[BOOK] 7 BUKU DENGAN LABEL 'ALL TIME FAVORITE'

 Padahal aku sudah pernah buat Reels ala-ala tentang ini, udah pernah bahas tentang film juga yang jadi kesukaan aku tapi ternyata aku belum pernah sama sekali bahas di blog tentang buku favorit yang padahal isi blog ini penuh dengan review buku.

Menambah keragaman isi blog ini aku akhirnya memutuskan juga untuk tulis disini siapa tau butuh kapan-kapan. Buat yang sering main ke blog aku pasti sadar 2 genre yang aku suka banget itu yaitu Fantasy dan Romance, dan beberapa tahun belakang ini aku fokus kembali baca buku genre ini meskipun masih diselipi genre lainnya. Oleh karena itu, nantinya akan mendominasi banget nih genre fantasy dan romance.

Aku susun list ini tuh simple banget sih caranya, cukup tanya ke diri sendiri aja “buku apa yang berkesan buat kamu? Buku apa yang kamu suka? Buku apa yang kamu pasti rekomendasiin ke orang-orang?” dan dengan sendirinya buku-buku yang muncul di list ini pasti bakal jadi top banget yang aku inget, yang aku semangat banget rekomendasiin. Dan apa ajakah bukunya?


PERCY JACKSON

sumber: Goodreads

Menceritakan tentang para demigod (manusia setengah dewa) yang berusaha menyelamatkan dunia dari peperangan dewa dan titan (tentunya ditambah keseruan ramalannya juga)

Buku ini kayaknya aku baca waktu masih SMP, beli buku pertamanya tanpa tau kalo ternyata ini adalah sebuah series panjang. Buku series Percy Jackson ini jadi salah satu buku yang sering banget aku re-read kalo lagi bosan dengan bacaan yang aku baca saat itu. Aku suka buku ini tuh mungkin karena emang saat itu ceritanya tuh unik dan segar banget buat aku. Runutan ceritanya tuh nyambung tiap buku dan makin lama tuh makin seru makanya ngikutin petualangan Percy tuh seru banget. Apalagi buku ke-5 nya yang bikin ikutan deg-degan pas baca.

Keren banget emang Rick Riordan! Makanya aku sampe ngikutin semua series yang dia buat, mau Apollo, Kane Chronicles, Magnus Chase. Tapi emang yang paling berkesan buat aku sih yang seriesnya Percy Jackson ini. Apalagi mau ada buku barunya kan, udah kangen banget mau ketemu Percy dan Anabeth lagi!

 

ULYSESS MOORE

sumber: Goodreads

Mengikuti petualangan Jason dan Julia beserta sahabat baru mereka Rick setelah kepindahan mereka ke Agro Manor. Rumah besar diatas tebing yang punya rahasia. Melindungi rahasia pintu waktu yang sekarang diincar oleh orang jahat.

Another book from the past. Bedanya dengan Percy Jackson buku ini belum tuntas. Buku ini baru diterjemahkan 9 buku dari total 18 buku katanya. Sialnya lagi buku ini tuh baru akan terbit biasanya 1-2 tahun lamanya padahal di negara aslinya udah tamat loh. Bukunya cakep karena hardcover, dikoleksi juga jadi bagus eh sialnya tiba-tiba EFK malah ganti jadi soft cover untuk buku ke-9 nya hiks (maaf curhat)

Pertama kali beli buku ini tahun 2007, itu pun buku ke-2 karena aku gak sadar itu buku ke-2. Tapi ceritanya seru banget meskipun aku gak nyambung awalnya. Cari buku pertamanya susah banget di toko buku karena emang kayaknya produksi dikit apa ya, untungnya bisa ketemu di bazaar sekolah. Yang bikin aku jatuh cinta udah pasti plotnya sih. Seru banget! Ceritanya tuh nyambung jadi emang harus diikutin dari awal, penuh misteri dan plot twist. Bener-bener bikin teriak banget sama twistnya karena gak kepikiran sama sekali. Terjemahannya enak banget karena emang sasarannya middle grade, didalemnya juga banyak ilustrasi gitu jadi makin nyaman bacanya.

