[REVIEW] METROPOP: ALL THAT IS LOST BETWEEN US - WINNA EFENDI

Semua review disini murni pendapat pribadi dan tidak berniat menjelekkan atau mengagungkan karya orang lain. Setiap orang memiliki selera bacaan masing-masing. Terima kasih.

review, buku, novel, winna efendi
sumber: Goodreads

Judul: All That is Lost Between Us

Penulis: Winna Efendi

Tanggal Terbit: Juli 2021

Jumlah Halaman: 304 halaman

ISBN: 9786020651705

Bahasa: Indonesia


BLURB

Sebelas tahun lalu, Bee meminta Bas untuk pergi.

Dokter ahli bedah pediatri tersebut pindah dari kota ke kota, bekerja di berbagai rumah sakit, sebelum berakhir di klinik sederhana di kota kecil pedalaman Australia. Di sana, Bas akhirnya memutuskan berhenti berlari, kembali ke Melbourne, dan memulai segalanya dari awal.

Di sisi lain, Bee menenggelamkan diri dalam pekerjaannya sebagai dokter Unit Gawat Darurat dengan segala kekacauannya. Dia sama sekali tidak menyangka akan bertemu kembali dengan Bas di rumah sakit tempatnya bekerja. Bee tak punya rencana untuk hidup di masa lalu; baginya, kesalahan besar yang mereka perbuat sebelas tahun silam sudah cukup menghancurkan hidup mereka.

Kini, keduanya berada di tempat mereka bermula. Semuanya tergantung mereka - apakah lebih baik meninggalkan rasa yang terkubur di masa lalu itu dalam-dalam, atau justru cinta berhak mendapatkan kesempatan kedua.

BACA JUGA: [REVIEW] NOVEL METROPOP: THE CASE WE MET - FLAZIA


REVIEW

Kali ini aku juga tidak akan memberikan sinopsis untuk buku ini karena mirip dengan Ugly Love, agak sulit untuk menceritakannya tanpa membocorkan sebagian besar cerita yang ada di dalam buku ini dan akan langsung masuk aja ke sesi review. Sebenarnya ini buku tidak ada di rencana sama sekali ya apalagi sejak baca Ugly Love aku udah bilang belum mau baca buku dengan kisah cinta yang sedih-sedih eh malah baca ini 🤣

Seperti intro diatas, buku ini buku romance tapi bukan untuk kalian yang mencari kisah romance fluffy yang bikin senyum-senyum sendiri karena disini kita akan menghadapi masa lalu 2 tokoh yang berat banget. Memutuskan untuk baca buku ini karena ini sebenarnya ditulis oleh Winna Efendi dan jujur aku suka banget dengan buku beliau. Dulu berkenalan dengan Refrain dan sejak itu mengikuti buku-bukunya Winna Efendi dan pas liat ini terbit langsung tertarik untuk baca.

Tanpa disengaja, lagi-lagi aku membaca tentang 2 orang yang memiliki kisah masa lalu yang suram dan ada semacam trauma bahkan jadi mimpi buruk untuk tokohnya. Bener-bener baca ini mengingatkan banget dengan Ugly Love bukan karena sama persis tapi beberapa elemennya itu sama (kalo baca kedua buku pasti paham deh)

Disini Bas dan Bee punya masa lalu yang panjang banget. 11 tahun berpisah karena masalah yang tidak bisa mereka selesaikan bersama dan ada perbedaan pendapat. Bahkan Bas kabur dari Melbourne demi menjauhkan diri dari Bee. Setelah 11 tahun ia kembali untuk berhenti melarikan diri dan ingin bersama lagi dengan Bee. Meskipun tentunya tidak akan semudah itu.

Perasaan, pilihan, keputusan. Mereka hal-hal paling rumit yang pernah ada.

