[REVIEW] NOVEL MUST BE A HAPPY ENDING - FLADA

 Semua review disini murni pendapat pribadi dan tidak berniat menjelekkan atau mengagungkan karya orang lain. Setiap orang memiliki selera bacaan masing-masing. Terima kasih.

sumber: Goodreads

Judul: Must be a Happy Ending (2 Buku)

Penulis: Flada

Tahun Terbit: Oktober 2021

Bahasa: Indonesia (Terjemahan)

 

SINOPSIS

Lee Yeon Woo dan Kang Seon Jae adalah pasangan suami istri namun tidak ada cinta di dalam hubungan mereka. Yeon Woo adalah perempuan pendiam sedangkan Seon Jae adalah ahli waris perusahaan konglomerat di Korea Selatan. Setelah 2 tahun pernikahan mereka, Yeon Woo tidak tahan lagi dengan pernikahan mereka yang penuh pura-pura dan suaminya yang selalu mengabaikannya. Yeon Woo pun meminta kepada Seon Jae untuk bercerai.

Di hari mereka dinyatakan bercerai, Yeon Woo dan Seon Jae berpisah di depan gedung pengadilan dan Seon Jae mengajak Yeon Woo untuk bertemu lagi suatu saat nanti di masa depan ketika mereka sudah sama-sama bahagia. Sebagai hadiah perpisahan Seon Jae mengirimkan uang sebesar 10 miliar untuk Yeon Woo. Yeon Woo yang tidak bisa menerima hadiah ini mengejar Seon Jae yang sudah pergi dari hadapannya dan menuju taksi, disana Yeon Woo dengan matanya melihat sang mantan suaminya pergi meninggalkannya selamanya dengan cara tertabrak truk.

Keinginannya untuk hidup bebas dari Seon Jae malah dibayang-bayangi oleh kematian sang suami. Sakit yang ia rasakan membuat ia memohon untuk kembali ke masa lalu dan ingin menyelamatkan Seon Jae.

Diberikan kesempatan kedua dan kembali ke masa lalu, kini Yeon Woo mati-matian melindungi Seon Jae dan tidak ingin bercerai darinya. Yeon Woo lebih membuka dirinya pada Seon Jae dan hal ini membuat Seon Jae pun berubah bukan lagi menjadi pria yang dingin namun suami sesungguhnya. Kini misi Yeon Woo satu-satunya adalah membuat Seon Jae untuk tetap hidup melewati hari tragis bagi keduanya, meskipun masa depan tidak semudah itu diubah karena satu persatu kejadian yang ia alami di masa lalu masih terjadi di masa kini.

BACA JUGA: [REVIEW] NOVEL GADIS MINIMARKET - MURATA SAYAKA


REVIEW

Buku ini jadi webnovel Korea pertama yang aku baca dan ini juga sudah diterjemahkan oleh Gramedia. Sebelum webnovelnya, aku udah ngikutin webtoonnya terlebih dahulu dan itu unik banget sih menurutku makanya waktu liat Gramedia nerbitin versi novelnya aku langsung beli karena jujur penasaran banget akan gimana jalannya apalagi untuk nunggu webtoonnya lama ya keburu udah penasaran meskipun aku juga tetep ngikutin webtoonnya sih tapi seenggaknya udah tau jalan ceritanya 🤣

Buku ini bergenre romance dan fantasy. Meskipun fantasy-nya lebih karena adanya perjalanan waktu yang dialamin tokoh dan juga ada beberapa hal yang tidak masuk akal di kehidupan biasa. Kalau kalian udah bias abaca webtoonnya Korea mungkin akan familiar banget dengan alurnya dan mungkin beberapa bagiannya akan tertebak. Kalian juga mungkin akan terbiasa dengan cara penyampaian di buku ini.

Buku ini bisa dibilang multi POV, karena kita bisa melihat pemikiran dari berbagai tokoh. Awalnya akan bingung sih siapa yang sedang “berpikir” karena bener-bener tidak ada tanda sama sekali, apalagi di buku ini babnya dikit banget jadi tiap babnya itu ceritanya panjang banget. Jadi, setiap berubah POV paling hanya ditandai dengan adanya spacing baru yang menandakan ada cerita baru atau sudut pandang baru yang sedang disampaikan.