 

THE BRIDGE KINGDOM

sumber: Goodreads

Lara dan saudarinya dilatih sejak kecil untuk menjadi ratu sekaligus mata-mata untuk membalaskan Aren, seorang Raja yang juga musuh negaranya. Tapi, menjadi Ratunya Aren membuka mata Lara tentang kebenaran yang ternyata sangat berbeda dengan yang ia tau selama ini. Apalagi perasaan Lara terhadap Aren yang lama-lama semakin berubah.

Aku gatau ini tuh buku hidden gem apa engga, karena gak terlalu banyak yang ngomongin padahal menurutku ini tuh paket komplit banget bukunya. Aku inget rela gak tidur sampe mata pedes banget saking penasarannya sama buku ini. Bukunya cuma 2 dan pake bahasa yang mudah jadi engga sulit sama sekali ngikutinnya. Buku ini tuh mulai dari konflik kerajaan, khianat, cinta, plot twist, enemies to lovers to enemies to lovers, konfliknya rame, bikin gak bisa berhenti baca, bagus banget lah! Teraduk aduk banget baca ini tuh, karakternya juga lovable banget apalagi Lara, badass banget!


LOCKWOOD & CO

sumber: Goodreads

Masalah sudah menjalari Sebagian besar London dan membuat kehancuran dimana-mana. Para agensi psikis berdiri untuk membantu masyarakat memerangi Masalah ini. Hanya anak-anak yang mampu melihat para Masalah ini, maka Sebagian besar agen-agen yang bekerja di lapangan adalah anak-anak yang akan didampingi orang dewasa sebagai pengawas. Lucy yang memutuskan meninggalkan desanya untuk mencari agen lain di kota akhirnya bergabung dengan agensi Lockwood & Co. Salah satu agensi unik karena dipimpin dengan anak seumuran dirinya dan tidak memiliki penyelia dewasa
 

Aku mengutip sinopsis diatas dari salah satu postingan blog aku tentang Lockwood & Co, ada total 3 postingan yang aku dedikasikan untuk series ini, 2 buku dan 1 series Netflix nya. Satu hal yang aku suka dari buku ini adalah gimana mudahnya buku ini bikin aku terjerat untuk baca terus menerus. Bisa dibilang buku ini salah satu pelopor bikin aku rajin baca lagi di tahun 2020. Buku seriesnya memang panjang, 5 buku, tapi aku suka banget dengan elemen horror dan misteri yang disampein di buku ini, penuh plot twist tidak terduga yang pas baca tuh beneran shock banget. Bahasanya mudah banget buat diikuti jadi gak capek sama sekali untuk langsung maraton baca series ini.

Gak cuma jalan ceritanya yang keren banget, kisah persahabatannya juga yang kentel banget bikin aku jatuh cinta sama karakter-karakter di buku ini. Gak melulu horror tapi ada juga kisah kekeluargaan dan persahabatan yang diangkat sedikit demi sedikit. Aku bener-bener rekomendasi banget sih, meskipun aku cinta sama series Netflixnya tapi baca bukunya itu wajib banget!

 

UNWIND DYSTOLOGY

sumber: Goodreads

Unwind adalah proses pemisahan raga anak-anak yang memiliki umur 13 – 18 tahun. Connor adalah remaja bermasalah sehingga orang tuanya memutuskan untuk mengirim Connor untuk melakukan Unwind. Connor yang tak ingin raganya dipisah-pisah pun kabur dari rumah. Pelariannya tak mudah karena ia beberapa kali dikejar oleh Polisi Juvey. Di jalan, setelah menyebabkan kecelakaan besar, bersama dengan Risa dan Lev, si anak persembahan, mereka kabur demi menyelamatkan diri. Lev tidak ingin ikut dengan Connor dan Risa karena ia anak persembahan yang memang akan menjalani Unwind memutuskan untuk menghianati Risa dan Connor sehingga mereka terpisah.

