[REVIEW] SERIAL NETFLIX KOREA THE SILENT SEA - MISI MISTERIUS KE BULAN

The silent sea
Sumber: asianwiki

Series Netflix The Silent Sea ini udah lumayan lama juga aku tunggu-tunggu ya. Soalnya pemainnya itu sih yang bener-bener bikin gak sabar untuk nunggu film ini. Ada Gong Yoo, Bae Doo Na, Lee Joon, Heo Sung Tae, Lee Moo Saeng, Kim Sun Young dan masih banyak lagi yang lainnya.

Series yang terdiri dari 8 episode ini menceritakan tentang bumi di masa depan, dimana bumi mengalami kekeringan air dan makanan yang hebat karena desertifikasi. Han Yun Jae adalah seorang tentara untuk agensi ruang angkasa. Ia terpilih dalam sebuah team, termasuk Song Ji An untuk perjalanan ke bulan. Misi mereka adalah untuk mengambil sampel misterius dari sebuah stasiun penelitian terbengkalai.


Seperti biasa aku gak tau sebenarnya series ini akan dibawa ke arah mana… aku cuma liat pemainnya dan ada di luar angkasa alias bulan udah cukup untuk bikin aku memutuskan menonton series ini.


SPOILER ALERT!!! Silahkan skip langsung ke review kalau tidak ingin kena spoiler!


BUMI YANG KEKERINGAN


Digambarkan bumi yang sekarang ditempati itu mengalami kekeringan parah. Semua orang kesulitan air dan bahkan laut sudah menjadi sangat kering dan tak terlihat lagi bentuknya sebagai lautan. Di kondisi ini untuk orang-orang mendapatkan air dibutuhkan kartu dimana kartu ini akan digolongkan lagi sesuai tingkatannya. Orang-orang hanya bisa mengambil jumlah air sesuai dengan tingkatan kartu yang mereka miliki.


Pembatasan ini lah yang membuat banyak orang yang protes dan meminta agar ada penyamarataan dalam pembagian air. Orang-orang mengumpulkan suara untuk mengisi petisi penyamarataan pembagian air.



MISI KE BULAN


Di tengah permasalahan ini, Song Jian diminta untuk bergabung dalam perjalanan ke bulan. Awalnya ia menolak tapi ketika tujuan mereka ke Pangkalan Balhae ia langsung setuju untuk bergabung dengan tim ini.


Misi mereka adalah mengambil sampel yang masih bagus yang mereka yakini masih ada di Pangkalan Balhae. 5 tahun yang lalu, terjadi kecelakaan hebat yang disebut-sebut terdapat radiasi hebat disana yang akhirnya menewaskan seluruh penelitinya. Tanpa tau apapun tentang sampel yang harus mereka ambil, mereka semua tetap setuju untuk pergi karena imbalan yang dijanjikan cukup besar yaitu mereka bisa upgrade kartu air yang mereka miliki. Kecuali Ji An yang memang ingin menyelidiki tempat itu karena ia kehilangan seorang kakak disana.



MISTERI KECELAKAAN DI BALHAE


Setelah perjalanan panjang menuju Pangkalan Balhae akhirnya mereka sampai juga dan bisa masuk dengan selamat. Hal pertama yang mereka temui yaitu sebuah mayat yang merupakan bagian dari RX dan bukan bagian dari para peneliti Balhae, mereka curiga bahwa mayat ini adalah penyusup. Tapi, yang membuat aneh adalah cara kematian mayat ini yang cukup aneh yaitu ia layaknya tenggelam padahal itu tidak mungkin di Bulan.


Selain mayat yang mencurigakan, saat dicek ternyata tingkat radiasi yang ada disana dalam takaran normal. Tak ada indikasi kebocoran radiasi yang disebut sebagai penyebab kecelakaan di Pangkalan Balhae. Ketika mereka mencari sampel yang dimasud ke ruang penyimpanan ada lebih banyak lagi mayat yang ditemukan dengan kondisi yang sama yaitu tewas karena tenggelam.


