MY READING JOURNEY IN 2022

Iya…. iya… emang telat banget baru bikin rekapan di pertengahan Januari ini. Ya daripada gak ada sama sekali masih mending niatan menulis ini muncul hahaha. Sebenarnya karena umroh kemarin di akhir tahun makanya aku gak ada kesempatan untuk menulis ini padahal minggu terakhir 2022 itu kantor juga libur 1 minggu tapi ternyata makin mepet perjalanan makin banyak persiapan-persiapan yang mendadak harus dibeli jadi sering keluar.

Baiklah tanpa basa-basi yang lebih panjang lagi, berikut rekapan perjalanan membaca aku di tahun 2022 yang menurutku salah satu tahun terbaik untuk membaca.

TOTAL BUKU YANG DIBACA

Tahun ini aku berhasil baca buku dengan total 76 buku dari target baca 35 buku dengan jumlah halaman 25,751 halaman. Keberhasilan aku banyak baca buku sampai segini sih karena tahun 2022 kemarin aku lumayan banyak nerima buku ARC dan juga kerjasama tipis-tipis dengan penulis yang memang minta bukunya untuk di review.

TOP GENRE 2022

Sebenarnya sih tanpa perlu aku cek pun aku udah tau pasti top genre yang aku baca di tahun 2022 kemarin udah pasti buku fantasi dan buku romance. Udah pasti sih, emang beneran di genre aman banget sih aku tahun kemarin tapi kalo gak gitu aku pasti gak akan baca buku alias kehilangan minat membaca.

Aku baca buku dengan genre fantasi sebanyak 39 buku. Buku romance sebanyak 25 buku. Dan sisanya itu beberapa buku historical yang akhirnya bisa aku baca, buku thriller atau mystery.

ARC BOOKS & COLLABORATION BOOKS

Tahun 2022 yang bikin kacau dunia membaca aku adalah karena aku “keasyikan” menerima dan request buku ARC maupun dari penulisnya langsung. Kalo aku liat-liat sekilas emang banyak banget target aku di 2022 itu gak tercapai karena aku terlalu fokus di buku ARC ini yang ada jadwalnya sendiri jadi agak sulit untuk digeser-geser bacanya.

Jumlah buku ARC yang aku sudah baca dan review di tahun 2022 sebanyak 47 buku! Lebih dari setengah total buku yang aku baca ternyata adalah  ARC. Aku sendiri shock setelah selesai hitung, ternyata banyak banget. Tapi, emang ini tuh kayak terjebak sih aku. Karena aku pake akun baru aku pikir sih akan sulit bagiku diterima untuk baca buku ARC apalagi kalau bukunya itu udah populer bahkan sebelum terbit dan ternyata permintaanku malah diterima. Disitulah aku terjebak dengan lingkaran ini.

Buku kolaborasi yang aku terima untuk aku review ada sekitar 8 buku. Berarti sisanya adalah buku-buku yang memang aku ambil dari TBR ku yang aku yakini adalah karena hasil aku ikut Reading Challenge yang dibuat oleh Mba Jane dan Lia.

MY BEST BOOK 2022

Salah satu keuntungan yang aku dapat ketika baca buku ARC itu adalah aku update dengan buku-buku yang baru terbit. Banyak banget dan bikin aku terbuka juga sih dengan banyak penulis baru, dan enaknya jadi mudah pas ikut Goodreads Award yang biasa dibuat di akhir tahun, karena banyak buku yang aku baca dari ARC masuk juga ke nominasi.

Nah, untuk “best books” tahun 2022 kemarin aku akan pilih 5 buku yaitu:

1. Aroma Karsa by Dee Lestari

2. Violet Made of Thorns by Gina Chen

3. The Book of Azrael by Amber Nicole

4. Archer’s Voice by Mia Sheridan

5. The Very Secret Society of Irregular Witches by Sangu Mandanna

Ke-5 buku ini adalah buku yang memorable banget buat aku dan semuanya dapet rating dari 4.5-5 ⭐.

