RITUAL KHUSUS KETIKA MEMBACA

 

Semenjak pandemic ini aku merasakan “ritual” saat aku membaca itu berubah. Tidak dari awal tapi secara bertahap. Dulu sih biasa aja tidak ada aktivitas khusus atau persiapan apa pun yang harus dilakukan kalo mau baca yang penting ambil buku dan pilih posisi lalu baca sampe capek. Tapi, sekarang rasanya banyak banget apa-apa aja yang harus disiapkan sebelum mulai membaca. Mungkin juga karena aku mulai me-review buku-buku yang aku baca jadi muncul kebiasaan baru saat membaca.

Untungnya ritual baru ini enggak jadi beban untuk aku sendiri dan malah aku menikmatinya karena aku bisa konsen banget saat baca. Semakin konsen saat baca kan otomatis semakin banyak juga buku-buku yang akan berhasil diselesaikan. Setidaknya, tidak akan merasa bersalah deh dengan tumpukan TBR fisik dan digital yang menggunung banget!

BACA JUGA: [MOVIE] 5 FILM KOREA RINGAN COCOK UNTUK BERSANTAI


MODE ‘DO NOT DISTURB’

Bagiku satu-satunya yang mengganggu saat membaca adalah HP lebih tepatnya itu social media. Karena aku tanpa sadar bisa scrolling di media social berjam-jam lamanya. Biasanya sih ini terjadi karena waktu lagi baca ada notif masuk dan otomatis kita cek dong siapa tau ada yang urgent. Nah setelahnya ini yang enggak bisa dihindari. Kayak magnet tiba-tiba langsung buka social media, semuanya di buka tanpa sadar akhirnya lupa baca buku.

Apalagi kalo baca digital, pasti keliatan tuh notif-notif yang masuk apa aja. Makanya setiap aku mau membaca aku selalu mengaktifkan mode ini di HP jadi enggak bakalan terganggu dengan notif-notif yang mungkin masuk karena aku gak bisa bener-bener mematikan HP sepenuhnya saat membaca. Biasanya aku mengatur pesan prioritas jadi kalo pesan yang masuk dari keluargaku pasti notifnya akan masuk jadi aku tetap bisa balas langsung. Gamau juga kan bikin orang tua panik karena anaknya gak bales-bales pesan mereka 😆


READING PLAYLIST

Sejak dulu aku enggak pernah mempermasalahkan dengan suasana saat membaca. Makanya aku tetep bisa fokus baca disaat berada di tempat ramai kayak di café atau misalkan dalam mobil. Malah aku kalo terlalu hening ujung-ujungnya pasti ketiduran makanya aku biasa sambil dengerin musik.

Dulu sih aku emang nyiapin lagu-lagu favorit atau dengan tempo lambat untuk jadi teman membaca. Tapi terkadang malah jadinya sibuk karaokean dibandingkan baca 🤦️ saking sukanya sama lagunya pasti begitu. Abis itu mulai deh aku ganti dengan dengerin musik instrumental gitu. Biasanya di Spotify banyak banget kok yang sharing reading playlist mereka di youtube juga banyak. Kadang aku juga suka cari sesuai dengan genre buku yang aku baca. Misalkan lagi baca buku fantasy maka aku cari musik-musik dengan tema fantasy dan buat aku ini ngefek banget buat nambah konsentrasi pas baca.


YOUTUBE ‘READ WITH ME’

Ini adalah efek berkepanjangan akibat beberapa kali ikut baca bareng. Saat ikut baca bareng meskipun cuma lewat layar laptop dan hening tanpa ada interaksi dengan temen-temen yang lain tapi pas ngerasain baca ada temennya itu asik banget. Sayangnya agenda kayak gini tuh engga nentu dan biasanya cuma sebentar yaitu 1-2 jam itupun jarang deh yang 2 jam.

Ntah kenapa tiba-tiba ngide coba cari deh ada gak yang ngerekam dia waktu baca gitu tapi bukan reading vlog karena biasanya kalo reading vlog itu kan masih ada cuap-cuapnya bahkan seringnya banyak cuap-cuapnya. Keinget ada yang suka nge-videoin dirinya waktu belajar dengan dalih study with me makanya aku kepo apakah ada untuk baca buku dan ada dong! Rasanya seneng banget nemuin ini hahaha. Kalo lagi enggak pengen dengerin musik dan nyari temen baca pasti ujung-ujungnya lari ke youtube read with me.