Alurnya sederhana banget emang tentang pilihan apakah mereka akan berdamai dengan masa lalu secara baik-baik atau tidak. Tapi, ada poin seru di buku ini. Kedua tokoh utama ini adalah dokter. Satu dokter bedah anak dan satu dokter UGD. Ketika baca ini beneran kerasa kayak lagi nonton drama Korea, apalagi aku sendiri udah banyak banget nonton drama medical jadi tidak sulit untuk membayangkan suasana tempat kerja mereka, suasana ketika mereka secara terpaksa harus bekerja sama. Seru dan salut banget disini dengan Winna Efendi, pasti risetnya bener-bener mendalam dan lama banget ini.

Dan disini bagusnya latar mereka sebagai dokter itu bukan hanya disebutkan saja tapi memang dihidupkan. Latar pekerjaan sebagai dokternya dijelaskan dengan detil banget. Ada banyak istilah-istilah kedokteran juga yang disampaikan yang membuat plotnya menjadi lebih hidup. Tapi, ini bisa jadi sedikit masalah bagi orang-orang yang baca dan tidak terbiasa karena pasti sulit untuk membayangkannya, namun jika fokusnya hanya untuk mengikuti kisah Bas dan Bee saja tidak masalah.

Kedua tokohnya juga aku senang banget, karena memang hanya berfokus pada mereka dan masalah mereka. Apalagi melihat Bas yang emang kekeh ingin balikan tapi Bee enggak mau menghadapi masa lalu mereka lagi. Meskipun miris tapi kisahnya sih bagiku enggak bikin yang nyesek banget saat baca.

Things are easy to get rid of, but the stories behind them remind.

Disini ada POV dari Bas dan Bee dalam 1 bab. Jadi, dalam kondisi yang sama kita bisa melihat apa yang dipikirkan oleh kedua tokoh ini. Ada juga penggaklan-penggaklan masa lalu mereka jadi kita bisa melihat juga masa-masa saat mereka masih bersama dan masih bahagia sampai masalah besar mereka datang. Untungnya dalam transisi perbedaan masa lalu dan masa sekarang enggak terlalu sulit dibedakan.

Selain kisah cinta antara Bas dan Bee aja, disini juga diungkit tentang keluarga meskipun enggak banyak porsinya tapi tetep ada. Bagiku ini jadi pelengkap ya untuk kita bisa melihat kenapa sifat, sikap Bee dan Bas bisa menjadi seperti itu.

Untuk rating aku kasih rate 4/5 ⭐! Kisahnya enggakk panjang dan bertele-tele, cocok kalo emang mencari bacaan yang cepat untuk dibaca meskipun ini enggakk bisa dibilang bacaan yang ringan ataupun berat tapi ini masih bisa masuk untuk bacaan yang sedang menurutku.

BACA JUGA: [REVIEW] NOVEL LOVE FROM A TO Z - S.K. ALI

Post a Comment

6 Comments

  1. Wah kangen banget sama tulisannya Winna Efendi :') Jadi pengen baca jugaaa... Thank you reviewnya! ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Mba dibaca! Menarik banget buku ini :)
      Makasih juga udah berkunjung~

      Delete
  2. Walaupun aku belum pernah baca buku kak Winna. Tapi, dari penjelasan kak tika jadi pengen baca karya beliau. Apalagi belakangan ini makin banyak penulis yang cerita tentang profesinya enggak sekadar disebut aja. Bahkan sering sampe dieksplor sehingga kita sebagai pembaca mendapat informasi baru setelah baca ya. Kapan-kapan kucoba baca novelnya kak Winna ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Winna Efendi ini salah satu penulis lama yang udah aku ikutin sejak lama. Aku saranin banget buat diikutin!
      Iya bener banget sekarang udah banyak juga buku-buku yang membahas sebuah profesi bukan hanya disebut saja

      Delete
  3. Yup, kisah cinta Bas dan Bee bukan kisah yang bikin kita merasa tersayat-sayat, disini aku justru berkali kali nangis ketika mereka membahasa tentang keluarga🥲

    ReplyDelete