[REVIEW] NOVEL GRACELING - KRISTIN CASHORE

 Semua review disini murni pendapat pribadi dan tidak berniat menjelekkan atau mengagungkan karya orang lain. Setiap orang memiliki selera bacaan masing-masing. Terima kasih.

sumber: Goodreads

Judul: Graceling

Penulis: Kristin Cashore

Tanggal Terbit: 7 September 2009

Jumlah Halaman: 481 halaman

ISBN: 9780547258300

Bahasa: Inggris

 

BLURB

Katsa mampu membunuh seseorang dengan tangan kosong sejak ia berumur 8 tahun karena ia seorang Graceling, salah seorang yang langka di dunianya dan lahir dengan bakat luar biasa. Sebagai keponakan dari Raja, ia harusnya bisa hidup dengan hak istimewa, tapi dengan Grace yang ia miliki, ia dipaksa untuk bekerja sebagai preman untuk Rajanya.

Ia tidak pernah menyangka akan jatuh cinta dengan Pangeran Po.

Ia tidak pernah menyangka untuk mengetahui kebenaran dibalik Grace yang ia miliki atau rahasia buruk yang ada didepannya. Rahasia yang bisa menghancurkan ke-7 Kerajaan dengan kata-kata.

BACA JUGA: [REVIEW] NOVEL TO KILL A KINGDOM - ALEXANDRA CHRISTO


SINOPSIS

Katsa memiliki bakat membunuh dan pamannya sendiri, sang Raja, memanfaatkan bakat Katsa ini untuk menjalani pekerjaan kotor baginya. Salah satu ciri orang-orang yang memiliki Grace yaitu kedua matanya memiliki warna yang berbeda sehingga orang-orang pasti akan mengenali mereka. Bakat Kats aini dikenal banyak orang dan membuat ia ditakuti banyak orang.

Misi terbaru dari pamannya, Raja Randa, yaitu Katsa harus menyelamatkan seorang Pangeran Lienid yang sudah diculik sejak lama. Keberhasilan Katsa ini diketahui oleh seseorang yang tak lain tak bukan adalah cucu dari Pangeran Lienid ini yaitu Pangeran Po. Misi rahasia yang dilakukan Katsa ini hanya diketahui oleh Po yang juga memiliki Grace bertarung.

Sebentar saja keduanya menjadi teman karena sering menjadi sparring untuk berlatih. Hingga suatu hari dalam misi terbarunya, Katsa mempertanyakan apakah layak Grace yang ia miliki ini digunakan untuk menyakiti orang lain dan pertama kalinya ia melawan kehendak Pamannya itu.

Merasa tidak ingin berada di kerajaan Pamannya lagi, Katsa memutuskan untuk ikut dengan Po yang akan berkelana mencari kebenaran atas penculikan yang dialami oleh Kakeknya Po. Dalam perjalanan mereka mengetahui bahwa Raja Leck yang seharusnya memiliki hubungan baik dengan Lienid mengingat salah satu keluarga Lienid menjadi Ratu disana dicurigai sebagai otak dari penculikan kakeknya Po. Tanpa disangka-sangka pun ternyata Leck adalah seorang Grace yang sangat kejam.


REVIEW

Pertama kali tau buku ini karena disaranin oleh booktuber yang aku suka banget dan rekomendasinya selalu cocok dengan aku. Belum lama ini juga Time mengeluarkan daftar The 100 Best YA Books of All Time dan buku ini masuk di salah satu daftarnya. Akhirnya aku memutuskan untuk membaca buku ini.

Buku ini memiliki penjelasan yang sangat deskriptif tentang dunia yang ada. Benar-benar lengkap hingga kisah 7 Kerajaannya juga dijelaskan. Mungkin karena ini adalah buku pertama dari series tentang Grace ini maka dunia yang ada dijelaskan sejelas-jelasnya.

Sayangnya aku merasa kurang dengan plot yang ditawarkan. Di awal setelah mendapat dengan lengkap tentang dunia Graceling ini kita disajikan kisah yang cukup panjang sebelum masuk ke konflik apa yang akan diangkat, karena aku bingung pada awalnya apakah akan ada “perang” besar atau buku ini hanya akan menjelaskan tentang tokoh utamanya yang masih “meraba-raba” dengan Grace yang dia punya. Untungnya ketika mereka memulai perjalanan sudah mulai jelas kearah mana buku ini dibawa.

Ditengah-tengah buku, untungnya plot mulai membaik karena sudah ada arah yang diketahui dan apa yang akan dilakukan oleh kedua tokoh ini. Buku ini akan banyak berlatar dalam perjalanan, jadi kalian akan membaca banyak keadaan dimana tokoh harus bertahan hidup di hutan, mencari makan sendiri, mencari tempat tinggal dan bagaimana melindungi diri dari musuh. Kira-kira itu yang terjadi di setengah buku.

Saat bertemu musuhnya, King Leck, bagian ini lumayan seru menurutku karena lawan mereka kuat banget dan sulit untuk dikalahkan. Apalagi banyak banget ketegangan yang terjadi setelah mereka bertemu dan kembali ke mode survival alias kabur ke tempat aman.

Tapi, hal yang menyebalkannya lagi. Ternyata puncak konfliknya tidak sesuai yang aku harapkan malah jauh dari yang aku harapkan. Aku kira akan melihat pertarungan yang hebat mengingat Grace milik Katsa dan juga Po. Tapi, ternyata tidak ada pertarungan sama sekali dan cara penyelesaiannya juga mudah dan tiba-tiba selesai. Sejujurnya aku kesal pas bagian ini dan cuma bisa bilang “kok gini doang?” hahaha tapi ini yang beneran aku rasain.

Sepertinya penulis malah lebih fokus dengan hubungan kedua tokohnya yaitu Po dan Katsa karena setelah selesai “puncak konflik” ceritanya kembali lagi ke hubungan keduanya dan bagaimana mereka mau melanjutkan kisahnya.

Untuk tokoh aku suka sih dengan Katsa dan Po ini karena mereka kayak pasangan yang setara gitu. Keduanya sama-sama kuat, layaknya pasangan tapi juga teman seperjuangan. Jadi, aku tidak ada masalah sama sekali dengan tokoh ini. Belum lagi ada tokoh Bitterblue, anak Raja Leck, yang dewasa banget dan kuat meskipun tidak sekuat Katsa.

Series ini memiliki 4 buku yang tokohnya berbeda-beda namun dalam dunia yang sama yaitu dunia Graceling ini. Aku rasa buku ini bisa dibaca sebagai standalone saja jika memang kurang tertarik dengan perkembangan dunianya dan itu yang aku lakukan. Aku cuma akan baca buku ini saja.  

Buku ini akan aku beri rating 3.5/5 ⭐. Cukup kecewa dengan penyelesaian konfliknya tapi masih seru untuk diikuti. Buat yang suka dengan buku fantasi tapi penuh adventure dan survival mungkin akan cocok dengan buku ini!

BACA JUGA: [REVIEW] NOVEL SORCERY OF THORNS - MARGARET ROGERSON

Post a Comment

0 Comments