[REVIEW] NOVEL PALAGAN NUSANTARA - NELLANEVA

Semua review disini murni pendapat pribadi dan tidak berniat menjelekkan atau mengagungkan karya orang lain. Setiap orang memiliki selera bacaan masing-masing. Terima kasih.

sumber: goodreads

Judul: Palagan Nusantara

Penulis: Nellaneva

Tanggal Terbit: Februari 2019

Jumlah Halaman: 384 halaman

ISBN: 9786020490427

Bahasa: Indonesia


BLURB

Tidak ada yang tahu alasan kedua orangtua Kat ditembak mati pada Minggu pagi itu. Kat pun dibuat tak berdaya oleh si penembak sebelum adiknya, Aruni, dibawa pergi.

Kat yakin adiknya tidak ikut dibunuh. Setelah keluar dari rumah sakit, ia mencari adiknya dengan bantuan Garda, robot kucing yang serbatahu, Baskara, si ahli mekanik, dan Mada, si penyandang lengan robotik.

Namun, pencarian Aruni tidaklah mudah. Terlalu banyak kejutan yang ditemui dan jebakan yang harus dilewati untuk kedua adik kakak itu bisa bersama lagi. Tidak hanya itu, perjalanan mereka rupanya mengarah pada hal yang lebih besar lagi, yakni penyelamatan Nusantara.

BACA JUGA: [REVIEW] NOVEL BANYU BIRU - AYU DEWI


SINOPSIS

Di suatu hari yang tenang di rumah kecil Kat, tiba-tiba ada tamu yang datang. Ayah Kat lah yang membuka pintu dan dari kamar, Kat bisa mendengar suara tembakan. Ketika ia melihat keluar sang Ayah sudah terkujur tak berdaya tak lama itu sang Ibu pun bernasib sama. Kat langsung berusaha untuk melindungi Aruni, adiknya yang tak bisa melihat, namun nasib sial juga datang pada Kat dan ia tertembak.

Hingga suatu hari ia terbangun dan diurus oleh tetangganya. Tubuhnya sakit namun ia langsung mencari adiknya yang tidak bisa ia temukan di sisinya. Tetangganya mengaku bahwa saat mereka datang ke rumah Kat hanya ada Ayah Ibu dari Kat yang berlumuran darah dan dirinya yang juga sekarat namun mereka tak bisa menemukan Aruni dimanapun. Kat yakin bahwa Aruni telah diculik dan ia bertekad ingin mencari adiknya.

Bermodalkan uang pas-pasan, Kat berkeliling di Bendungan dan juga mendatangi kepolisian setiap hari untuk mencari kabar terbaru tentang pencarian adiknya meskipun hasilnya selalu nihil. Hingga suatu hari, ada orang misterius yang memberikannya sesuatu yang bisa membantu untuk menemukan adiknya. Mempercayai dengan segala kemungkinan yang ada, Kat pergi ke lokasi yang diberi tahu dan mulai menggali untuk mencari “barang” yang seharusnya membantunya. Tapi, alih-alih menemukan barang, ia malah menemukan robot kucing yang sudah tertanam selama 17 tahun Bernama Garda. Robot ini bukan robot biasa karena ternyata ia bisa berbicara, teknologi yang belum ada saat itu.

Ditemani Garda yang sangat cerewet, Kat menemukan dirinya bertemu dengan Bas dan Mada. Bas pemilik bengkel dan Mada adalah pekerjanya. Kat memutuskan untuk memperbaiki Garda, atas permintaanya, di bengkel Bas dan membayarnya dengan bekerja disana.

Dengan bantuan Garda, Kat mengetahui bahwa adiknya ada di Batavia dan diculik oleh Kakek kandung Aruni. Aruni memang bukan adik kandung Kat, tapi sudah bersama keluarganya sejak lahir karena dibuang oleh sang Ibu. Kat bertekad untuk pergi ke Batavia dan membawa adiknya pulang. Tak sendirian, ia ditemani oleh Mada yang ingin mencari pamannya dan juga Bas yang ingin ikut dengan misi mereka.

