MID-YEAR FREAK OUT BOOK TAG: 2022 EDITION

Pertama kalinya nih aku bikin Tag Blog kayak gini, meskipun sebelumnya sih aku udah pernah tau tapi selalu kelewat aja momennya kalo mau ikutan bikin beginian. Nah, mumpung banget ini udah bulan Juni (cepet banget sihh udah pertengahan tahun aja) aku mau coba bikin deh ala-ala gitu sekalian ngerekap bacaan di tahun 2022 ini.

Sebenarnya sih tahun ini tuh agak kacau ya di dunia baca membaca yang aku alamin. Kalau dibandingkan dengan “resolusi” akhir tahun 2021 kemarin tuh banyak banget kayaknya yang enggak kecapai deh. Hal ini tuh karena aku kayak kerasukan untuk baca-baca buku ARC dan juga udah mulai nerima-nerima bacaan ARC. Pada suatu point aku emang ingin membuat blog review buku berbahasa Inggris, mengingat aku banyak banget baca buku Bahasa Inggris dan semacam ambisi sendiri untuk membuat blog ini manfaatnya bisa sampe keluar negeri. Awalnya agak pesimis dan males juga ngurus 2 blog gitu dan aku gak pengen meninggalkan blog ini juga. Sampe akhirnya aku kenalan dengan dunia buku ARC dan malah ketagihan (kebetulan aku merasa ada kewajiban untuk review dalam Bahasa Inggris jadi sekalian aji mumpung juga).

Memperparah keadaan karena aku tidak menyangka request-request yang aku buat itu diterima, apalagi sama buku-buku yang emang udah dinanti banget dan dipublish oleh publisher ternama. Akhirnya menumpuk deh itu ARC yang harus aku baca jadi sangat sulit buat aku untuk memangkas TBR ku sendiri.

Kok, ini jadi kebanyakan curhat ya 🤣 Ya, jadi emang buku-buku yang aku sebutkan kali ini tuh malah banyak banget ARC yang syukur-syukur sih beberapa udah terbit jadi udah bisa dibaca sama temen-temen sekalian. Aku cari isi Tag-nya ini dari internet aja dan baca-baca punya book blogger lainnya yang pertanyaanya itu sama aja jadi aku gatau juga ini originalnya darimana. Kalau ada yang tau boleh sih kabarin biar aku Tag!


 Best Book YOU’ve Read in 2022 

Ketiganya buku fantasi dan ya kebetulan juga emang jadi genre favorit aku jadi jangan heran kalo yang muncul disini. Ketiga buku udah aku ulas di blog ini, bisa langsung baca review lengkapnya kecuali Violet Made of Thorns yang masih jadi draft karena aku terbitin nanti deket tanggal publishnya. Kalian yang suka fantasi wajib sih baca ke-3 buku ini. Apalagi kalo belum baca Aroma Karsa, langsung dah cuss baca!


 Best Sequel YOU’ve Read in 2022 

Sempet bingung juga milihnya karena ternyata enggak banyak buku sequel yang aku baca. Rata-rata masih di buku pertama untuk series-series yang udah aku baca. Tapi, 2 ini terbaik sih. Belom baca The Wrath of the Dawn sama sekali? Bacaaa ini bagussss banget! Dan yang ngikutin Six Crimson Cranes, kalian harus baca lanjutannya karena bagus dan memuaskan (nyesek juga sih tapi eh spoiler)


 New Release You Haven’t Read yet but want to 

Book Lovers bakalan jadi buku ketiga dari Emily Henry dan alasan terbesar aku pengen baca itu karena berputar di si “book lovers” ini dan aku kepo banget sih sama ceritanya, lumayan banyak yang suka juga. Sama kayak The Wedding Crasher yang muncul terus di pencarian instagramku. Seakan-akan ini adalah panggilan aku harus segera baca nih buku ini 🤣


 Most Anticipated Release for the Second Half of the Year 

Karena aku suka banget dengan buku sebelumnya dari 2 penulis ini otomatis aku jadi semangat banget buat baca. Love in the Brain dari Ali Hazelwood yang nulis buku populer The Love Hypothesis dan The American Roommate Experiment by Elena Armas yang sebelumnya menulis The Spanish Love Deception. Apalagi pas udah baca blurb dan sepenggal review orang-orang yang juga suka dengan buku ini akhirnya yaaa aku penasaran deh dengan buku ini!


