9 WEBTOON FAVORITE DI WEBTOON INDONESIA


Sebelum jatuh cinta dengan dunia buku aku udah lebih dulu terjun ke dunia komik. Aku bahkan sampai mengkoleksi komik dengan jumlah ratusan di rumah. Yang aku koleksi itu seperti komik Doraemon baik yang per volume atau yang petualangan, Detective Conan sampe volume 80an, Detective School Q dan komik-komik Jepang ketika aku remaja.

Dulu komik Jepang yang banyak masuk ke Indonesia beberapa penulis seperti Chiba Kozue dan Yoshinaga Yuu adalah penulis auto buy aku yang aku punya semua bukunya, aku suka gambarnya dan ceritanya juga bagus. Mulai dari komik dibawah 10.000 sampai sekarang harganya sudah 20.000-an keatas. Harga yang mahal ini emang sempat jadi kendala aku untuk melanjutkan koleksi komik aku terkhususnya Conan yang aku berhenti di volume 80an, dulu dengan uang 50.000 bisa dapat banyak komik sekarang cuma bisa 2 aja. Tapi, enaknya sekarang sudah banyak website dan aplikasi komik legal yang mempermudah hobi lama aku untuk baca komik. Tapi, sekarang yang sedang naik daun banget adalah manhwa / komik-komik Korea yang semakin mudah juga diakses. Misalnya bisa baca di Webtoon Indonesia atau di Kakaopage, bisa juga baca di web lain seperti Manta tapi pembayarannya bisa pake Paypal.

Yap, komik-komik ini engga semuanya free, hanya beberapa episode diawal saja yang free dan sisanya kita beli seperti koin untuk membaca komik mereka. Tapi, kalau di Webtoon apalagi di aplikasi Webtoon Indonesia kita bisa tunggu komiknya tiap minggu untuk free atau beli koin supaya bisa baca lebih cepat chapter-chapter mendatang.

Nah kali ini aku akan berbagi beberapa komik yang aku suka banget di Webtoon Indonesia yang mungkin bisa cocok untuk kamu. By the way, kebanyakan atau hampir semuanya ini komik romance, karena cukup buku-buku aja yang diselami dengan genre yang gelap.

I Raised a Beast

Satu-satunya teman Blondina adalah seekor kucing yang lucu...tapi ternyata kucing itu... bisa berubah jadi manusia?! Blondina tidak sengaja memelihara binatang yang berbahaya!

Webtoon yang gak ada niatan banget untuk aku baca dan malah jadi suka banget. Gak sengaja liat di instagram cuplikan episodenya dan melihat kok karakternya lucu banget makanya aku langsung baca dan jatuh cinta seketika. Ini tipe yang childhood friends to lover gitu dan aku suka banget dengan kisah mereka yang dari kecil, sweet banget ke satu sama lain, konflik yang diangkat juga bagus banget, ada kekeluargaan dan persahabatannya juga. Paket komplit banget apalagi komik ini udah tamat, bisa banget dibaca sekarang sebelum nanti harus sewa setiap mau baca!

The First Night with Duke


Ada banyak wanita lain yang lebih cantik, dan bahkan lebih elegan dari aku. Tapi... kenapa Duke ini malah terobsesi sama aku yang biasa-biasa saja?!

Ini beneran jadi manhwa yang kocak banget! Tokohnya itu isekai ke dalam novel dan jadi salah satu tokoh figurannya, tapi karena suatu hal dan lainnya malah berhasil memikat Duke yang terkenal banget di wilayah itu. Kocak karena tingkah si tokoh perempuannya yang mati-matian gak mau dan berusahan kabur dari Duke! Tapi gak itu doang, banyak banget momen mengharukan yang terjadi ke Ripley, FMC kita, yang bikin kita deg-degan pas baca. Aku kurang suka dengan art-nya sebenarnya cuma karena ceritanya tuh bagus banget makanya aku jadi suka banget. Dibaca berulang kali pun gak pernah bosen.

Honey Honey Wedding


Nikah sama guru...? Tapi aku belum siap!