Selama perjalanan, mereka mengetahui bahwa orang-orang yang hilang dari desa mereka termasuk Paman dari Mada sedang dalam buronan tapi mereka bertekad ingin melawan kekuasaan yang ada di balik Nusantara. Belum lagi serangan Aiberk, robot ganas pemusnah, yang ternyata telah memusnahkan 2 wilayah dan akan terus berlanjut. Kini, perjalanan Kat tak lagi hanya dalam rangka mencari Aruni tapi juga bersinggungan dengan orang-orang yang ingin mengendalikan Nusantara dibawah kekuasaan mereka yang melibatkan Garda dan penciptanya yang eksentrik.


REVIEW

Ini merupakan novel kedua Nellaneva yang aku baca, sebelumnya aku telah membaca Tujuh Kelana dan aku suka banget dengan cerita yang dibawakan. Apalagi dari blurb sekilas aku membaca ini tentang penyelamatan Nusantara makanya aku tertarik banget untuk baca buku ini dan memiliki ekspektasi yang tinggi.

Latar belakang dicerita ini ada di masa depan tahun 2191, namun aku tidak yakin bahwa ini adalah Indonesia yang sama dengan yang kita tinggali ini. Selain karena namanya yang berbeda yaitu Nusantara untuk Indonesia, Batavia adalah Jakarta, dan Bendungan adalah Bandung. Tapi, pernyataan dari Garda juga menguatkan bahwa ini adalah dunia parallel dari Indonesia yang kita ketahui ini. Sebuah poin plus banget meskipun sayangnya enggak ada penjelasan lebih lanjut tentang dunia parallel ini karena kukira bakal ada sedikit hubungannya kesana.

Untuk alur sayangnya aku akan mengatakan ini termasuk alur lambat, jujur aku ketika membaca ini bosen banget karena aku merasa ceritanya agak kosong diawal dan tidak bisa menarik aku untuk tertarik kedalam dunia buku ini. Apalagi si Garda ini punya banyak rahasia tapi enggak ada sedikitpun yang di spill di awal-awal jadi kita ya mengambang aja. Cerita petualangan perjalanannya juga kurang menarik kalo bagi aku.

Ceritanya baru menarik ketika plot twist udah terjadi. Enggak tertebak sama sekali sih kalo buat aku dan baru sejak itu ceritanya berkembang lebih baik. Tiba-tiba aja semua rahasia di awal itu ditumpahkan di akhir-akhir dan peperangan melawan Aiberk ini juga intense banget. Bahkan hingga akhir kita diberi kejutan lagi, harap-harap cemas apakah akan ada buku keduanya kalo melihat dari akhir cerita yang tiba-tiba dibuat tegang lagi.

Sayangnya untuk tokohnya aku gak bisa menyukai satu pun tokoh yang ada. Dimulai dari Kat, Mada, Garda, Bas bahkan yang lainnya. Aku tidak merasakan perkembangan tokoh yang berarti banget kecuali si Kat yang awalnya penakut jadi pemberani tapi itu pun gak cukup buat aku menyukai tokoh Kat. Mungkin karena perkembangan tokohnya gak kerasa banget jadi aku kurang engage juga dengan tokoh-tokoh yang ada.

Dari aku pribadi akan kasih rating 3.5/5 ⭐ untuk buku ini karena lumayan seru di akhir dan bisa bikin aku penasaran juga kalo bakalan ada buku selanjutnya. Buat kalian yang pengen baca buku fantasi lokal dan ada unsur Indonesia meskipun agak beda mungkin bisa mulai baca buku ini!

BACA JUGA: [REVIEW] NOVEL MELANGKAH - J.S. KHAIREN

Post a Comment

2 Comments

  1. Baru ngeh ternyata ini fantasi ya mba... Dari premisnya sih menarik yaa, Sayang mungkin pas awal eksekusinya agak lambat ya, apalagi kurang jg penjelasan dunia paralelnya. Padahal menurut aku salah satu faktor penting di buku fantasi itu adalah detail di dunianya, apalagi dunianya beda sama yg kita tempatin sekarang.
    Aku jaraang banget baca fanasi dg latar Indonesia, dulu pernah baca Siera dan Tongkat Lilimut paling. Pernah baca juga ga mba? Itu ngambil latar legenda daerah gt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga setuju Mba, kalo fantasi emang world building nya harus kuat tapi novel ini lebih fokus ke tokohnya. Kayaknya aku juga gak banyak sih baca novel fantasi dengan latar Indonesia... dan 2 novel yang Thessa sebutin itu juga belom pernah aku baca sih Mba, kayaknya bisa nih buat masuk TBR wkwkwk

      Delete