[REVIEW] SERIES NETFLIX KOREA HELLBOUND - PENGHAKIMAN PARA PENDOSA

hellbound, netflix, korea, series
sumber: Mydramalist

Series ini jadi salah satu anticipated series aku banget sih di bulan November kemarin. Salah satu yang bikin aku pengen banget ikutin karena plotnya yang menarik dimana manusia itu diberi tau kapan mereka akan meninggal dan masuk neraka. Aku mencoba menonton ini dengan pikiran netral dan tanpa bawa agama apapun. 

Setelah menonton malah ternyata lebih banyak lagi yang dibuka, bukan sekedar manusia yang akan dijemput ke neraka aja. Series ini terdiri dari 6 episode yang tiap episodenya enggak sampe 1 jam. Series ini dibintangi oleh Yoo Ah In, Kim Hyun Joo, Yang Ik Jun, Park Jung Min, Won Jin Ah dan masih banyak lagi. 


Menceritakan tentang makhluk dari dunia lain yang muncul tidak tau darimana dan menyatakan bahwa orang yang mereka incar akan masuk ke neraka. Peristiwa supernatural ini membuat kekacauan besar dan memungkinkan kelompok agama Kebenaran Baru / The New Truth semakin kuat dalam menyebarkan pengaruh mereka. Namun, beberapa orang mulai curiga dan memutuskan untuk menyelidiki.


BACA JUGA: [REVIEW] KINGDOM - KOREAN SERIES


Spoiler Alert! Yang gamau spoiler langsung skip ke bagian review ya!



Rumor Aneh



Selama 10 tahun, Jin Soo memberikan pengarahan bahwa ada makhluk-makhluk aneh yang akan membunuh seseorang dengan cara tragis dan akan dibawa ke neraka. Lebih anehnya, orang-orang tersebut sudah mengetahui bahwa mereka memang akan tewas, bahkan tanggal dan waktunya juga telah diberikan.


Jin Soo bahkan memberikan bukti video tapi banyak pula yang meragukan pembicaraan Jinsu dan hanya menganggapnya sebagai orang yang gila. Hingga suatu hari, di tengah kota Seoul tiba-tiba muncul makhluk aneh diiringi dengan getaran hebat yang mengejar seorang pria dan menghabisinya dengan tragis, dengan cara dibanting dipukul hingga darah berceceran dan puncaknya makhluk ini membakar sang pria hingga yang tertinggal hanya abu dan tengkoraknya yang hangus.



Para Pendosa 


Disaksikan secara langsung oleh banyak orang dan direkam oleh banyak orang, kini Jin Soo mulai dicari karena apa yang ia sampaikan selama 10 tahun terakhir ini terbukti benar. Bahkan kini orang-orang mulai mengikuti dan mempercayai perkataan Jin Soo dan siap bergabung dengannya.


Jin Soo mengatakan bahwa apa yang sedang mereka saksikan ini adalah kehendak Tuhan dimana Tuhan ingin menghukum para pendosa yang tidak ingin bertaubat dan Jin Soo menyatakan bahwa Tuhan sudah menunjukkan banyak bukti namun diabaikan. Pernyataan ini membuat banyak orang semakin mengikuti ajaran Jin Soo bahkan sangat fanatik dengan ajarannya ini.



Para Penolak



Seiring dengan makin banyaknya pengikut Jin Soo ini, banyak juga pihak yang meragukan apa yang ia katakan. Bahkan kepolisian melakukan penyelidikan atas hal ini. Hingga puncaknya seorang Ibu Rumah Tangga mendapatkan titah bahwa ia akan segera mati. Jin Soo meminta bahwa “demonstrasi” ini disiarkan dan si Ibu akan mendapatkan kompensasi besar dari Kebenaran Baru.


Ibu yang ketakutan ini kini datang ke perusahaan pengacara Sado, bukan untuk meminta perlindungan melainkan meminta kepastian bahwa anak-anaknya akan mendapatkan uang yang sudah dijanjikan oleh Jin Soo. Hye Jin, sang pengacara, mencurigai Jin Soo dan bekerja sama dengan polisi untuk melindungi sang Ibu agar tidak mengalami kematian yang direncanakan ini. 


Sayangnya, apa yang mereka rencanakan tidak berjalan lancar. Demonstrasi yang disampaikan oleh Jin Soo benar-benar terjadi dan bahkan disaksikan oleh banyak orang melalui media TV besar. Kini orang yang mempercayai Jin Soo semakin besar.



Kultus Baru 



Kebenaran Baru kini menjadi salah satu kultus agama terbesar yang ada di Korea dengan pengikut dan pengaruh yang sangat besar. Bahkan mereka dengan terang-terangan melakukan demonstrasi di depan televisi untuk menunjukkan para pendosa.


Tapi, diam-diam ada pihak yang masih melawan mereka. Mereka berusaha menyembunyikan orang-orang yang mendapatkan titah ini agar keluarga mereka bisa selamat tanpa harus di cap sebagai keluarga para pendosa. Kini Kebenaran Baru berusaha menutupi kejanggalan yang muncul tiba-tiba dan sangat mengancam keberadaan agama mereka.



REVIEW


Aku hanya butuh 2 hari untuk menyelesaikan series ini. Selain karena memang seriesnya yang memiliki episode dan waktu tayang yang singkat tapi aku penasaran, sebenarnya apa yang menyebabkan makhluk-makhluk ini muncul dan kenapa bisa se-tragis itu.