 Biggest Disappointment for the first Half of the Year 


Bukan buku pertama yang aku baca tentang kehidupan keluarga / remaja Asia yang berada di “tempat” berbeda dan berusaha untuk menggapai cita-citanya. Tapi, aku mungkin sudah tidak bisa menolerir sang tokoh utama makanya aku bener-bener menurun banget minat aku ketika baca buku ini. Sangat disayangkan banget sih sebenernya.


 Biggest Surprise 

Kedua buku ini menjadi buku pertama yang aku baca dari penulis ini dan aku jatuh cinta banget! Tidak ada ekspektasi apa-apa tapi berhasil bikin aku gak bisa berhenti baca bahkan ngebut baca karena seru banget buat diikutin.


 Favourite New Author (debut or new to you) 

Aku gak bisa mendefinisikan kata “favourite” disini. Kalau sekedar suka aja dengan penulis-penulis yang baru debut atau bukunya baru aku baca emang ada beberapa tapi untuk masuk ke kategori favourite atau kesukaan itu untuk aku personal sih butuh untuk baca lebih dari 1 atau 2 buku/karya, makanya untuk tag yang ini aku kosongin aja.


 Newest Fictional Crush 

Udah pasti Khalid dari The Wrath and the Dawn series dan Takkan dari Six Crimson Cranes! 2 tokoh fictional (laki-laki) yang bikin aku jatuh cinta banget! Keduanya itu udah pasti SETIA banget dan soft banget kalo udah sama pasangannya meskipun dikenal sebagai kejam atau monster. Perlakuan mereka ke tokoh utama perempuan sih yang bikin aku kagum sekagum-kagumnya sama kedua tokoh ini.


 Newest Favourite Character 

Mina dari The Girl Who Fell Beneath of theSea adalah salah satu tokoh yang aku suka banget. Aku kagum dengan sifatnya yang bener-bener pintar, baik dan kuat meskipun bukan kuat fisik tapi lebih ke kuat mental. Apalagi dia peduli banget dengan orang-orang disekitarnya bikin aku makin suka banget sama tokoh Mina!


 Book that Made You Cry 

Aku ini cenderung menjadi pembaca yang suka menunda-nunda baca buku yang premisnya akan menjadi buku sedih. Lebih ke tidak siap aja untuk baca buku seperti itu. Tapi, aku secara sengaja tidak sengaja baca Unlikely Match, sebuah buku tentang pejuang transplant. Selain sedih karena penyakit yang dideritanya, perlakuan yang sang tokoh dapat dari keluarganya ini yang bikin akum akin nangis banget bacanya, lebih ke nangis frustasi gitu sih sebenernya.


 Book that Made You Happy 

Aku pilih buku Cinder-Nanny ini karena selama baca buku ini aku happy dengan semua yang terjadi disini. Mulai dari tokohnya, konflik yang diangkat dan juga penyelesaian konfliknya yang aku suka. Selama baca ini senyum-senyum terus deh makanya aku rasa ini bisa jadi buku yang happy buat aku. Bukan yang lainnya enggak ya, tapi aku mengartikan tag ini sih buku yang ketika aku baca itu aku merasa senang tanpa ada “stress” yang ditimbulkan.


 The Most Beautiful Book You’ve Bought 

Aku gak beli banyak buku tahun ini, karena beberapa ebook yang aku punya pun itu udah dibeli sejak kapan tapi baru mulai aku baca sekarang. Kalau aku harus milih sih udah pasti Cantik itu Luka jadi pemenangnya. Belom baca sih jadi gak bisa komen isinya tapi kalo cover mah cantik banget ya. Dan ini emang bukan yang special edition 20 tahun ya karena aku belum tau akan suka bukunya atau engga jadi yang biasa aja sih udah cukup banget.


 What Books You Need to Read by the End of the Year? 

