[REVIEW] METROPOP: LOVE, HATE & HOCUS - POCUS - KARLA M. NASHAR

Semua review disini murni pendapat pribadi dan tidak berniat menjelekkan atau mengagungkan karya orang lain. Setiap orang memiliki selera bacaan masing-masing. Terima kasih.

sumber: goodreads

Judul: Love, Hate & Hocus - Pocus

Penulis: Karla M. Nashar

Tanggal Terbit: 29 Juli 2019 (publish pertama 2008)

Jumlah Halaman: 264 halaman

ISBN: 9789792289619

Bahasa: Indonesia


BLURB

Hate at first sight. Itulah definisi yang tepat untuk menggambarkan Troy Mardian dan Gadis Parasayu. Mereka partner kerja yang dinamis––sedinamis gejolak permusuhan yang terus meletup di antara mereka berdua.

Menurut Gadis, Troy Mardian adalah contoh sempurna tipe manusia yang tercabut dari akarnya. Jelas-jelas asli Indonesia, kok pakai bertingkah ala bule? Rambut dicokelatin, ngomong bahasa Inggris, barang-barang harus label desainer, dan mati-matian mempertahankan imej metroseksual biar tetap bisa menyandang gelar The Most Eligible Bachelor in Indonesia.

Sedangkan menurut Troy, Gadis Parasayu (atau Paras Ayu) adalah nama terkonyol yang pernah didengarnya. Di Amerika tempat Troy dibesarkan, nggak ada orangtua yang cukup gila menamai anak mereka dengan Beautiful Face Girl. Narsis sekali! Okelah, wajahnya memang eksotis plus lekuk bodi bak JLo, tapi masa sih suka banget pakai merek lokal?

Hanya satu persamaan mereka. Sama-sama nggak percaya hocus-pocus, ramal-meramal, paranormal, astrologi, atau apa pun yang berhubungan dengan dunia pernujuman.

Lalu apa yang terjadi saat mereka terbangun pada suatu Minggu pagi cerah, dan mendapati diri mereka berada di ranjang yang sama dalam kondisi bak Adam dan Hawa saat pertama kali terdepak dari Firdaus––bugil, plus cincin kawin yang melingkari jari manis masing-masing, serta memori samar tentang pernikahan yang mereka lakukan tiga belas hari yang lalu?! 

BACA JUGA: [REVIEW] METROPOP: SECOND CHANCE - FLARA DEVIANA


REVIEW

Kali ini aku gak akan membagikan synopsis versi aku karena bukunya yang cukup singkat dan kalau aku beberkan malah akan jadi major spoiler, jadi langsung nikmati reviewnya!

Aku tau buku ini karena sering banget disaranin buat orang-orang yang nyari buku romance dengan enemies to lovers trope tapi khusus dibuat oleh penulis lokal. Karena udah lumayan familiar dengan trope ini akhirnya aku memutuskan untuk baca dan ternyata buku ini dilabeli Metropop Klasik oleh Gramedia.

Usut punya usut ternyata ini buku terbit pertama kali tahun 2008. Lebih kaget lagi karena ditulis oleh penulis yang aku sukain banget buku teenlitnya waktu masih sekolah. Kaget dan gak nyangka sih, karena aku udah tau dan masih inget banget gimana aku suka buku beliau dan familiar juga dengan gaya nulisnya, dan akhirnya aku memutuskan untuk baca deh buku ini.

Karla M. Nashar pasti menyelipkan sesuatu yang magis di bukunya. Tak ketinggalan buku ini pun begitu, dimana tokoh utamanya, Gadis dan Troy, dibuat jatuh cinta, tunangan, dan menikah dalam kurun waktu 13 hari padahal mereka terkenal musuh bebuyutan alias berantem terus. Apa yang terjadi setelah 13 hari? Mereka sadar dan kembali saling benci tapi uniknya selain benci, rasa cinta itu masih ada juga di hati mereka dan apa yang mereka lakuin selama 13 hari semuanya bisa mereka ingat jelas banget.

Tapi, untuk mencapai titik dimana mereka tiba-tiba sudah menikah itu lama banget perjalanannya. Di awal buku penulis lebih menanamkan karakter mereka yang selalu berantem kayak anjing dan kucing. Apa aja di berantemin. Oh iya mereka ini partner kerja sih dan ini yang memperparah keadaan karena muncul masalah besar di perusahaan mereka dan mereka berdualah yang harus menyelesaikan masalah itu.