Salah satu webtoon yang awal-awal banget aku baca. Dulu belum sebanyak sekarang manhwa Korea kerajaan yang masuk dan banyak banget saat itu webtoon horror, sedangkan aku gak berani baca kalo yang horror-horror gitu. Sebenarnya pas baca ini tuh aku juga agak keganggu sih dengan kenyataan kalo age gap couple-nya itu jauh banget, baca jadi agak gimana gitu. Tapi, kisah mereka tuh bagus sih dan nasib Haesu, FMC nya, itu miris banget, bikin simpati banget. Tapi, untungnya sih mereka saling melengkapi banget jadi ceritanya menarik.

Mystique

Diawali dengan gigitan di leher, ini adalah kisah cinta pelukis River dengan Mystique, mahluk misterius yang terbangun dari tidur panjang. "Bagaimana? Apakah kau ingin mendengarkan kisahku dan Mystique?"

Ini juga webtoon lama tapi aku baru baca akhir-akhir ini. Engga tau alasan apa aku ga baca ini webtoon pas baru terbit padahal art nya itu cakep banget! Semua tokohnya itu tergambar cakep dan cantik, tipe-tipe art yang kayak lukisan kalo aku ingetnya. Ceritanya ini ada genre fantasy dan romance-nya. Ceritanya bagus banget, Mystique, FMC nya, itu polos banget jadi lucu banget tingkahnya, hubungannya sama River, MMC, juga sweet banget dan konfliknya juara! Aku ga bayangin kalo aku ikutin webtoon ini pas masih kejar tayang, kayaknya bakal stress banget karena ceritanya ke akhir tuh sedih banget! Beneran bikin gak sabar mau baca lanjutannya. Sayangnya webtoon ini udah masuk ke mode sewa, jadi harus sabar untuk baca cuma bisa 1 episode sehari kalo mau gratisan.

It Was a Mistake, Grand Duke!

Selama 7 tahun Vivian fangirling pada Grand Duke Glann, bahkan satu kamarnya penuh dengan gambar Grand Duke tersebut! Saat dia hampir kena tuduh menculik Grand Duke karena tiba-tiba saja dia ada dikamarnya, mereka pun memutuskan untuk.. pacaran kontrak?! Apa ini tak salah?!

Another manhwa yang aku pilih karena tokohnya menggemaskan, FMC nya itu polos gak polos yang bikin webtoon ini tuh seru dan menghibur banget. Disini tuh diceritain tentang mimpi jadi kenyataan banget karena Vivian, si FMC udah naksir lama banget dan cuma bisa mengagumi dari jauh eh tiba-tiba malah diajak pacaran sama Duke-nya. Plot twist banget karena ternyata si Duke juga udah suka lama banget sama si FMC ini. Udah cukup panjang episode yang ada tapi belom bener-bener kelihatan sih konflik yang diangkat. Sampai season 2 ini masih banyak melihat ke-uwu-an pasangan yang super menggemaskan ini!

Daytime Star


Yura Hwang, artis yang sudah berkarir 7 tahun tapi dari dulu hanya dapat peran pembantu saja. Orang yang dia kencani pun mengkhianati dan menikah dengan orang lain! Semuanya terasa sangat buruk, sampai akhirnya dia bertemu kembali dengan aktor senior ternama di drama terbarunya. Apakah perjalannya menjadi bintang utama akan tercapai?

Gila sih ini salah satu favorit aku banget!!!! Ceritanya bagus banget dan art-nya cantik banget. Dari webtoon ini kita tau kalo yang sempurna banget emang cuma ada di dunia fiksi ntah di buku atau di komik hahaha. Disini tuh emang lebih memberatkan hubungan antara Yura dan Seunghyun yang sama-sama di dunia artis tapi bedanya Seunghyun itu super duper terkenal sedangkan Yura cuma dapet peran-peran kecil aja. Hubungan Yura sama Seunghyun udah sih sweet banget! Seunghyun-nya bucin banget dan bener-bener suportif. Disini juga kita liat perjuangan Yura yang pelan-pelan merangkak jadi artis ternama. Konfliknya gak berat-berat banget dan pasti bakal jatuh cinta banget sama hubungan sehat mereka ini. Webtoon ini udah tamat jadi aku saranin buat segera baca!

