akhirnya Ki Hoon dan Seo Bok diculik. Pantang menyerah, Ki Hoon berusaha untuk melindungi mereka dan kabur.

Berhasil kabur, mereka bersembunyi di rumah perisitarahatan yang telah disiapkan oleh organisasi tersebut. Dengan harapan akan segera datang bantuan untuk mereka berdua, mengingat Seo Bok harus segera diberikan “obat”nya agar ia bisa bertahan hidup. Sayangnya, justru orang dalam organisasi ini yang kini terus berusaha untuk membunuh Ki Hoon dan Seo Bok.

BACA JUGA: [REVIEW] FILM KOREA 'THE WITCH: PART 1. THE SUBVERSION' - KISAH EKSPERIMEN ANAK

MENGEJAR KEABADIAN

Seo Bok bisa dianggap sebagai keajaiban karena ia bisa hidup selamanya dan DNA yang ia miliki bisa menjadi obat untuk berbagai macam penyakit. Keajaiban inilah yang dimanfaatkan banyak orang untuk kepentingannya sendiri. Mereka ingin menjadikan Seo Bok layaknya tanaman yang akan dipanen DNA nya setiap hari. Seo Bok tidak akan diperlakukan selayaknya manusia biasa.

Tapi, ada juga pihak-pihak yang menentang konsep keabadian yang dimiliki oleh Seo Bok ini. Ini yang membuat pihak pemerintah yang awalnya pro dengan project Seo Bok ini lalu beralih dan ingin menghancurkan Seo Bok. Menyebabkan pengejaran Seo Bok secara terus menerus hingga Seo Bok lenyap dari dunia ini.

In fact, humans are the only species that aware of their own inevitable mortality and we are afraid of it. That very fear of knowing that life someday will end is what makes them pursue a meaningful life. However, if life is not end, people will lose that human element and what will be left is nothing but greed and desire.

Immortality will produce unsatisfiable desires and continues conflict. Paradoxically death is the fundamental element holding life together. If people become immortal, mankind will lead itself to extinction

REVIEW SINGKAT

Sejujurnya aku cukup kecewa ya dengan film ini. Mungkin aku saja yang punya ekspektasi terlalu tinggi dengan film ini sehingga aku tidak siap dengan hasil yang aku dapat ketika menonton ini. Gimana tidak memiliki ekspektasi yang tinggi kalau pemainnya saja sudah top semua dan premis ceritanya pun menarik banget tapi sepertinya eksekusinya yang agak kurang memuaskan.

Apa sih yang bikin aku kecewa? Aku merasa filmnya kurang isi. Aku jujur bosan ketika menonton film ini. Ceritanya itu to the point dan tidak banyak bumbu-bumbu tidak penting yang sebenarnya adalah poin penting tapi alurnya kurang greget.

Isinya banyak mengangkat kondisi ketika Seo Bok dikejar-kejar dan “perang” antara Seo Bok ini dengan pihak yang ingin membunuhnya. Mungkin ini yang membuat aku merasa bosan ketika menontonnya, kayak “Loh, gini-gini doang nih?”

Sebenarnya kalau dipikir-pikir lagi ceritanya termasuk komplit karena kita tau asal-usul si Seo Bok, kita juga diberitahukan masa lalunya Ki Hoon. Tapi, sepertinya ini malah bukan hal yang menarik-menarik banget buat aku. Aku merasa flat aja selama menonton dan sulit untuk merasa tertarik dengan setiap adegan yang diberikan.

Mungkin bagian yang paling menarik bagiku adalah ketika Seo Bok mengeluarkan kemampuannya. Kemampuan si Seo Bok itu keren banget dia bisa menggerakkan barang, menghalau peluru-peluru yang datang kearahnya, menghancurkan peralatan skala besar hanya dengan tatapan/pikirannya aja. Pas bagian ini doang nih yang aku semangat untuk tonton karena seru banget!