Sebenernya sih semua buku yang ada di TBR ku itu harapannya bisa aku selesaikan dalam tahun ini. Cuma ya kita realistis aja ya, kayaknya sih akan susah banget. Makanya aku pilih beberapa buku ini aja karena ini tuh buku-buku fisik yang udah aku punya dan harus segera aku selesain baca supaya aku bisa beli buku fisik baru 😆


 Book to Movie Adaptation 

Harusnya itu judulnya pake “favourite” cuma karena hasrat aku untuk menonton tahun ini tuh drop banget jadi enggak banyak tuh yang aku tonton. Tapi tahun ini aku nonton filmnya Detective Hercule Poirot, detektif kesukaan aku dari buku Agatha Christie yang udah ada 2 film sekarang. Kebetulan aku belom baca bukunya jadi pas nonton ini kejutan banget, tapi aku gak tau seberapa mirip jalan cerita yang diangkat. Satu yang melekat di aku tuh image Hercule Poirot entah kenapa agak beda dengan yang aku bayangkan. Pada bayangan aku tuh Poirot emang jenius banget tapi dia tuh agak kaku dan kayak cool gitu aja loh enggak terlalu banyak ekspresi cuma Poirot yang aku tonton itu kayaknya lebih ekspresif aja makanya masih agak aneh kalo udah muncul bagian ini.

Dan beginilah sedikit kilas balik di setengah tahun 2022 ini. Lumayan variatif juga pilihan bukunya karena aku dari Januari – Juni sudah berhasil menamatkan lebih dari 40 buku yang artinya juga Goodreads Challenge­-ku sendiri udah berhasil aku penuhi.

Nah, buat temen-temen gimana nih setengah tahun di 2022? Udah berhasil namatin berapa buku? Atau udah ada buku yang berhasil ditamatin belom? 😆 Yuk ikutan buat tulisan ini supaya makin banyak racun-racun buku lagi!

Post a Comment

21 Comments

  1. Asik juga bikin mid-year freak out tag versi blog hihihi. Sama, penasaran sama Book Lovers, kayak muncul terus di video atau post yang aku temuin

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayook buat juga mbaaa
      iyaa kan aku juga jadi kepo bgt sama Book Lovers tuh

      Delete
  2. tahun terburuk untuk membaca buku. aku tahun ini bahkan belum ngelarin 1 buku :( semoga ke depan bisa menyelesaikan buku-buku lainnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. gapapaaa jangan dipaksakan kok emang kalo mau baca buku yang penting niatnya dulu ajaa

      Delete
  3. Mba Tika kalau buku ARC itu sistemnya seperti apa? Apakah ada persyaratan khusus untuk dapetin bukunya? 👀

    Anyway keren banget bisa baca 40 buku dalam setengah tahun ini Mba! 😍👏 . Rumah lebah bagus loh, recommanded, Mba Tika harus baca sih 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo aku sih nerima ARC itu dari join grup di Goodreads, banyak yang suka buka tour blog atau review gitu. Terus aku juga request ke NetGalley, kalo di NetGalley ini baru ke masing-masing publisher nih mau nerima apa enggak. Biasanya sih kalo kita konsisten review ke Goodreads atau ke blog mereka lebih mudah juga nerima asalkan yang kita request itu sesuai dengan genre buku yang kita baca

      Iya nih Mba, Rumah Lebah udah TBR dari lama tapi engga dibaca2

      Delete
  4. bisa banget kakak ini ngeracunin kita sama buku cetak mengingat saat ini gempuran buku digital juga sangat dahsyat, tapi emang sih buku cetak jauh lebih berkesan daripada buku online

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buku fisik itu lebih santai dan enggak bikin capek, makanya pasti bakal tetep disukain. Tapi, terkadang kalau soal harga jauh beda makanya kadang masih bolak balik buku fisik dan digital

      Delete
  5. Aaaa ingin ikutan buat tulisan seperti ini setelah baca punya Kakak 😆 semoga kesampaian wk.