Melanjutkan pencarian, mereka gagal untuk menemukan sampel yang dimaksud pada dua ruang penyimpanan yang mereka jelajahi.



KECELAKAAN PARA KRU


Ji An yang sejak sampai sudah menaruh curiga dengan para mayat dan sejak awal sudah bertekad untuk mencari penyimpanan data untuk mencari tau apa yang terjadi harus berpisah dari rekannya saat mereka harus memeriksa ruang penyimpanan ketiga.


Ketika ia kembali kesana, ia melihat salah satu rekannya ditarik, diangkat dan dijatuhkan dari ketinggian hingga tewas. Yang lebih mengerikan lagi, ia menyaksikan sampel yang harus mereka ambil ada disana tapi tiba-tiba ada yang mengambilnya dan ia kehilangan sampel itu.


Belum selesai masalah tewasnya salah satu kru, di ruang komando tiba-tiba Soo Chan, salah satu kru, dalam kondisi buruk dan tiba-tiba dari mulutnya ia terus menerus mengeluarkan air yang jumlahnya banyak dan tidak normal. Dokter yang ikut dalam misi berusaha memberikan pertolongan pertama pada Soo Chan namun jumlah air yang tak berkurang dan akhirnya Soo Chan harus kehilangan nyawanya.  


AIR LUNAR


Dengan segala yang mereka lalui akhirnya mereka tau bahwa zat yang bertindak sebagai virus di tubuh Soo Chan adalah air namun air ini berbeda. Air ini bisa memperbanyak diri jika bersentuhan dengan makhluk hidup, air ini akan semakin banyak jumlahnya hingga makhluk hidup yang dihinggapi tewas baru air tersebut berhenti membelah diri.


Ternyata air yang sama ini juga yang menjadi sampel yang harus mereka ambil dan bawa kembali ke bumi. Tampaknya, mereka ingin memanfaatkan air ini untuk mengatasi kekeringan yang ada di bumi, padahal air ini sangat berbahaya dan tidak bisa dikendalikan sama sekali. 



REVIEW 


Halo! Selamat tahun baru ya semuanya! Karena aku tidak punya cukup energi (alias mager) untuk nulis pembuka tahun aku memutuskan untuk up aja series terakhir yang aku tonton di 2021 karena sudah cukup berdebu di draft. Series ini udah aku tonton sejak tayang pertama kali di tanggal 24 Desember lalu, namun ya aku cukup malas untuk menulisnya ke review ini. Sejujurnya aku gak tau kalau masalah utama yang diangkat itu adalah tentang air dan ini unik sekali karena gak menyangka aja sih bahwa masalahnya ternyata sedekat itu dengan kehidupan sehari-hari.


Ini adalah film/series kedua yang sudah aku tonton dan berhubungan dengan luar angkasa. Pertama filmnya Song Joong Ki yaitu Space Sweepers dan yang kedua ini. Satu-satunya persamaan yang ada yaitu bumi digambarkan dalam keadaan yang mengenaskan dan sudah tidak layak huni. Sisanya sangat beda jauh. 


Setelah nonton ini aku jadi makin kagum dengan industri film/drama di Korea. Mereka sudah bisa membuat suatu series dengan kualitas yang bagus banget dari segi cerita dan juga sinematografinya. 


Pertama dari segi sinematografinya, sebagai orang yang amatir aku melihat film ini epik banget. Mulai dari penggambaran roket yang mereka gunakan, lalu penggambaran bulan, permukaan bulan, bagaimana mereka harus berjalan di bulan, stasiun luar angkasa, penelitian dan masih banyak unsur lain di dalam series ini yang digambarkan emang rapi banget.