Must Be a Happy Ending


Hari terakhir mengakhiri hubungan dan bercerai, suaminya meninggal. Yeonwoo yang sedang bersedih tiba-tiba kembali ke waktu saat suaminya belum meninggal! Kehidupan pernikahan yang dijalani kedua kalinya. "Kehidupan kali ini akan kubuat benar-benar happy ending!"

Novel dengan pembuka yang tragis yang bikin aku gak bisa berhenti baca sama sekali. Gak cuma itu aku saking penasarannya beli novelnya ketika di terjemahin sama Gramedia. Aku review lengkap novelnya disini. Meskipun udah tau ending nya seperti apa aku tetep ngikutin sih karena suka sama art-nya yang cakep banget!

 Another Typical Romance Fantasy


Littera, hidup kembali di kehidupan ke-3 dalam novel yang ia baca. Tidak ingin mengulangi kesalahannya yang dulu sampai membuat dia dibunuh oleh karakter utama pria, Littera sekarang memutuskan untuk menikah Duke dari utara yang hubungannya tidak terlalu erat dengan kerajaan sebagai cara untuk kabur! Tapi.... ternyata Duke dari utara memiliki tubuh besar, janggut, dan penuh luka! Apakah ini novel romantis-fantasi atau aksi?!

Dari judulnya aja jujur tidak menarik sama sekali hahaha dan waktu lihat art-nya hmmmm bukan tipe kesukaan aku apalagi maaf bukannya apa ya tapi ini pas liat MMC-nya, Pellus, aku makin gak tertarik baca. Sebenarnya malah unik sih karena biasanya kan kalo tokoh utama itu udah pasti ganteng paripurna yang meskipun ada luka tuh tetep terlihat ganteng banget. Satu momen yang bikin aku mau baca ini karena cuplikan di IG yang nunjukin hubungan antara Littera dan Pell ini. Kok sweet dan bucin banget akhirnya aku memutuskan lah untuk baca dan yap gak menyesal sama sekali. Mereka adalah pasangan yang sehat banget dan suportif. Suka banget liat perkembangan mereka yang awalnya dari temen doang lama-lama jadi suami istri sesungguhnya. Parah pokoknya bagus banget! Kocak juga dan penulisnya itu suka melontarkan komen-komen lucu dalam komiknya. Seru banget lah!

Ghost’s Wife


Apakah kamu siap jadi istri hantu?

Salah satu webtoon yang aku baca di awal-awal juga. Baca beberapa episode dan ternyata ceritanya menarik, tentang hantu yang punya kekuatan besar suka sama seorang manusia sampai akhirnya nekat nyamar jadi manusia dan bikin manusia itu jadi istrinya. Bukan tipe yang aku baca sih karena ini horror dan aku gak suka sama art hantu-hantunya tapi aku udah terlanjur penasaran sampe akhirnya ngikutin sampe tamat. Bagus banget sih dan aku suka ending-nya. Konfliknya banyak dan agak berat, tapi emang karena buku ini masih ada romance-nya jadi fokus ke hubungan tokoh utamanya itu gede sih. Meskipun gak suka hantunya tapi aku terkadang masih suka re-read komik ini makanya aku masukkan ke list ini.

Itu dia 9 webtoon yang aku suka banget dan aku rekomendasikan! Kalo webtoon yang aku baca mah banyak banget cuma emang yang aku suka banget baru 9 ini dan yap semuanya mengandung unsur romance ya. Kayak yang aku bilang diatas aku gak mau stress kalo baca komik makanya aku cari yang banyak unsur romance-nya dan kalo baca yang thriller atau horror aku takut kebayang-bayang visualnya makanya sampe sekarang jarang banget menyentuh genre itu kalo di komik.

Kalo kalian suka baca apa aja nih di webtoon?

BACA JUGA: SUKA DRAMA KOREA INI? IKUTIN JUGA VARIETY SHOW INI!

Post a Comment

0 Comments