Karena jam biologis orang dan kesibukan beda-beda aku gak bisa ngajak temenku serta merta kalo aku pengen ngelakuin ini, pernah nyoba sama temen tapi harus janjian dulu dari jauh-jauh hari dan ujung-ujungnya kita malah banyak curhatnya hahaha tapi seru sih emang kalo sama sendiri tapi ya itu suka susah dengan waktu yang pas makanya aku berterima kasih banget sama yang bikin read with me ini 😍


SEBOTOL AIR MINUM

Salah satu perubahan yang dampaknya baik banget buat aku. Jadi setiap aku mau mulai baca aku nyetok sebotol air minum untuk aku bawa dekat dengan aku saat baca. Ini karena biasanya kalo aku udah fokus baca apalagi sedang berada di puncak-puncaknya cerita aku gamau lepas baca apalagi cuma buat ambil minum (jangan ditiru yaa) alhasil bikin aku kekurangan minum bahkan kadang makan aja enggak kalo udah terlalu larut dalam membaca. Makanya aku sekarang siapin botol minum yang enggak perlu bikin aku bergerak buat ambil minum.

Selain itu alasan lain yang paling mendukung yaitu mager. Kalo udah dapet posisi yang “pewe” banget biasanya bikin aku males untuk beranjak karena takut ke-pewe-annya itu menghilang makanya aku suka mengabaikan kalo aku harus minum.


TIMER

Ini biasanya aku lakukan kalo emang udah niat mau baca banget, misalkan lagi hari libur dan enggak bisa kemana-mana dan aku menghabiskan waktu dengan baca. Aku mengatur timer di HP sebagai batas berapa lama aku harus membaca dan istirahat. Biasanya sih aku mengaturnya selama 30 menit – 1 jam dan jika waktu telah habis maka aku harus istirahat. Waktu istirahatnya engga tentu sih berapa lama, ya sesuka hati aja.

Aku ngelakuin ini karena aku dalam 2 tahun belakangan ini banyak baca buku digital. Karena perangkat yang aku pakai bukan e-reader melainkan table atau laptop jadi aku enggak mau semakin merusak mata yang udah rusak. Supaya enggak lelah karena ngeliat layar terus makanya aku memutuskan untuk memberi jeda saat membaca. Awalnya sulit tapi lama kelamaan udah terbiasa jadi enggak keganggu dan harus komitmen juga untuk menerapkan waktu yang udah ditetapkan diawal. Seenggaknya dengan ini bisa sedikit menjaga lah matanya supaya enggak menatap layar terus menerus kan.


READ MORE

Read more ini sebenarnya adalah aplikasi. Aplikasi ini bisa melacak berapa lama waktu yang aku habiskan dalam sehari untuk baca buku tertentu dan bisa menganalisa juga kira-kira berapa lama waktu yang kita butuhkan untuk menamatkan sebuah buku sesuai dengan reading pace kita sehari-hari. Aku baru beberapa bulan ini sih pakai dan selebihnya lebih ke kepo aja dalam sejam aku bisa menghabiskan berapa lembar dan gimana perlakuannya dengan buku genre berbeda. Mirip timer tapi bedanya dia gak bakal ngingetin kita makanya aku tetep pake timer bawaan di hp.

Beberapa orang pake ini untuk readathon mereka. Karena aku suatu saat berencana readathon sendiri makanya mulai coba-coba untuk membiasakan pake ini dan asik juga sih untuk tau perilaku membaca kita sendiri.


KOPI

Aku letakkan kopi di urutan terakhir karena ini bukan ritual wajib setiap aku membaca ya. Biasanya aku menyiapkan kopi itu kalo aku mau baca di hari-hari libur. Ntah kenapa aku mudah banget ngantuk kalo hari libur dan aku sejujurnya tidak suka memanfaatkan waktu libur dengan tidur makanya aku selalu stok berbagai macam kopi di kamar. Meskipun aku merasa akhir-akhir ini aku udah semakin resistan dengan kopi tapi tetep kopi menjadi minuman wajib untuk teman baca di saat libur.

Nah, ini dia 7 “ritual” yang biasanya aku lakuin kalo aku mau baca. Enggak semuanya juga aku selalu aku terrapin tiap membaca ya, karena kadang aku juga suka baca sebelum tidur di hari biasa dan engga semuanya tentu aku lakuin tapi emang paling sering ke-7 hal ini pasti ada saat aku baca.

Kalo temen-temen sendiri ada ritual khusus kah kalo mau baca buku? atau ritual khusus dalam melakukan hobi lainnya?

BACA JUGA: 3 BLOG YANG JADI RACUN BUKU!

Post a Comment

8 Comments

  1. Wahhh so interesting. Aku sendiri nggak bener-bener punya ritual sih, cuma kalau lagi pingin aja baca buku, jadi jumlah bacaan aku bisa fluktuatif banget hehe. Aku setuju banget sih kalo baca di hp itu banyak banget godaannya, itu salah satu alasan aku pakai e reader. Hpku sendiri kalau di luar jam kerja selalu aku pakein do not disturb mode. Aku juga baru tau nih ada aplikasi Read More, nanti aku cari tau deh.