Jujur aja aku malah kurang suka dengan adegan berantemnya Troy dan Gadis ini. Menurutku terlalu kekanak-kanakan banget padahal umur mereka udah 20 tahun keatas, aku pribadi malah kayaknya belum pernah baca pertengkaran yang beneran tiada hentinya ini. Apalagi kalo menurutku dasar kebencian mereka tuh gak kuat-kuat amat hahaha kayak karena cuma beda preference lifestyle aja tapi pertengkarannya heboh banget (bahkan sampe depan big bos 🤦️).  Ini jadi salah satu yang bikin aku baca lama banget dan males baca padahal bukunya tipis gak nyampe 300 halaman.

Porsi sweet antara keduanya juga dikit banget karena kerjanya berantem terus itu. Bahkan setelah mereka sadar dan dalam keadaan nikah, kayak gak berubah-berubah amat sikap mereka berdua. Cuma kayak lebih sadar posisi doang trus karena suatu kejadian *pufff* mereka tiba-tiba jadi suami istri sesungguhnya hahaha. Emang sih udah ada tanda-tanda ketertarikan sedikit-sedikit tapi aku tidak puas dari buku ini.

Mungkin sebenarnya ini bisa jadi karena ada buku keduanya kali ya. Yap, masih ada dong lanjutannya jadi kalian tau kalo ending-nya akan menggantung dan kisah mereka dibahas lebih banyak di buku kedua (yang 2x lipat lebih tebal). Tapi, sampe aku menulis review ini aku belum memutuskan untuk lanjut baca lagi atau tidak makanya aku langsung tulis reviewnya dan bukan dalam review series.

Secara kesuluruhan aku kasih rating 3.5/5 untuk buku ini. Lumayan menghibur sih karena beberapa part bagiku ada yang kocak dan mengundang tawa, ide ceritanya juga segar karena mengandung magis. Sayang mood-ku turun karena tokoh utamanya yang aku kurang sukai cara ‘berantemnya’ hahaha. Buat yang mau nyobain buku romance dengan ada unsur magisnya tapi tetep mudah dicerna bisa banget baca buku ini! 

BACA JUGA: [REVIEW] METROPOP: BLUE MORPHO - SEKAR AYU ASMARA

Post a Comment

8 Comments

  1. Hahahah I feel you mba. Bbrp kali aku nemu buku, yg beberapa adegan kayak ga logic ATO lebay. Dan jujur aku suka ilfil kalo udh ketemu yg begitu. Yg ada jadi ga terlalu semangat baca, walopun aku slalu namatin semua buku yg aku baca sih. Supaya Bener2 yakin penulis buku ini bakal aku baca lagi buku2nya yg lain atau ga hahahah.

    Jujur aku LBH suka metropop daripada teenlit. Tapi kalo alurnya masih kebawa teenlit yg suka berlebihan nth dr cara bicara, alur ATO lainnya, agak males sih utk baca.. tx reviewnya mbaa ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba bener banget, kalo udah lebay tuh bikin males baca dan sama kayak Mba Fanny aku juga tipe yang harus namatin buku yang lagi dibaca karena merasa udah nanggung banget hahaha

      Aku juga lebih suka Metropop sih mungkin karena pengaruh umur ya tapi kayaknya pengen juga nyobain baca Teenlit lagi hehehe

      Delete
  2. Hai Tika! Menarik banget yah blog kamu. Definitely will be often blogwalking here, karena aku juga suka banget baca buku & nonton film :)

    Anyway, ditunggu review buku keduanya yahh, semangat bacaa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi! Terima kasih udah berkunjung ya :)

      Hahaha siyapp semoga semangatnya masih ada nih

      Delete
  3. sebenernya secara garis besar tema ceritanya cukup menarik dan khas macam metropop gitu
    ada berantemnya terus uwu gitu
    tapi ini berantem mulu ya seringnya mbak.
    tapi masih ada juga lucunya, lumayan buat obat stress nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, biasanya kan kalo Metropop emang gitu ya cuma aku kurang sreg aja sama cara berantem mereka yang lumayan lebay hahaha
      Iya, untungnya masih ada lucunya jadi masih bisa dinikmati deh

      Delete
  4. Aku bisa membayangkan bosennya baca karena cerita pertengkarannya. Jujur aku udah lama gak baca teenlit atau metropop. Dulu waktu sekolah hobi banget, sekarang kalau disuruh baca lagi kok agak-agak gimana gitu ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak kok Mba metropop2 yang seru untuk diikutin dan relate sama kehidupan sehari-hari. Sepertinya buku ini memang fokus dengan enemies to loversnya itu maka porsi "berantemnya" kenceng banget deh

      Delete