Efek-efek yang ada di film ini juga keren. Terutama kalau sudah berhubungan dengan kekuatannya Seo Bok. Filmnya terasa “hidup” karena efek-efek yang ada di film ini. Adegan aksinya juga keren sih, karena sebagian besar Gong Yoo yang beradegan action dan udah gak perlu ditanyakan lagi lah ya kualitasnya. Garangnya Gong Yoo dapet banget dan terlihat manly sekali pokoknya!

Hubungan antara Ki Hoon dan Seo Bok juga termasuk seru untuk diikuti. Mereka kayak kakak adik banget tapi Seo Bok adalah adik yang gak nurut sama sekali bahlan ketika si Ki Hoon khawatir banget dengan kondisi si Seo Bok. Ketika Ki Hoon mati-matian melindungi Seo Bok yang bukan lagi jadi kerjaan baginya namun beneran peduli dengan Seo Bok sebagai manusia. Disini terharu sih pas nontonnya.

Akting kedua bintang utamanya udahlah ya bagus banget emang! Park Bo Gum bisa menggambarkan Seo Bok yang kuat tapi tak tau dunia, ngeliat Seo Bok yang baru pertama kali ke dunia luar tuh lucu gemesin banget ekspresinya! Ekspresi dari lug uke garang bisa banget dikeluarin oleh Park Bo Gum!

Secara keseluruhan aku pribadi akan kasih rating 3,5/5 bintang! Meskipun cukup mengecewakan karena aku yang berharap tinggi banget tapi lumayan lah sebagai film yang memiliki genre sci-fi, fantasy dan action. Buat yang suka genre-genre ini mungkin ini filmnya cocok buat kalian!

BACA JUGA: [REVIEW] FILM KOREA ASHFALL, KISAH PERJUANGAN UNTUK MENGHENTIKAN BENCANA

Post a Comment

8 Comments

  1. lha sama mbk aku juga awalnya sangat antusias nungguin film ini secara yang main Gong Yoo sama Park Bo Gum, tapi ya begitu ceritnya flat aja. Malah mirip sama Luca The Begining kalo aku bilang. Sama-sama mengangkat tema manusia kloning dengan kekuatan super. terus eksekusi ceritanya ya udah kayak ketebak aja. cuma yang bagus itu chemistry park bo gum sama gong yoo udah kayak kakak adik beneran. Aku sendiri mau bikin artikel tentang film ini tapi bingung mau bahas apanya. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku belom nonton sih Mba kalo drakor yang Luca The Begining itu... aku juga nonton ini udah agak lama Mba dan bingung juga apa yang mau dibahas hahaha tapi emang chemistry gong yoo bo gum dapet banget sih, mereka rela ngelindungin satu sama lain itu keren banget!

      Delete
  2. Ya ampun pak de Gong yoo disini ya. Baru tau.. Terakhir nonton film yg ada Gong Yoo itu di Kim Ji Young. Baca reviewnya sepertinya aku bakal nerusin nonton move to heaven dulu dah. XD (shezahome)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa nih Pakde Gong Yoo udah lama ga keliatan di perfilman wkwkwk
      Eh aku juga udah rencana nih mau nonton move to heaven!

      Delete
  3. Gong yoo, kesenengan sohib aku ini
    ceritanya cukup menarik, genre sci-fi aku suka, kayaknya perlu ditonton juga ya, biar bisa tau kira kira aku kasih point ke film ini berapa
    mba tika kasih scor 3,5 dari 5

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoook Mba Ainun ditonton jugaa, penasaran kalo menurut orang lain gimana nih!

      Delete
  4. OMO!!!! ada Gong-yo!!! bareng si Choi-taek reply 1988 pulaaa
    dari kemaren kepo sama film iniiii ke skip muluuu 😮
    fix weekend ini kudu nonton hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhuuuu ayo ditonton Mbaaa siapa cocok nih sama Mba Dea :)

      Delete