Oke, jadi buat yang mau nonton series ini aku sarankan banget buat berhati-hati karena series ini tuh kejam banget dan penuh darah-darah. Cara eksekusi si yang katanya pendosa ini tuh parah banget sih. Ada 3 makhluk yang akan datang untuk mengeksekusi tapi bukannya langsung dibakar dan dihanguskan tapi si orang ini akan dibuat tidak berdaya dulu dengan cara dipukul, dibanting, dilempar dan darah bertebaran dimana-mana baru dibakar. Sejujurnya kalo cuma langsung dibakar aja mungkin gak akan seseram itu tapi justru proses sebelumnya itu yang ngeri banget sih.


Selama nonton ini, aku juga langsung keinget cerita Mba Eno tentang banyaknya kultus agama di Korea. Aku awalnya gak paham kalo ternyata arahnya kesana. Pemahaman Jin Soo ini dijadikan agama dan dijadikan aji mumpung banget buat para petingginya. Meskipun si Jin Soo ini awalnya gak menyebutkan ia membentuk kultus baru tapi orang-orang setelahnya itu yang malah membesar-besarkan. Dan melihat bagaimana fanatiknya mereka dengan apa yang mereka percayai itu jujur bikin merinding banget sih. Mereka bisa ngelakuin apapun demi bikin apa yang mereka percayai itu paling benar bahkan sampe harus nyiksa orang lain. Sumpah ini pemikiran yang serem banget sih.


Untuk alur cerita awal-awal seru sih, karena aku penasaran banget dengan konsep penghukuman langsung ini dan kepo banget asal usul makhluk itu darimana, siapa yang memberi pengumuman kematian mereka itu dan kenapa mereka yang dipilih. Tapi, gregetnya kalian tidak akan mendapatkan jawaban itu gaes. Jadi, siap-siap kesal pas nonton ya. Aku juga merasa setelah lewat episode 3 alias setelah settingnya maju ke beberapa tahun kemudian alurnya berubah menjadi lambat dan diulur-ulur, aku sempat bosan sih karena fokusnya sudah berubah ke kultus Kebenaran Baru dan penentangnya. Tetep seru karena ada konflik unik yang diangkat tapi buat aku kurang sih karena diulur tadi. 


Seperti yang aku ungkapkan diatas, aku sempat kecewa tidak ada penjelasan sama sekali tentang konsep ini dan makhluknya tapi ending dari series ini bener-bener bikin aku teriak banget! Karena ada hal yang tak terduga terjadi dan yak lagi-lagi Netflix menggantung kita banget ketika lagi-lagi serunya atau muncul kondisi baru. Wah, kalo series ini gak ada lanjutannya parah banget sih karena situasinya tuh beneran berubah banget! Aku bener-bener berharap banget bakalan ada season 2 nya sih.


Untuk akting, Yoo Ah In parah sih merinding banget! Emang udah juara banget sih aktingnya aktor satu ini. Bisa terlihat polos dan baik-baik eh tapi ternyata mengerikan juga apalagi kalo senyum seremnya juga udah muncul wah makin serem. Series ini juga full action banget ya dan sadis banget, gak cuma karena makhluk itu tapi juga manusianya jadi persiapkan mental kalian!


Secara pribadi akan aku beri rating 3,5/5 ⭐ untuk series ini. Bagus sih tapi aku merasa masih ada bagian yang agak membosankan dan merasa ada yang kurang dieksplore aja ceritanya. Tapi, tetep aku rekomendasiin sih buat yang penasaran buat tonton ini juga. Kalo udah nonton jangan lupa share pendapat kalian disini ya!


Post a Comment

4 Comments

  1. aaaaa, ini kemarin aku nonton baru ep 1 trus ke distract yang lain dan jujur rada bingung juga sama jalan ceritanya😂
    ngebaca penjelasan ini aku udah tahu jadinya kalo nggak cocok sama drama yang satu ini
    meski banyak banget yang bilang bagus sih hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, sebenernya emang bagus tapi aku gak puas nontonnya, terlalu banyak teka-teki yang ditinggalkan gitu loh

      Delete
  2. Aku nonton drama ini sehari langsung selesai mbak. wkwkwk
    Aku gak bisa bilang ada sesuatu yg jelek di drama ini mbak. Akting para pemainnya juga bagus apalagi park jung min sih menurutku. (eh apa karena aku suka banget sama park jung min yah? Hehe)

    Di menit-menit terakhir dramanya cukup intens tapi jujur aku bener-bener gabisa nebak akhir ceritanya akan gimana, karena ya bener kata mbak tika soalnya masih banyak scene-scene yang butuh penjelasan, bikin sakit kepala, frustrasi, tapi ya itu salah satu daya tariknya. Drama ini seperti membuat gambaran bahwa segala sesuatu hal tidak selalu bisa ketemu jawabannya. wkwkwkwk Pokoknya I'm Eagerly waiting for a season 2 !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget syifa! Sebenernya drama ini emang gak ada yang jelek cuma mungkin karena kita sebagai penonton terlalu dibuat bertanya-tanya jadinya kurang puas ya pas nonton hahaha

      Aku juga ngarep banget sih ada season 2 nya soalnya endingnya bikin bertanya-tanya banget!!!

      Delete