    Btw, aku penasaran banget ingin baca Six Crimson karena banyak yang bilang buku ini fantasi tapi ringan. Berhubung aku lagi moodnya ke fantasi-ringan, jadi kepo sama buku ini. Tambah penasaran setelah baca tulisan Kakak!! Juga buku Axie Oh yang covernya cantik banget ituu. Pengin baca 😆

    Ayooo dibaca itu 4 buku yang ada di gambar TBR!! Hihihi. Aku ingin tahu bagaimana pendapat Kak Tika, terutama tentang Rumah Lebah dan Surat Kematian 🙈

    Kakak belum baca buku Murder in the orient express kahhh? Ending di buku dan di film beda banget 😂

    Bersyukur sekali di pertengahan tahun ini aku udah berhasil melampaui tantangan membaca yang aku buat di awal tahun 😆. Congrats juga untuk Kakak karena udah berhasil mendapat banyak arc books dan menyelesaikan banyak buku 🎉🎉. Semoga 6 bulan ke depan bisa maksimal juga baca bukunya 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayookk buat Li, aku kepo dengan bacaanmu tahun ini!

      Kalo aku sih mending baca buku Axie Oh dulu hahaha lebih ringan dan enak langsung selesai karena standalone.

      Iya nihhh aku sendiri juga udah kepo tapi kok masih banyak yang harus didahulukan yaa hehehe pokoknya tahun ini deh 4 buku itu wajib banget selesai dibaca

      Eh iya kahhh beda banget?? aku lupaaa udah baca apa belommm kalo udah juga kayaknya udah lama bangettt, kayaknya aku harus baca deh ini

      Aamin... selamat juga Lia udah berhasil melampaui target! Sisa tahun ini jangan kendor bacanyaa 😆

      Delete
  6. Keren banget Kak! Bagi-bagi tipsnya dong Kak, supaya lebih gemar untuk membaca! :)

    ReplyDelete
  7. Saya salut sih sama Kakak yang punya minat literasi yang tinggi begini. Teddy nyelesaikan satu buku aja kadang lama banget, nungguin Mood hehe.

    Beberapa buku di atas kayaknya dari penulis luar negeri ya Kak? Berbahasa Inggris gitu. Tapi ada juga yang Indonesia. Semangat Kak, membaca + menulisnya.

    Terima Kasih.

    ReplyDelete
  8. Masyaa Allah, jd pengen jg rajin baca, minimal 1 buku satu bulan hahah

    ReplyDelete
  9. Cantik Itu Luka emang bagus bangeeettt aku juga sukaaaa. buku Eka Kurniawan pertama yang aku baca. awlanya rada shock sih tapi suka dengan plot sama karakternya. dan baca bukunya Eka aku jadi belajar sejarah hehe
    btw, aku udah lama pengen baca Rumah Lebah lupa mulu :))

    ReplyDelete
  10. Dududuhh banyak banget kak buku yang udah dibaca. Applause deh. Aku Baru sebiji doank hiks. Aku pengen juga jadi ya Baca cinder Nanny, kebiasaan Baca buku aku suka 'melibatkan diri' dalam cerita, jadi suka stress sendiri wkwk. Nah aku suka nie buku yang bisa Bikin happy hini

    ReplyDelete
  11. Wiiih keren banget, padahal baru pertengahan tahun sudah banyak buku yang dibaca..
    pengen deh ketularan hobinya yang sama :D

    ReplyDelete
  12. Mantep nih, ada banyak kategori yg bisa jadi referensi untuk aku baca. Akhirnya ya, gak bingung2 lagi.

    ReplyDelete
  13. Aaa jadi pengen buat mid year book tag juga gara-gara baca ini! 😆

    Salam kenal yaa kak, kita sama-sama suka ngulas buku nih di blognya.

    Btw Book Lovers juga salah satu wishlistku hihi. Dan aku suka banget akhir-akhir ini banyak buku yg sampulnya cantik-cantikk kayak Six Crimson Cranes sama Girl Beneath The Sea wkwkwk. Selamat karena udah menyelesaikan Goodreads Challengenya ya kak, punyaku sendiri masih setengahnya nih. Otw ngebut setengah tahun ini wkwk 😆

    ReplyDelete
  14. Buku cantik itu luka emang kayaknya bagus ya. Dari dulu banyak yang rekom, cuma aku belum sempat beli dan baca

    ReplyDelete
  15. banyak juga buku yang kakak baca nih, dan memang tidak semua yang aku tahu, aku pingin banget baca laut bercerita sih

    ReplyDelete
  16. wah banyak juga nih kak buku yang kakak baca, kalau aku sih pingin baca yang laut bercerita

    ReplyDelete