    Tapi kebalikan mbak Tika, aku cuma minum kopi pas hari kerja aja hahaha karna meskipun aku suka banget ngopi, aku takut ketergantungan kalo tiap hari banget, sementara kalo lagi kerja suka ngantuk jadi butuh beneran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu, aku juga pengen banget beli e-reader Mba cuma masih ada beberapa faktor nih yang mau dipertimbangkan hahaha

      Aku kalo kopi sih engga tiap hari minum ya kalo di kantor karena masih kuat untungnya tanpa kopi hehehe ya sesekali sih kadang minum juga

      Delete
  2. Sejauh ini, gue jadi kesulitan banget untuk bisa baca buku. Entah itu fisik atau digital. Tapi, kalo baca komik, langsung dihajar aja sih. Kayak, harus gue habisin sekarang juga. Itu pun baca nya dari hape. Tapi, giliran buat baca buku yang beneran, kok jadi males banget.

    Biasanya enggak pernah ada tuh yang namanya buku masih di sampul plastik. Nah kok sekarang jadi banyak. Beli doang, tapi enggak dibaca.

    Kayaknya sih, mode do not distrub gitu, di gue enggak ngefek deh. Harus emang dibuang jauh-jauh deh gadget. Biar bisa fokus baca. Atau enggak, memaksakan diri buat bawa buku ke kamar mandi.
    Kebiasaan pas kecil sering bawa komik ke kamar mandi
    Dan sejauh ini, yang paling works sih ya itu. Bawa buku ke kamar mandi.
    Bhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo suka baca komik mungkin bisa nyoba baca graphic novel juga yang ada gambarnya karena kadang aku juga kalo lagi suntuk baca larinya ke komik sih hehehe tapi kalo mau nyoba baca lagi mungkin bisa nyobain graphic novel

      Hahaha emang butuh pembiasaan sih kalo baca dari HP gitu apalagi untuk make mode do not disturb. Bisa dicoba dong tuh kalo mau baca buku ke kamar mandi dulu

      Delete
  3. Kalau aku kopi di urutan pertama! Yadalah anaknya ngopi banget mau baca buku, ngeblog, nemenin anak main, biasa selalu ada kopi to keep me sane and focus 🤣

    Salah satu habit yang belakangan ini sering aku terapkan kalau lagi baca buku, adalah menyiapkan pensil dan notes kecil. Pensil untuk menggarisbawahi kalimat tertentu dan menulis notes. Kadang biar cepat, aku simpan voice note sendiri di hape, biasanya menceritakan tentang apa yang aku rasakan dari buku yang sedang kubaca. Waktu baca Tsukuru Tazaki aku sering banget pake VN, pas nulis review tinggal dengar suara sendiri lagi hahahaha.

    Btw, misalkan lagi baca buku yang seruuuu banget, apakah timer tetap dituruti, Mba Tika? *penasaran*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah yap Mba Jane dan kopinya, udah kayak soulmate banget ya

      Eh ide pake VN bole juga tuh Mba! Gak kepikiran sama sekali tapi paling praktis ya kalo mau cepet karena biasanya HP kan selalu ada di setiap saat apalagi kalo yang idenya bisa menguap dengan cepat, pake VN pasti gak akan bikin lupa.

      Kalo bacanya via digital sih aku masih ikutin Mba Jane minimal istirahat 10-15 menit karena ya itu bahaya radiasi layar HP wkwkwk tapi kalo buku fisik biasanya sih bablas aja itu timernya hehehe

      Delete
  4. Demi apaaa aku baru tau di youtube ada yg upload video orang lg baca... Hahhaha.. Wuaa, seruu bangeet. Aku udah lamaaa bgd ga ngerasain punya temen buat baca bareng, terakhir pas kuliah pas main k kosan temen, atau dulu pas ke perpus bareng. Sekarang baca barengnya ganti baca bareng anak, eh klo sama anak itu sih baca jatohnya malah bacain buku sih. Hehehhe...
    Aku juga ga bisa pake musik gitu klo lg baca, lebih seneng diam. Klo ada yg ngobrol aku masih bisa lanjut tanpa keganggu, tp klo udah lagu pasti ujung2nya jd ikutan nyanyi kayak mba tika. Tp aku blm pernah nyoba sambil dengerin yg instrumental. Mau juga ah kapan2 nyoba..
    Makasi sharing2nya Mba Tika, seru ikut dengerin gimana kebiasaan saat baca kayak gini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Thessa mana aesthetic juga jadi enak banget nontoninnya mana latarnya macem-macem ada yang di hutan, pegunungan, laut, taman jadi berasa ikutan kesana juga. Kayaknya klo ditonton di proyektor sih asik tuh hahaha.

      Hahaha iya sih ya Mba kalo sama anak mah jatuhnya bacain bukan baca bareng.
      Btw, setuju banget aku kalo ada yang ngobrol juga bisa konsen tapi kalo udah musik susah banget menahan hasrat untuk engga nyanyinya 🤣

      Delete