Buku dystopia itu bukanlah bacaan yang mudah untuk aku pribadi. Perjuangannya berat dan ceritanya berat. Buku dystopia terakhir yang aku nikmati itu adalah The Hunger Games, saat bukunya sudah di film kan, berarti udah lebih dari 10 tahun yang lalu. Aku sempat baca buku dystopia lain seperti Red Queen yang berujung zonk karena aku malah gak suka banget sama ceritanya. Awalnya ragu sih untuk baca buku ini, apalagi ada 4 series yang cukup panjang dan bukunya juga tebel-tebel banget, tapi ntah apa yang meracuni aku akhirnya baca dan malah suka banget!

Inget banget aku gak sabar untuk segera pulang ke rumah supaya bisa baca lanjutannya setiap hari. Yang aku suka itu sih rasa menegangkan dari awal sampe akhir tentang anak-anak Unwind ini, konfliknya juga terus bertambah seiring bukunya nambah apalagi tokohnya. Tapi hebatnya sang penulis ini tuh bikin kita bisa inget dengan tokoh-tokohnya mau yang jahat ataupun baik. Beneran naik turun banget perasaan kita pas baca ini tuh dan itu tuh perasaan yang udah lama gak aku rasain pas baca buku.


AROMA KARSA

sumber: Goodreads

Dari sebuah lontar kuno, Raras Prayagung mengetahui bahwa Puspa Karsa yang dikenalnya sebagai dongeng, ternyata tanaman sungguhan yang tersembunyi di tempat rahasia.

Obsesi Raras memburu Puspa Karsa, bunga sakti yang konon mampu mengendalikan kehendak dan cuma bisa diidentifikasi melalui aroma, mempertemukannya dengan Jati Wesi.

Jati memiliki penciuman luar biasa. Di TPA Bantar Gebang, tempatnya tumbuh besar, ia dijuluki si Hidung Tikus. Dari berbagai pekerjaan yang dilakoninya untuk bertahan hidup, satu yang paling Jati banggakan, yakni meracik parfum.

Kemampuan Jati memikat Raras. Bukan hanya mempekerjakan Jati di perusahaannya, Raras ikut mengundang Jati masuk ke dalam kehidupan pribadinya. Bertemulah Jati dengan Tanaya Suma, anak tunggal Raras, yang memiliki kemampuan serupa dengannya.

Semakin jauh Jati terlibat dengan keluarga Prayagung dan Puspa Karsa, semakin banyak misteri yang ia temukan, tentang dirinya dan masa lalu yang tak pernah ia tahu.

Aku udah dengar banyak hal tentang Aroma Karsa tapi aku akhirnya baru baca tahun 2022 kemarin. Alasan utamanya sih aku cukup terintimidasi ya karena banyak banget omongan tentang buku ini dan juga karena karya sebelumnya Dee yang aku sulit sekali mengerti. Tapi pada akhirnya aku puas banget sih sama buku ini. Emang alurnya lambat banget, kita beneran ngikutin perjalanan Jati dari awal, tapi setelah masuk ke bagian misterinya beneran gak bisa berhenti baca! Aku suka banget dengan elemen fantasi dibalut sentuhan lokal yang bikin kita tuh jadi mudah banget akrab dengan ceritanya. Seru, unik, gak bisa berhenti baca, lengkap dan jelas bener-bener bikin buku ini tuh kayak wajib banget untuk dibaca sekali aja. Meskipun aku kurang cocok sama tokohnya tapi karena plotnya yang keren, kekurangan si tokoh jadi tertutupi banget!

 

ARCHER’S VOICE

sumber: Goodreads

Ketika Bree Prescott sampai di Pelion, Maine, ia berharap bahwa di tempat inilah ia akan menemukan kedamaian yang ia cari. Pada hari pertama ia disana, ia bertemu dengan Archer Hale, seorang laki-laki yang hidupnya terisolasi yang memiliki rahasia mengerikan dalam dirinya. Seorang laki-laki yang tidak dilihat oleh orang lain.

