[REVIEW] NOVEL FABLE SERIES - ADRIENNE YOUNG

 Semua review disini murni pendapat pribadi dan tidak berniat menjelekkan atau mengagungkan karya orang lain. Setiap orang memiliki selera bacaan masing-masing. Terima kasih.

sumber: goodreads

Judul:

Buku #1: Fable

Buku #2: Namesake

Penulis: Adrianne Young

Tahun Terbit: 2020 - 2021

Bahasa: Inggris


SINOPSIS

Fable adalah seorang pengeruk. Ia mengeruk berbagai macam yang ada di dalam laut misalnya seperti batu-batu berharga yang ada bisa ia temukan di terumbu / koral. Fable sudah berada di Jeval selama 4 tahun, sejak ia ditinggal oleh ayahnya disana. Hidup di Jeval tidak pernah mudah, Fable harus terbiasa dengan ancaman atas hidupnya. Disana para pengeruk lain terbiasa mencuri hasil tangkapan pengeruk yang lain dan demi mempertahankan hasil pengerukannya, nyawa yang menjadi taruhan.

Selama ini, Fable telah diam-diam mengumpulkan coin dan tembaga untuk dijadikan pembayaran yang akan membawa ia kembali ke Ceros, kembali ke ayahnya. Diujung ancaman hidupnya, ketika saat itu Koy, salah satu pengeruk, berusaha membunuhnya, Fable nekat untuk segera berangkat ke Ceros dengan menumpang kapal Marigold.

Meskipun penuh dengan intrik ketika menaiki Marigold, Fable tidak berencana menyerah untuk kembali ke Ceros. Saint, ayah Fable, adalah trader terbesar di Narrow, namun tak satupun orang yang tau kalau Fable adalah anaknya. Dengan penolakan Saint, untuk membawa Fable sebagai kru kapal akhirnya Fable “membeli” posisinya di Marigold sebagai kru kapal.

Dengan bantuan Fable, Marigold bisa menjadi kapal yang bebas karena selama ini mereka menjadi kapal bayangan untuk Saint. Tapi, keinginan mereka tidak bisa berjalan lancar ketika Fable diculik oleh saingan terbesar ayahnya dan terjerat ke masalah yang lebih besar.

BACA JUGA: [REVIEW] NOVEL THE BRIDGE KINGDOM SERIES - DANIELLE L. JENSEN


REVIEW

Satu-satunya alasan aku baca series ini karena ini berpusat di kehidupan seorang bajak laut. Satu-satunya buku yang pernah aku baca tentang bajak laut itu novel To Kill a Kingdom, tapi fokusnya bukan di bajak lautnya sendiri sedangkan di series ini benar-benar kehidupan di laut, kehidupan sebagai bajak laut yang menjadi konflik utama yang diangkat.

Meskipun bergenre fantasy, tapi aku rasa ini lebih ke adventure-nya yang kesorot dibanding fantasy-nya. Apalagi jenis fantasy yang full of magic, makhluk eksotis itu tidak ada disini. Makanya aku rasa untuk world building buku ini gak terlalu sulit. Awalnya mungkin cukup sulit karena belum terlalu familiar dengan istilah-istilahnya. Apalagi banyak bagian-bagian kapal yang disebut, istilah-istilah kru kapal, jenis batuan berharga, dll. Tapi, karena istilah itu terus dipakai jadi lama-lama semakin familiar dan tidak sulit lagi untuk memahami dunia yang dibangun di buku ini.

Buku pertama berjudul Fable, POV yang ada hanya dari Fable saja. Pada buku ini konfliknya mungkin belum terlalu kompleks karena tujuannya lebih memperkenalkan tokoh-tokoh yang ada dengan lengkap dengan kisah masa lalunya. Jadi, selama baca aku bisa relate banget dengan sikap-sikap yang diambil oleh tiap tokohnya. Untuk buku pertama ini aku beri rating 4/5!

Buku kedua berjudul Namesake. Dibandingkan buku pertama, di buku kedua ini sudah jauh lebih kompleks konflik yang dihadapi dan itu berturut-turut. Jadi, selama baca itu tidak bisa tenang karena belum beres konflik yang satu sudah muncul lagi konflik yang lainnya dan ini yang bikin aku jadi penasaran gimana caranya mereka bisa lolos dari konflik yang berat-berat ini. Untuk buku kedua ini aku beri rating 4/5!

Kalo dari segi alur, buku ini termasuk cepat juga sih karena dari awal buku sudah langsung menegangkan dan to the point membahas kira-kira konflik seperti apa yang akan dihadapi oleh tokoh-tokohnya. Cara penulis menyampaikan penyelesaiannya juga memuaskan bagiku karena semua konfliknya terjawab dan terselesaikan dengan baik bukan dengan tergesa-gesa ataupun tidak masuk akal alias terjawab dengan pintar. Penggambaran dunianya juga sangat baik jadi aku sebagai pembaca bisa membayangkan dengan jelas bagaimana sih kehidupan keras yang dijalani oleh para pelaut / bajak laut.

Di series ini penulis mengisahkan para tokoh-tokohnya dengan lengkap. Tidak hanya tokoh utama saja tapi juga para tokoh pendukungnya. Kita bisa tau cerita-cerita masa lalu mereka, perasaan mereka yang sesungguhnya seperti apa, alasan dibalik setiap keputusan yang mereka ambil itu apa. Dengan begini aku merasa bahwa aku bisa deket banget dengan tokoh yang ada di dalam buku ini dan menurutku semua tokoh itu lovable banget ya bahkan yang jahat juga dapet banget ngeselinnya jadi puas banget dengan semua tokoh yang ada.

Favorit disini udah pasti Fable ya. Meskipun di beberapa sisi emang keliatan egoisnya (apalagi kalo kita lihat dari sisi orang lain) tapi Fable itu kuat dan pinter banget. Aku suka banget sama karakter cewek kuat gini dalam sebuah buku, tokoh yang emang bisa bersandar pada dirinya sendiri tapi pada satu sisi juga butuh sandaran dari orang lain. Kalo pada nyari romance ada gak sih disini? Ada banget kok! Tapi itu bukan fokus utama disini meskipun sih emang banyak “masalah” yang muncul ya karena melibatkan perasaan pribadi si kedua tokoh utama. Apakah aku suka dengan romance-nya? Suka dong! Justru terkadang yang bukan fokus di romance itu malah bikin kisah cintanya semakin greget, karena banyak banget tarik ulur, naik turun yang dialami kedua tokohnya itu.

Bahasa Inggris yang digunakan menurutku berada di kategori menengah ya. Ada lumayan banya juga untuk kata-kata yang aku jarang dengar apalagi kalo sudah membahas tentang bahasa kapal atau pelautnya ini. Tapi, buat yang biasa baca seharusnya tidak terlalu ngalamin kesulitan selama baca buku ini.

Pada buku ini gak ada kata-kata kasar yang digunakan tapi ada beberapa adegan kekerasan yang juga berhubungan dengan darah, penyiksaan, pembunuhan. Buat yang kurang nyaman dengan ini mungkin bisa pikir-pikir lagi untuk baca ini. Secara keseluruhan aku akan kasih rating 4/5 ⭐ untuk series ini. Buat yang suka nonton Pirates of Caribbean mungkin bakal suka juga nih baca buku ini!

BACA JUGA: [REVIEW] NOVEL LEGENDBORN #1 - TRACY DEONN

Post a Comment

0 Comments