Lalu dari sisi konflik yang diangkat. Awalnya konfliknya terlihat sederhana banget tapi makin lama makin kompleks. Dari yang awalnya cuma mau ambil sampel akhirnya malah nyelidikin apa yang sebenarnya terjadi di Balhae. Alurnya juga cepat dan gak neko-neko. Langsung dari episode 1 aja kita udan dibuat tegang dan deg-degan banget dengan apa yang terjadi ketika mereka sampai di bulan. Gak berhenti disitu aja, konflik yang ada juga makin naik dan terus menerus makin kompleks. Gak ada momen tenang sama sekali selama nonton ini tapi justru ini yang bikin seriesnya gak membosankan sama sekali. Aku bisa nyelesain series ini dalam waktu 1 hari aja!


Dengan semua konflik yang muncul, ketegangan dan aksi yang keren juga. Ada 1 hal yang bikin aku penasaran, kurang penjelasannya tentang air lunar itu sendiri. Meskipun cuma fiksi, tapi aku tetap penasaran dimana mereka temukan air ini, soalnya ini gak dikasih tau dan kita cuma bisa liat sudah dalam bentuk sampel aja. 


Series ini aku beri rating 4/5 ⭐! Ceritanya seru banget, unik, bikin deg-degan iya juga. Apakah aku berharap ada season 2 nya? Hmmm gak yakin juga tapi aku sih seneng aja kalau ada kelanjutannya apalagi melihat nasib air lunarnya jadi gimana. Rekomendasi banget buat yang suka cerita di luar angkasa gini!


BACA JUGA: [REVIEW] SERIAL NETFLIX KOREA SWEET HOME - MANUSIA JADI MONSTER

Post a Comment

6 Comments

  1. mbak Tiiikkk! baru aja aku kelar ntn ep 1
    aku nonton ini karena Gong-yoo yang main 😜
    aku gemes sih baru ep 1 udah kayak gitu
    sama mbaaak aku pun kagum dengan visualnya. gilaaa sih pasti effort nya gede banget. acting actor nya juga. aku sempet bertanya-tanya, itu mereka acting jalan slomo atau emang di slomo rekamannya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbaaa wajib dilanjutin sampe tamat! Bagus banget Mbaaaa huhuhu
      Parah sih emang visualnya bagus banget, pas aku liat behind the scenenya loh kok gitu doang tapi pas di film jadi bagus banget. Aktornya juga udah lah yaaa udah papan atas semua itu maaah gak perlu diragukan lagi!
      Hahaha kayaknya sih akting juga deh Mba biar pas gerakannya kalo gak gak "sebesar" itu gerakan slowmo nya kalo via editan

      Delete
  2. science fiction, aku sukakkk asalkan ga bikin pusying waktu nonton
    kalau ngomongin fiksi dengan genre seperti ini, jadi inget film hollywood, karena rata-rata genre serupa aku lebih banyak film besutan AS
    baca post ini jadi tau ternyata series garapan Korea juga apikk
    catett

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untungnya yang ini gak bikin pusing-pusing banget kok Mba, kita cuma dibuat penasaran aja sama jalan ceritanya.
      Betul Mba, biasanya kan dengan latar yang serupa itu ada di film Hollywood ya, makanya pas nonton ini kepo juga gimana sih kalo dibuat sama Korea dan tetep keren banget Mba! Jangan lupa deh ditonton!

      Delete
  3. Selamat tahun baru kak Tika!!!

    Aku sempet liat trailernya niiihh... Terus penasaran juga karena yang main Goong Yo dan Bae Donna hahaha. Tetep ya yang diliat tuh pemainnya dulu 🤣

    Cuma tetep belom aku tonton karena nanti dulu deh.. masuk dalam list... makanya tadi aku skip langsung ke review aja karena ga mau dapet spoiler wkwkwk

    Thanks untuk reviewnya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat tahun baru juga Mba!

      Ayooo Mba ditonton! Bagusss hehe apalagi kalo suka sama aktornya udahh cuss gak akan kecewa sih

      Makasih juga udah berkunjung Mba 😊

      Delete