Arhcer’s Voice adalah cerita dari seorang perempuan yang masih dihantui kenangan suatu malam mengerikan dan seorang laki-laki yang cintanya akan menjadi kunci kebebasan dirinya. Sebuah cerita tentang lelaki hening yang hidup dengan luka mengerikan dan seorang perempuan yang membantu ia untuk menemukan suaranya. Sebuah cerita tentang penderitaan, takdir dan kekuatan cinta.

Buku romance yang aku baca itu udah banyak banget, puluhan mungkin bisa mencapai angka ratusan karena aku gak pernah hitung pastinya. Tapi kalo ditanya buku romance apa yang paling aku suka maka aku bakal jawab Archer’s Voice. Buku ini tuh indah banget, indah dari tokohnya sampai ke kisah cintanya. Kayaknya sih aku terpincut dengan kisah cinta Bree dan Archer yang kayaknya true love banget karena mereka sama-sama bisa menerima kekurangan pasangannya, sama-sama punya trauma tapi mereka juga sama-sama bisa jadi obat untuk satu sama lain. Apalagi kondisi Archer yang ga bisa bicara, dianggap orang gua dan mengerikan sama orang-orang lain tapi Bree bisa melihat Archer apa adanya dan yang sesungguhnya. Bagus parah sih. Rekomendasi banget lah pokoknya!

Fiuh…. selesai juga menjabarkan 7 buku yang aku suka banget sampe sekarang. Lumayan macem-macem lah ya genre-nya hahaha. Kalo aku disuruh untuk re-read buku ini udah pasti aku bakal dengan senang hati banget sih menerimanya, kecuali Unwind kali ya terlalu berat buat aku. Kalo temen-temen ada all time favorite book juga boleh banget untuk share disini!

BACA JUGA: [MOVIE] 7 FILM DENGAN LABEL "ALL TIME FAVOURITE"

Post a Comment

4 Comments

  1. Genrenya campur-campur tapi mostly ada unsur fantasinya ya, Kak 🤣. Dari semua yang Kakak sebut di atas, aku baru baca Aroma Karsa aja nih 😂 tapi aku bisa relate dengan Kakak karena kalau bisa, aku pengin menghapus isi otakku biar bisa ulang-ulang baca Aroma Karsa saking aku sukanya karena seru dan perpaduan unsur lokal serta detil-detil aroma parfume yang dituliskan itu bikin aku suka banget sama buku ini 😍. Kalau versiku, salah satu all time favorit adalah Na Willa dan Kokokan Mencari Arumbawangi. Yaampun, kedua buku ini tuh heartwarming banget, gemes banget, tapi ada sedih-sedihnya juga. Kayak paket lengkap 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha bener banget, stuck banget aku di genre fantasy kayaknya 😆
      Bener ihhh Li, pengen mengulang lagi ya sensasi baca buku Aroma Karsa tuh, pengen baca lebih teliti tapi pengennya itu kayak di reset ingatannya jadi masih gak tau apa-apa...
      Aku liat Lia ngepos beberapa kali tentang Kokokan Mencari Arumbawangi tuh jadi kepo banget! Karena ga ada di gramdig kayaknya nanti aku mau cari buku fisiknya aja

      Delete
  2. Duh banyak banget yang udah dibaca bukuny.
    Saya sebagai pecinta genre Romace, entah itu anime, filem atau cerpen. Buku nomer 7 sepertinya perlu saya coba baca deh.
    Maksih mbk Tika untuk review bukunya, karena menambah target buku yang akan saya baca. Soalnya saya baru banget mau belajar untuk suka membaca buku.

    Salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah aku rekomendasi banget sih Archer's Voice buat yang suka romance! Bagus banget soalnya. Dimulai dari buku yang disuka aja dulu kalo mau rutin untuk baca :)

      Delete