MY LEAST LIKE BOOK 2022

Kalau ngomongin buku yang kurang aku sukai di tahun 2022 kemarin itu aku langsung kepikiran 2 buku ini:

1. Babel by R.F Kuang

2. Loving the Bad Boy by Autumn Miller

Kedua buku ini emang ratingnya sih dapet 3 ⭐ya dari aku cuma aku tau seberapa beratnya ketika aku baca 2 buku ini. Apalagi Babel yang notabene banyak banget penggemarnya, aku kadang suka merasa bersalah kok gak nangkep seperti yang temen-temen aku rasakan pas baca bukunya. Tapi, ya namanya juga selera jadi emang cocok-cocokan sih untuk tiap orangnya.

TARGET 2023

Seperti biasa, demi menambah semangat untuk baca buku aku menarget jumlah buku yang akan aku baca di tahun 2023. Gak muluk-muluk, aku targetkan untuk baca 40 buku di tahun 2023 ini dan gak menutup kemungkinan bisa lebih dari target seperti tahun-tahun sebelumnya. Aku belum berani memasang target diatas pencapaian tahun lalu karena belom terlalu yakin bisa (apalagi ini udah 2 minggu belom beres baca 1 buku pun).

Selain itu aku juga mau mengerem permintaan buku ARC dan lebih fokus dengan buku-buku fisik yang sudah terlalu penuh di rak buku. Kerjasama untuk review buku pun aku benar-benar seleksi sih karena aku selama ini agak sulit untuk menolak apalagi yang sudah capek-capek email ke aku, tapi kayaknya tahun ini akan lebih keras sih.

Semoga tahun ini juga aku tetap bisa semangat baca seperti tahun sebelum-sebelumnya. Kalau temen-temen ada target baca gak untuk tahun 2023 ini?

Post a Comment

6 Comments

  1. Aku belum bikin iniiiii :/ . Padahal, udah berencana dan buat draftnya tapi gak ada tenaga untuk mengolah kalimatnya wkwkwkw. Walaupun selera bacaan kita agak berbeda, tapi aku selalu kagum dengan progress reading nya Mba Tika yang terbilang rajin, menurutku. Apalagi sampe rutin buat ulasan di blog, meskipun Mba Tika sibuk juga dengan pekerjaannya :D

    Semoga target untuk tahun 2023 bisa tercapai ya Mbaa.... :D
    Kalau untuk tahun ini, aku gak masang target, kayaknya mau baca santai aja wkwkkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Rekaaa buat jugaaa, aku liat Reka di socmed juga suka share-share buku yg udah di baca aku jadi mau kepo karena itu tadi genre kita beda jadi nambah pengetahuan buku yang lebih beragam nih dari Reka

      Aamiin... aku juga bawa santai sih sebenernya cuma emang masang target biar ada semangat aja bacanya hahaha
      Semoga kita gak melempem ya semangat bacanya!

      Delete
  2. Kak Tika, congrats ya karena berhasil melampaui target bacaannya 🥳. Aroma Karsa memang cocok banget sih kalau masuk dalam jajaran best read karena memang sebagus itu 😆. Akupun masih teringat akan sensasi membaca dan sebagian ceritanya karena berkesan sekali~ 700 halaman nggak berasa saking serunya 😆👏🏻
    Semoga target tahun ini bisa tercapai ya, Kak!! Akupun targetnya juga mengurangi timbunan fisik *seperti biasa* dan juga mengurangi timbunan digital karena ternyata pas dilihat-lihat, timbunan di GD banyak uga.. 😂 sama pengin baca lebih banyak buku dari penerbit minor atau dari SEA authors gitu~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasihh Li 🥰
      Iyaaa makanya, Aroma Karsa itu top banget sih. Imajinasinya itu lhooo luar biasa banget
      Aamiin... semangat Li! Aku juga mau ngurangin banget itu timbunan fisik nya, banyak banget udah sampe miris, tapi sama kayak Lia, timbunan GD aku juga luar biasa banyak banget.....

      Delete