Untuk cerita ini termasuk alur yang sedang sih menurutku ya dan semua pertanyaan-pertanyaan yang muncul ketika kita baca pasti terjawab pada akhirnya. Di buku pertama lebih khususnya itu banyak banget pertanyaan yang akan muncul karena banyak hal janggal terjadi. Salut sih tapi dengan penulis yang ternyata mampu untuk memutar-mutar cerita dan pada akhirnya “klik” tepat banget sasaran. Suka!

Untuk tokohnya disini ada banyak banget ya. Kalau buat yang asing dengan nama-nama Korea harus siap-siap bingung siapa yang sedang dibahas 😆 soalnya aku aja kadang lupa ini siapa dan kenapa ada disini. Soalnya bahkan untuk nyebutin nama orang tua tokoh utama aja pakai nama aslinya, bukan Ayah si A atau Ibu si B. Makin puyeng dah siap-siap.

Perkembangan tokohnya juga bagus banget ya, baik untuk si Yeon Woo maupun Seon Jae. Mereka berdua mungkin bisa dianggap menyebalkan banget ya diawal-awal dan itu cukup lama juga sampai aku sendiri sebenernya sempet emosi pas baca 😒 apalagi Yeon Woo tuh sangat mengundang emosi banget. Tapi, untungnya makin lama makin berubah dan sadar sih keduanya jadi enggak bikin emosi si pembaca menurun bahkan sampe drop. Untungnya lah.

Kisah romantis kedua tokoh ini juga menggemaskan banget sih. Meskipun mereka udah nikah 2 tahun, tapi karena emang baru berjuang untuk saling suka akhir-akhir ini malah jadi kayak baru pacaran lagi. Belum lagi ada unsur-unsur cemburu, protektif dan lainnya disini. Bikin baper banget sih kalo udah bacain mereka yang mesra-mesraan 😉

Untuk series ini aku kasih Rating 3.75/5 ⭐! Buku pertama aku kasih rating 3.5/5 dan buku kedua aku kasih rating 4/5. Buat yang suka dengan webtoon Korea apalagi yang romance sih aku saranin banget baca buku ini! Apalagi yang ngikutin webtoonnya, biar gak penasaran harus ikutin juga! Nah, buat yang kepo ceritanya bisa banget cob abaca webtoonnya di Webtoon Indonesia, bisa dibaca gratis kok dan update tiap minggu juga. Siapa tau ikutan penasaran kayak aku kan!

BACA JUGA: [REVIEW] NOVEL SCHOOL NURSE AHN EUNYOUNG - CHUNG SERANG

Post a Comment

2 Comments

  1. Serius deh aku malah baru tau ada versi novelnya . Sementara nungguin webtoonnya berabad-abad ampe suka kelupaan baca updatenya saking lamanya. Kayaknya mau diangkat ke drama kali ya jadi lama gitu.

    Awal tau webtoon ini pas liat teaser episode 1 di tiktok dong. Langsung aja meluncur secara ceritanya dibuka dengan tragis.

    Tapi, iya juga sih. Agak bikin apa ya kaya sengaja ditarik ulur cuma ngga mulus gitu ya. Kerasa banget kaya disengaja dilama-lamain kepo sama suaminya

    Aduh aku mah kayanya ngga bakalan tahan kalo punya suami seganteng itu wkwkwkwkwkwk. Udah ganteng, ngejaga banget eh kaya pula. Wesweswes emang cuma ada di dunia fiksi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya aku juga langsung memutuskan untuk beli novelnya karena udah tidak kuat menunggu webtoonnya yang lamaaa banget updatenya.....

      Emang sih pembuka webtoon ini pinter banget, bikin penasaran dan bikin pengen baca terus. Berharap-harap cemas gimana akhir dari kisah tragis diawal itu. Tapi, aku saranin untuk ikutin sih karena banyak plot twist dan seru tapi emang dramanya juga banyak banget hahahaha

      Delete